Buku KIA Sebagai Syarat Masuk Sekolah

Bunda2 semua, saya mau nanya nih. Lumayan banyak pertanyaannya. Mudah2an pada mau jawab ya. 1. Katanya buku KIA bisa jd syarat daftar sekolah anak ya? Itu udh berlaku kah? Saya hamil kontrol ke dokter terus, jd blm dapat buku KIA. 2. Gimana cara dapat buku KIA? 3. Klo ga dpt buku KIA selama hamil, nanti pas anaknya lahir dan mau imunisasi, masih bs dpt buku KIA kah?

42 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

kayaknya KIA yg dimaksud itu Kartu Identitas Anak yg kyk KTP itu deh bun.. klo buku kia, mungkin yg mau dilihat record kesehatan anak atau record imunisasi biar ga sebarin wabah di sekolah hehehe.. nah ini klo ga ada buku juga nanti klo anak rutin imunisasi pasti ada buku atau kartu (aku kurang tau krn blm punya anak).. logikanya sih klo buku yg dijadiin syarat, pasti di dokter otomatis dpt tuh buku kia sementara rata2 dokter ga ngasih.. kasian dong yg kontrolnya ke dokter pdhl ke dokter lbh mahal..

Baca lagi

Buku kia itu penting buat pas catatan posyandu pas anak sudah lahir bunda.... Semua imunisasi kn nanti dicatat dlm buku kia .. n imunisasi itu bakalan di cocokan sama vaksinasi yg di dpat kn ibu selama hamil.... Kn klw buku nya beda2 ribet jg kn bun... Jd di jadikan satu sama buku pink itu.... Klw yg buat pendaftaran sekolah itu namanya kartu KIA itu didapat kan di kantor capil... Biasanya yg usia udah 5 thun harus di daftarkan ..

Baca lagi
5y ago

Pencerahan banget ini, makasih bun 😊

Saya baru ajj masukin ank msk skolah sd thn ajaran baru. Tp gx pke bku KIA (imunisasi).. Mskipun pd wkt pndftran add tulisan hrs disertakn bku imunisasi tp smua gx diminta cma bwt formalitas ajj. Trmsuk ijzah tk yg prnh tk jg gx dminta ktanya dlu dger² klo mo msk sd hrs ad ijzah tk nytanya gx dmnta jg.Yg kepake itu yg utama cma akte lahir ank sma KK & slh stu KTP ajj. N matrai 6000 Lgsung msk ank sya gx ribet

Baca lagi

Untuk buku KIA yg berguna ny catatan imunisasi anak bund Jika nnti imunisasi ny lengkap smua Nnti bunda ny bikin sertifikat imunisasi anak k puskes sesuai kecamatan disitu bund Nah yg berguna ny itu bund jika mau skolah nnti d tanya kan sertifikat imunisasi Bunda minta aja buku KIA ny ke puskes sesuai kcamatan disitu bund Nnti jg d kasih bund

Baca lagi

Buku KIA minta ke suster. D rs ada kok. Saya priksa ke dokter terus d rumah sakit. Buku KIA minta ke suster dg bayar cuma 10rb. Atau sekali sekali priksa ke bidan terdekat sambil minta buku KIA. Saya g tau tuh kalau buku kia buat daftar sekolah. Yg saya tau, buku kia d bawa pas posyandu u/ memantau tumbuh kembang bayi sampai usia 5 th.

Baca lagi

Nggak masalah nggak ada buku KIA bunda nggak ada ngaruh apa2, ya namanya kontrol didokter itu gak kan pake buku KIA makanya dokter nggak pernah ngasi buku KIA dokter cuma ngasi hasil USG aja udah cukup.. jangan dengerin berita hoax yg katanya buku KIA untuk buat akte lah untuk daftar sekolahlah itu nggak ada sama sekali😄

Baca lagi
5y ago

Ternyata yg dimaksud beda bahkan bun. KIA (Kartu Identitas Anak) sama buku Kesehatan Ibu Anak. Saya salah paham 😅

Setauku yg jadi syarat itu KIA (Kartu Identitas Anak) bun, bukan buku KIA Adapun isu yg belakangan kudengar itu masalah imunisasi, jadi yg diperlukan itu catatan/keterangan imunisasinya, bukan buku KIAnya. Kalau bunda mau dapat buku KIA bunda cuma perlu datang ke puskesmas, pasti langsung dikasih kok bun.

Baca lagi

ah belum ada official statement nya kok itu buku jd syarat masuk sekolah. ada jg KIA yg jd syarat masuk sekolah itu Kartu Identitas Anak bukan buku Kesehatan Ibu Anak. repot bgt kalo itu buku jd syarat, berobat/kontrol hamil/vaksin di RS kan ga pake buku KIA.

th ajaran baru ini sy mendaftarkan anak ke 2 sy di sekolah TK ,diminta FC imunisasi bun.. dl yg anak pertama gak ada syarat itu,mgkn th ini udah mulai diberlakukan... kl mau pny KIA harus periksa min 1x aja di Puskesmas,nanti di minta utk tes darah jg..

Minta dari skrg aja bund, atau minta/beli ke dokternya. Setiap pemeriksaan diisi buku KIAnya, jadi kita bisa mantau perkembangan selama hamil dan si dedek nanti. Tahapan imunisasi juga bisa di lihat dri situ. Dan emg buat syarat masuk paud atau tk.