7bulanan

Bunda.. adakah bunda2 disini yg tidak melakukan acara mitoni atau 7bulanan waktu kehamilan?? Khususnya daerah jawa? Jujur saya sedang galau bund... sy browsing2 itu termasuk bid'ah.. ttpi di lingkungan sy kenapa mewajibkan ya bund? Ada yg pernah mengalami kegalauan sama dg saya?

172 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Memang bid'ah. Tapi bid'ah khasanah. Bid'ah yg baik. Diniatkan syukuran. Syukuran itu sesuai kadar kemampuan. Ga usah ngikutin ekspektasi tetangga. Ga bakal ada habisnya. Apalagi kalo ngomongin mitos. Aqiqah lbh utama, itu yg dipersiapkan dulu. Kalo mo nambah syukuran lain spt 7bln juga gapapa. Syukuran pun ga harus bentuk prosesi 7bln nan. Mau tiap bulan sedekah di panti asuhan, tiap hari di kotak amal masjid, juga sah-sah aja. Yg penting niatnya. Coba baca sejarahnya aqiqah. Itu juga awalnya produk budaya. Sdh ada sblm islam datang. Dan mungkin jaman jahiliyyah lbh ke hura2. Adanya aqiqah, ada yg berpendapat penyeragaman cara. Biar ga jadi ajang pameran. Dan msh banyak lagi. Duh, mlh jadi jauh. Intinya bersyukur itu wajib. Cara bisa bermacam2. Utamakan aqiqah dulu bund. Btw, aku juga ga ngadain 7bln. Hahaha..

Baca lagi

Maaf ya bunda sebelumnya. Kalo apa2 dibilang bid'ah, padahal tujuannya baik lalu bagaimana?? Seperti contoh maulid nabi ada yg mngatakan bid'ah, pdhal tujuannya mempertingati hari kelahiran nabi dg berbagai perayaan, bersedekah dan sholawat. Kalo mnurut pribadi saya, acara syukuran/selametan dlam kategori apapun, mau 3 bulan, 5 bulan, ato 7 bulanan itu org tua bertujuan untuk berdoa supaya janin yg dkandung selamat, sehat, lahir sempurna, sholeh/soleha. Mintanya tetep sama Alloh kan, bukan sm tetangga. Kalo urusan "suguhan" itu hanya bentuk sedekah atau tanda terimakasih untuk org yg mau hadir mendoakan. Mau jenis apapun suguhan yg diberikan, itu kan semampu tuan rumah yg niat bersedekah. Maaf bila ada keliru...

Baca lagi
5y ago

Perkara bertambahnya umur, seharusnya kita bersedih karna ajal semakin dekat :") dan sejatinya umur itu bukan bertambah tapi berkurang :") #selfreminder Barakallahufiik :")

Saya juga ga ngadain bund.. insyaa Allah minggu depan udah 28 week.. tapi ortu dan suami juga udah paham.. cuma nenek.saya di kampung yg ngingetin "ojo lali mitoni 7 sasi" ke bapak saya. Tapi beliau mah iya-in aja si mbah daripada panjang urusannya.. cuma intinya tetep ga mitoni, mending ditabung duitnya.. Kalo ga diganti aja bun acaranya sedekah dan niatkan sedekah jadi ngasih besekan aja, ga usah pake acara di rumah sama ubo rampe nya kalo khawatir bid'ah/nyerempet syirik. Kalo ditanya kenapa ga bikin acara di rumah, ya bilang aja bikin hanya semampunya.. beres.. emang kadang tetangga julid lebih pedes dari cabe jablay tapi ya cuekin aja lah, kita ini yg jalanin hidup 😁😁😁

Baca lagi

Kalo di sulawesi gk ada wajib gitu2an, bund.. mau 4 bln, mau 7 bln, adat aj sih sebenarnya & mmg gk ada tuntunannya dlm agama.. yg ada kan justru akikahan yg disunahkan.. dan yg terpenting tiap saat tiap waktu kita mndoakn dedenya trs ☺️ Lagian yg gitu2 mmberatkn ortu si calon debay nya.. ya kalo punya biaya buat ngadain 4 bln or 7 bln, lah kalo kagak? Sampe kdg (maaf) ada yg ngutang or bawaannya stres banget krn mikirin hrs 7 bln an.. pdhl kan kebutuhan dede pra & pasca melahirkn jg bkn biaya yg sedikit Jd kalo emg punya kemampuan & mau dilaksanain, ya silakan.. kalo gk mau jg ya gk pp, gk usah smpe dibawa galau sih, bund 😅

Baca lagi

Tingkeban kalau di daerah saya namanya, biasanya nggak pas 7 bulan. 6 bulan jalan sudah bisa diadakan. Kalau minggu depan saya pas 6 bulan dan orang tua saya yg pengen syukuran bagiin makanan saja sanak saudara, nggak pake acara siraman dsb. Kebetulan awal2 hamil masi repot baru sempatnya pas uk 6 bulan, bukan disengaja mau ngadain tingkeban dll kalau saya bun. Soalnya menurut saya yg kita lakukan itu tergantung niatnya ya bun. Saya niatkan syukuran, minta doa dan sedekah ke tetangga sanak saudara dekat. Biar diberikan kelancaran dan kesehatan untuk ibu dan anaknya. Tapi ini nggak wajib kok bun, bisa nanti sekalian buat aqiqah saja.

Baca lagi

Saya kmrn abis debat sama mertua soal pengajian aqiqah, krn setau saya pengajian pas aqiqah beserta prosesinya ga ada dalilnya dan saya dikasih tau sama ortu yg anut ahlusunnah jd sesuai ajaran rasul tp bumer tinggal didaerah yg masih pake pengajian beserta prosesi potong rambut ini itu.. Saya udah blg klo itu takutnya bid'ah, eh bumer ga paham masih ngotot klo disini harus begitu kalo ga nanti jd bahan omongan orang.. Tetep saya debatin krn ini masalah agama, saya ga bisa main2 walau emg jujur solat saya jg masih blentang blentong, tp untuk mendirikan kebenaran knp engga toh?

Baca lagi
5y ago

Iya bunda semangat.. Bukannya gamau menghormati orangtua dan terkesan takabur krn merasa benar, tp ini prinsip akidah agama saya, saya gamau ada unsur budaya didalamnya.

Sy dlu juga gitu bun, sy maunya 4bulanan aja sayang karna posisi lagi ga punya uang mending buat persiapan lahiran.. Tp bapak sy maksa katanya wajib, ada ga ada uang harus 7bulanan. 4 bulanan mah ga usah gpp.. pdhl ibu, tetangga, sodara udah pda ngomongin k bapa malah yg bener 4bulanan karna awal d kasih roh.. cuma bapa sy kekeh harus 7bulanan, jadi mau ga mau ya sy ngikutin apa kata bapa sy aja bismillah semoga d kasih rezeki lebih aja.. Alhamdulillah rezeki ada aja bun udh kebeli semua perlengkapan lahiran juga

Baca lagi

Sebenernya acara 7 bulanan itu tidak di wajibkan bund, pada saat 4 bulan itu lah waktu yg tepat untuk syukuran karna di usia kandungan 4 bulan ruh d hembuskan k dalam janin bunda. D saat itu lah kita lebih baik melakukan syukuran tidak mesti dengan orng banyak dengan ank yatim mohon do'a jga udah ckup. Krna setau saya 4/7 bulan itu hanya d anggap untuk sedekah berbagi dngan orng lain, mudah2an doa dri mereka bayi dan bunda nya jga sehat dan proses lahiran lancar.

Baca lagi

Aku gak bikin.. mau 7 bulanan atau 4 bulanan.. kalo misalnya dalam syariat di katakan bid'ah, dan masyarakat mengharuskan, kira2 bunda pilih mana? :) Syariat atau masyarakat? :) Itu terserah bunda :) karna kan kita semua nanti akan tanggung jawab masing2 atas amalan kita :) Tapi yang harus bunda pahami adalah, kalo kita mengikuti tuntunan syariat, insyaaAllah kita berada di jalan yang benar sekalipun 1000 orang berkata salah :)

Baca lagi

Aku engga 7 bulanan Bu..aku hanya 4 bulanan aja sebagai bentuk rasa syukur karena aku allhadulilah hamil..ibu sama mertua ku juga gak mengharuskan aku untuk lakukan 7 bulanan karena menurut mereka itu hanya tradisi aja dan engga di wajib kan oleh agama ..tapi kalau suami si kata dia terserah aku aja mau 7 bulanan atau engga dia ikutin aku aja cuma aku emg gak mau karena aku pikir lebih baik uang nya untuk aqiqah anak ku nanti ..

Baca lagi