Tanya ya bunda

Bunda, ada hubungannya enggak ya kalo BAB baby lancar dan bikin bb nya susah naik. Full asi. Menurut bunda, babyku kecil enggak? Umur 5 bulan 4 hari, bb 5,2kg dengan lahir dulu 2kg.

Tanya ya bunda
14 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

halo bund. saya mau menjawab tp bukan judge yaa. kalo kita lihat scr fisik mmg agak klihatan lbh kecil. kalo kita cek di kms masing2 yg terbaru yg ada tulisan who nya itu bb 5,2 sudah di warna kuning bawah. masih diatas garis merah. tp sudah warning. harusnya kenaikan bb setiap bulan itu memenuhi batas minimal yg ada di bawah kurva atau setidaknya kenaikan bb membentuk kurva naik (garis naik) bila titik2nya dihubungkan. jika melandai (lurus) apalagi sampai turun di tahun pertama tanpa adanya penyebab yg jelas perlu di waspadai. dr pengalaman saya praktek kalau bb sulit naik atau turun secara 2 atau 3 bulan berturut2 kami rekomedasikan untuk cek urin atau darah. apalagi untuk bayi yg asi. tentu setelah berkonsultasi dengan ahli gizi. sy tidak menakuti tp banyak yg bb sulit naik atau turun itu pasti ada penyebabnya. paling banyak kalo balita itu ISK atau TB anak (flek) cb konsulkan ke DSA atau ke puskesmas bun. CMIIW semoga sehat2 aja. soalnya kalo dilihat dr jumlah bab sepertinya mimiknya banyak ya ?

Baca lagi
5y ago

Itu bun yg jd bkin saya bingung, maka nya klo bulan ini msh naik sgtu ia mungkin seperti yg bunda blng kontrol ke ahli gizi bun

VIP Member

Yang harus jadi perhatian disini adalah kenaikan bb setiap bulannya bun. Jika sudah mencapai target minimal KMS (seingat saya 800gr/bulan) sepertinya tidak menjadi masalah. Namun jika kurang dari itu apalagi tidak naik sampai 2x berturut2 bunda perlu ke dsa ya untuk dilihat apa ada yang salah, mungkin ada infeksi atau apa. Bunda jangan takut, lebih baik tau sekarang daripada terlambat :)

Baca lagi

Kalau full asi bab gak lancar gak apa" bun, kecuali pake sufor. Anak ku juga 1 mnggu skali baru bab gak pa" yng pnting anak nya gak ada keluhan ttep aktif. Kalau udak mkan nanti juga lancar bun. Anak ku udah mkan mh lancar.

Termasuk kecil bun. Kayak nya klo keseringan bab nggak ngaruh ke bb bun. Bayi saya bab sehari minimal 2x .. Wah sama anak saya juga lahir 2kg pass bun pas umur 2bulan 11hari bb nya 4,5kg bun..

Kayanya ga ada hubungannya bun, bayi saya juga lahirnya cuma 2,6 kg, BAB nya termasuk sering dan full ASI tapi BB nya skrg 7,5 kg usia 4 bln 23 hari

Babyku asi, bab lancar setiap hari kadang sehari 2 kali bb nya tgl 10 kmrin 7,4kg hari ini pas 5 bulan wktu lahir bb 3,1 panjang 51

5y ago

Owalah bgitu, makasoh bun infonya 😘

VIP Member

Kalo sesuai gpp bun, dan misal kurang dari rentan BB normal sebaiknya ke dokter ya Bun

Post reply image
5y ago

Saran saya sih mending cari second opinion ke dokter anak lain Bun

Termasuk kecil bun...klo lahir 2kg trus 5 bln kan setidaknya 7kg.maaf klo salah

Klo dya lahir nya 2kg itu ideal bun.. Anak saya lahir 3.1 kg sekarang 4 bln bbnya 6,7

5y ago

Ouh ya bun.. Dya kan d lihat dr bb bayi baru lahir bun.. Bayi bunda sufor am asi bun

VIP Member

Normal bun sesuaikan dgn bb lahir nya