mata minus tinggi

bunda.. saya sudah memasuki trisemester 3 dan hari ini saya melakukan pemeriksaan mata.. karna minus kacamata saya kiri -7, kanan -4.. tetapi setelah tadi dilakukan pemeriksaan mata kembali, ternyata minus nya bertambah kiri -10, kanan 6. kemudian saya melakukan beberapa pemeriksaan mata sesuai prosedur. mata saya sementara kabur setelah ditetes dengan obat mata yg lumayan perih dan diperiksa saraf mata saya yg menimbulkan kabur dan silau walaupun masih memakai kacamata minus saya.. agak badmood karna butuh sekitar 3-4 jam untuk kembali normal bunda.. kemudian dokter mata dtg memeriksa mata saya.. di senter melirik ke kanan ke kiri atas bawah samping kiri samping kanan.. dan dokter bilang retina saya masing masing memiliki ketipisan... dokter juga menyarankan untuk laser mata hari ini.. tapi saya tunda minggu depan karna sepertinya ini pertama kali saya melakukan laser mata.. bunda, saya mengharapkan untuk bisa melahirkan secara normal.. tetapi dokter mata menyarankan untuk mencari jalan yg aman.. karna takut terjadi perobekan retina mata jika saya melakukan persalinan normal bunda.. apakah bunda dsini punya pengalaman seperti saya?

42 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sebulan lalu saya dapet rujukan dari Faskes 1 untuk periksa mata di RS Restu Kasih karna minus saya cukup tinggi 5-6 . Awal mata diperiksa dan dikasi angin gitu . Lalu Di cek seperti bunda , di tetes 2x . Tetes pertama 15 menit , tetes ke 2 25 menit (tetes ini berguna untuk membuka retina/kornea mata) . Dan memang sebelum tetes dokter & suster bilang ; 3-4 jam kedepa akan kabur pandangan nya (baca tulisan di HP saja saya ga bisa bun, kabur ) . Setelah itu di cek lg , dan kornea/retina sudah terbuka . Dipanggil dokter lalu di cek . Lihat keatas bawah pake cahaya dan alat (mata kiri kanan). Setelah itu , dokter menganalisis dan ngasi keputusan. ALHMDULLILAH dokter bilang kornea/retina saya masi tebal dan bagus , begitu juga dengan syaraf saya. Jadi Dokter meng-ACC saya lahiran Normal. Semua nya Gratis pake kartu KIS dan yg harus sabar adalah antrian dan nunggu dokter datang. Daftar jam setebgah 1 dokter datang jam 4 masuk dipanggil jam 5 , pulang maghrib .

Baca lagi

Saya juga mengalami apa yang bunda alami, mata saya minus di atas 5. Kemarin ngecek mata ternyata ada robekan retina sedikit di mata sebelah kiri. Dan dokter mata gak menyarankan saya untuk normal, khawatir robekan bertambah besar. Kemarin mau laser tp usia kandungan sudah 36w . Sudah terlalu mepet dgn waktu lahiran, laser itu dilakukan maksimal di usia kandungan 32w. Setelah itu saya konsul lagi dgn dokter kandungan ku, dan dia emg gak menyarankan untuk nomal, karena terlalu berisko, soalnya pernah kejadian pasien dr kandungan ku, mata minus tinggi udh di kasih tau terlalu beresiko, tp dia kekeuh lahiran normal di bidan, terus hasilnya, maaf kondisi mata sebelahnya tidak bs melihat. Jd menurut ku, ikuti saran dokter bun, InsyaAllah normal sama sc, bukan sebuah patokan menjadi Ibu yang sempurna. Tapi melahirkan anak yang sehat dan kitanya juga sehat serta selamat itu jauh lebih sempurna ?

Baca lagi
4y ago

Bunda maf saya mau nanya tpi bunda setelah lahir dilaser ga mataya? Soalnya saya disuruh laser mata setelah anak saya lahir klo ga dilaser gapapa kan bun

Saya kmrn jg cek retina bun..cmn d rs tmpatku udh ga bs ngecek minus lg soalny lg pandemi jd cmn d cek retinanya aja..pdhl mata saya udh agak burem gt..dl minusny 10 itu 3taun yg lalu..makany agak burem soalny udh lama ga ngecek lg..sama d tetesin gt malah sekitar 6jam kl saya agak ga jelas penglihatannya..kaya yg burem2 gmn gt..mw d pk liat jg malah jd pusing sendiri..saya mutusin sc aja bun soalny saya ga mau kl tb2 nanti ada masalah baru sm mata saya..entah itu minusnya nambh lg atau kaya ada pembuluh darah yg pecah gt d matanya..rencananya akhir juni ini mw sc nya bun..yg penting saya dan dedeny selamat aja skrg..

Baca lagi

Sya minus 7 dsn silinder 1,5 dua2nya.. Trs priksa ke dokter mata mlh dpriksa doang gak dtetesin apa2 katanya mash aman lahiran normal tp gaboleh mengejan bgtu pembukaan lengkap si bayi hrs divacum/sedot.. Aku mikirnya gmna lahiran normal gaboleh ngejan sdgkan mnrt cerita temen2 blm pembukaan lengkap aja bnyk yg gk than pgnnya ngejen?..trs Klo mau cari aman ya SC.. Trs konsul k dr.kandungan jg gt jawabannya sama..tp lebih nyaranin ke SC yg lbh minim resiko..

Baca lagi

teman ada yg minus jg. Memang lahiran tidak disarankan normal dan dia akhirnya sesar. Alhamdulillah sampai sekarang Dede dan bunda sehat. Tp kl bisa jangan laser saat hamil. Krn ada yg cerita guru dari anak tetangga waktu ke dokter gigi di laser dan dede nya jadi ada kekurangan. Padahal yg menyarankan laser juga dokter gigi. Tp ttp saja takut ada pengaruh ke janin.

Baca lagi
5y ago

Betul

Kebetulan saya perawat d RS mata bun, dan temen saya juga melahirkan secara SC krn retina matanya tipis. Demi keselamatan ibu dan anak, kalo emg gabsa normal, sebaiknya di SC saja bunda. Mmg siih kebanyakan ibu maunya normal, tp ada keadaan tertentu yg membuat kita tdk bsa lahiran secara normal... Gpp kok bun, asal bunda sama anak bunda selamat

Baca lagi

Saya dulu sebelum hamil pernah periksa, dan tanya2 seputar lasik, dan dokter enggk bisa kasih keputusan langsung Bund karena harus lewat masa observasi yg lama, bisa tahunan. Kalo minus masih nambah terus ya gabisa lasik, nanti sama aja bakal minus lgi. Harus nunggu sampai minus stag gaada perubahan lgi katanya

Baca lagi

Kemarin saya periksa bun, karena minus saya juga 6,tpi obgyn saya ga mengharuskn saya periksa mata.. katanya insya Allah bisa lahiran normal, dia malah nyuruh saya happy dan berpikiran positive ajah.. Padahal saya juga udah tegang banget, karena minus tinggi dan takut retina saya tipis..

Saya juga minus tinggi bun, di saranin sama dokter kandungan SC karena di atas minus 5 ngga bisa normal kata nya. Kebetulan retina mataku juga tipis, 3 tahun yang lalu saya udah laser retina. Saran saya mending ngga usah di paksain normal bun karena memang ada alasan medis

LASIK dan laser retina beda Bun ,laser retina ga bahaya kok , saya ke dokter spesialis retina recomended dr dokter kandungan saya dan msh di RS yg sama. LASIK ya untuk menghilangkan minus ,laser retina untuk mengembalikan/regenerasi ketebalan syaraf retina kita .