stimulasi anak cepat jalan

Bunda, adakah tips agar anak cepat jalan? Anak sy baru mau msuk 1 th, maunya di titah terus, rambatan di dinding gk mau, pling klo rembetan di sofa/meja. Trs knp ya bun kyk agak takut gtu. Misal dr posisi berdiri ke duduk hrus minta bantuin, trus di titah cuma pegangan 1 tangan jg gk berani kyk takut gt. Ada caranya gk bun biar si anak berani n cpet jalan?

12 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sebaiknya ikuti insting si anak, Bu... Jadi, kalau dia masih lebih suka rambatan sofa, gpp, biarkan aja. Kalau masih takut2 jalan juga gpp, ga perlu dipaksa. Kita semangati terus dan coba pancing supaya dia mau berdiri sendiri dan tambah pede untuk melangkah sendiri tanpa bantuan. Misal, berikan mainan yang bisa didorong2, atau taruh benda2 menarik di atas meja yang bisa ia jangkau. Ketika dia jatuh, jangan buru2 dibantu. Begitu juga kalau dia mau mencoba memanjat dan naik turun furnitur. Jangan sedikit2 dilarang dan ditakut2i kalau akan jatuh, tapi ajari dia melakukannya dgn cara yg aman. Sehingga anak jadi lebih berani dan pede bergerak sendiri. Saya juga suka libatkan anak untuk melakukan instruksi2 kecil, seperti mengambilkan remote atau kacamata di atas meja. Anak umur segitu udah paham instruksi sederhana, dan saat kita kasih dia pelukan atau ciuman begitu dia berhasil melakukan yg kita perintahkan, dia jadi termotivasi mencoba lagi dan lagi.

Baca lagi

Pakai push walker, atau kalo mau yang ekonomis pake kursi(yang kokoh ya, jangan plastik, ntar nyungsep yg ada) untuk di dorong2. Sesekali latih baby nya, kayak di pancing sama hal2 yang menarik si baby. Biar dia belajar 1 atau 2 langkah bun..

Sabar aja Bun...ikuti insting anak..ada yang pelan2 gitu mau jalan takut takut dan ragu...laah anakku dulu malah yang modelnya belum bisa jalan tapi larii kenceng kayak nubruk

Tergantung anakny y bun.. mau kita stimulasi model apapun kalo anakny males takut.. g mempan.. Anakku yg pertama bisa jln umur 17 bulan..

anaku yg pertama dan kedua umur 15bulan baru bisa jalan bun,,, harap2 sii yg ketiga ini lebih cepet bisa jalannya, skrg baru umur 5bln.

Taruh mainan kesukaanya bun diujung jalan terus support dengan nyanyian dan semangat sama bunda dan suami bunda. Semoga membantu bun

Anku bntar lg jg 1 th baru belajar berdiri rembetan .tp gak dibolehin dititah biar bisa berusaha sendiri sesuai kemampuanya

Anak saya dulu ga rambatan, dorong2 kursi .. Kalo sekarang ya push walker lah namanya ya πŸ˜…

Gpp bun tetap dititah aja trus. Sama disemangatin anaknya tiap dia mau belajar jalan.

VIP Member

Batas jalan 18bulan. Sabar aja