Bepergian jauh

Bund adakah disinj yg bayinya Masi 4 bulan udah bepergian jauh? Soalnya aku di ajak jalan jalan sama mertua pergi jauh gmna ya bund aman kah untuk pergi di usia 4bulan soalnya aku worry krna perjalanannya jauh😣 mohon kasih masukan ya bunda bunda biar aku bisa mempertimbangkan lagi#seriusnanya #bantusharing #pleasehelp #ingintahu #firstbaby #perjalananjauh #bayi4nulan #bantujawabbuda

17 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Durasi perjalanan nya berapa lama? Menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi? Kalau pakai kendaraan pribadi, sudah punya carseat belum? Menginap atau tidak?Berapa lama? Diberikan asi atau sufor? Sebenarnya dari usia 3bulan sudah bisa dikatakan aman untuk melakukan perjalanan jauh (kalau tidak ada indikasi medis tertentu). Karena imunitas bayi sudah lebih baik. Selain itu di usia tsb biasanya bayi sudah mendapatkan beberapa imunisasi dasar juga. Tapi ada hal lain jg yang perlu dipertimbangkan, yaitu situasi negara kita yang masih berjibaku melawan Covid-19. Apalagi kan tujuan perjalanan nya untuk jalan2. Itu perlu dipastikan apakah akan ke tempat yg rawan kerumunan atau tidak. Tapi kalau saya pribadi sih, malah lebih suka bawa bayi usia dibawah 12bulan untuk perjalanan. Terutama yg belum bisa jalan. Soalnya ga banyak tingkah. Sepnjang jalan biasanya tidur terus. Apalagi kl belum mpasi, lebih enak lagi. Tinggal disusuin aja, g perlu bawa bekel trs nyuapin jg, belum kalau ga mau mkan. Ah ribet lah pokonya mah. Tapi ya balik lagi keputusan nya ada di orang tua masing2. Kalau misalnya bingung cara nolaknya, bilang aja bentrok sama jadwal imunisasi gt haha. Atau suruh suaminya aja yg nolak, bilang aja takut kena covid, atau ada kerjaan gt. Oke bu semoga membantu ya 🙏🏻

Baca lagi
2y ago

terimakasih atas sarannya bunda

kalau bunda khawatir lebih baik gak usah ikut. krn, berpegian jauh dengan bayi itu harus punya persiapan yg lebih alias rempoong syekali dan pastinya mental yg kuat buat ibu nya hehe. takutnya juga si dede malah jatuh sakit krn kelelahan, kalau naik kendaraan kan ruang geraknya terbatas dia jadi gak nyaman. apalagi kalau di dalam mobil itu lebih dari 3 penumpang (bunda, suami, dan dedek) ruang gerak bayi bunda jadi lebih terbatas lagi. lalu bayi bisa stres juga krn perjalanan jauh dan jatug sakit, nnti ibunya yg nyesal "kenapa harus ikut jalan jalan, kenapa gak di rumah aja, dede jadi sakit" (bukan nakut nakutin ya bun). ini pengalaman saya, kalau anak udh rewel krn bosen di dalem mobil tuh, ampuunn repotnyaaa krn biasanya bisa di diemin aambil gendong ini gak bisa. pengalaman perjalanan jakarta - bogor waktu tempuh 1.5 jam-an. saran saya, kalau gak penting bgt lebih baik gak perlu ikut tapi ya balik lagi ke bundanya ya☺

Baca lagi

pernah pas anak ke 3 masih 5bulan, sy naik pesawat ke Surabaya cuma ber 4 sama anak sulung yg masi 6th dan anak ke 2 masi 1,5th, nenteng bsyi, bawa tas, koper dsb sndiri. tp ya di jemput pakmer di bandara trus lanjut naik mobil dr sby-malang sih bun. Alhamdulillah aman aja klo sy nya. klo bunda khawatir bisa di jelaskan pelan² ke bumer klo bunda takut lgi kondisi pandemi gini bawa bayi pergi jauh apalagi klo naik kendaraan umum. bnran ga nyaman kan buat si dede.

Baca lagi

alhamdulilah bunda udah mau jawab pertanyaan aku makasih banyak. aku takut krna blm pernah pergi jauh dan kebetulan anak pertama bund jadi aga ngeri gtu tapi aku pergi nya bareng keluarga ko naik kendaraan pribadi mungkin aman ga ya? semoga aja anak ku ga rewel nnti di bawa pergi pergian nya. terimakasih banyak bunda atas informasinya dan pengalamannya salam kenal

Baca lagi

4 bulan saya ajak pp manokwari sorong naik pesawat bund. pokoknya mematuhi prokes dan bayinya sebelum naik pesawat dipastikan kenyang menyusu. agar tdk rewel di pesawat. Bayi pakai baju nyaman dan beli headphone bayi gitu aja si bund persiapan bayinya. pokoknya baca basmalah yg penting hehe

kalau ragu, mending di tolak dlu baik baik bun. apalagi sekarang kan sdg pandemi. kalo was was, bilang ke suami, nnti biar suami yg sampaikan secara baik baik. gimana pun kita sebagai anak, harus tetap menghormati n menghargai mertua n org tua. kita boleh menolak kok bun🤗

VIP Member

aku dari anak umur 40 hari bolak balik kerumah ortu bun, jarak perjalanannya sekitar 45 menit lebih. yg penting siapin semua keperluannya buar ga rewel selama di jalan, pakein baju yg nyaman kalo naik mobil, pake baju yg hangat kalo naik motor

kalo gak urgent mending gak usah bun. jalan² bisa ditahan dulu, besuk kalo anak udh gedean, udh bisa diajak pose waktu photo dan anak kelihatan seneng 😆 kalo baru 4 bulan sih, sya lebih kasihan ke anak, dan bundanya rempong juga pasti.

bayiku 3bulan udah dibawa pergi jauh (pulang kampung) sekitar 180KM (4 jam). sampai sana besoknya langsung dipijit. Alhamdulillah selama perjalanan nggak nangis. disesuaikan aja bun sama kondisi anaknya.

saya.. bayi blm sebulan udah bolak balik roadtripan jepara jogja dan ke jakarta naik kereta.. gpp asal siap mental, karena klo bayinya capek ya jadi rewel.. siap2 menyusui dijalan juga..