Tips lahiran aman nyaman gak terlalu sakit

Bun yg pengalaman lahirannya lancar cepet dan gak terlalu sakit sharing dong tipsnya gimana, aku khawatir bgt nanti lahiran takut sakit bgt. soalnya nahan sakit haid aja kadang sampe nangis 😭

65 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

udh berapa week bun??? dr sekarg cari ilmu ttg melahirkan, diyoutub banyak.. aku dulu sering nonton bidan kriwil life di channelnya.. rajin senam hamil, squad, kegel, beli gym ball sangat membantu, rutin hubungan badan dgn suaminjika kehamilan baik2 saja.. belajar atur nafas ini penting.. ketika sakit tarik nafas panjang keluarkan, pegang sesuatu (misal besi ranjang) jika terasa sakit remas sekuat mungkin.. jgn menangis atau marah2 krn energi akan terkuras banyak.. posisi saat kontraksi usahakan duduk/nungging/atau berdiri biar kebantu sama gravitasi bumi/cepet lewatin pembukaan. hindari posisi baringan, bisa duduk di gym ball (dibawa gym ball nya) peluk gym ball. ini kalo aku yaa, efektif bgt. Bawa kurma (wajib) minum cairan yg banyak (wajib) alhamdulillah melahirkan normal tanpa trauma dan cepat cuma bbrapa jam aja.. 1 lagi mindset penting.. masukan arfimasi positif ttg melahirkan.. "its okay gapapa, ini hanya sebentar hanya beberapa jam aja" "banyak dzikir... bissmillah, astagfirullah2, minta dikuatkan dan dimudahkan persalinan nya sama Allah" "sebentar lagi saya akan bertemu anak saya, sabar" kalo saya di ruang bersalim sendirian, suami saya suruh tunggu di luar krn hawatir jadi buat saya lemah, tapi kalo disuruh apa2 dia masuk. (tapi untuk pasangan baru jgn dicontoh ya, hihi.. kalo saya udh byk anak) nah dlm kesendirian di ruang bersalin ini, sambil baca2 poster, liat2 jenis suntikan, nyiumin fresh care, hihi petakilan bgt. bahkan lg pembukaan 5 masih aktif WA balesin chat dagangan wkwk... paling penting mindset sih.. kalo bahasa gaul skrg hypnobriting.. tapi aku ga mau dibilang metode ini krn aku muslim lebih ke meresapi surah2 yg aku baca di alquran seperti luqman dan maryam... kesedihan melahirkan seorg diri bunda maryam bikin aku berpikir "segini aku beruntung, dan aku bisa melewatinya" oia rajin solat malam juga, ini melatih mental kita agar bisa tenang. aku ga yoga yoga.. aku ganti solat tahajud.. catatan.. tanya klinik bersalin apabila kena jahitan apakah diberi biusan??? krn ada beberapa klinik yg tdk dibius saat dijahit. dan itu akan menimbulkan trauma ibu nifas.. semoga persalinan bunda dimudahkan oleh Allah, cepat pemulihan, tidak trauma, dan lahir sehat sempurna keduanya. allahumma aamiin..

Baca lagi

Pengen nangis denger pertanyaan bunda karena saya pun tiap lahiran berharap nya ga sakit 😭 Toleransi rasa sakit org emng beda2 bund, tp yg nama nya melahirkan yaa emng sesakit itu... Pengalaman saya 2 kali melahirkan, pertama umur masih muda 20an lebih dan kedua umur 35thn di thn ini, dua dua nya sakit ya Allah... Dr mulai kontraksi pembukaan 3 kesana udah ga bisa nyamping kiri kanan ataupun turun dari bed, perut berasa di aduk2 di tusuk2, bokong dan tulang ekor berasa copot bund, makin nambah bukaan makin nangis kejer saking tubuh udh ga kuat nya nahan sakit saya sampe tremor badan geter smua, bahkan sampe pup disitu pun saya udah ga peduli bund saking ga tahan nya nahan sakit dan pas bukaan udah lengkap pun sakit waktu brojolin nya itu luar biasa pikiran udah berasa kayak mau sakaratul maut disitu dan setelah anak lahir pun sakit luar biasa karena di jahit hidup2, seudah melahirkan pun perut masih sakit karena rahim berkontraksi menyusut ke ukuran semula... Kalo di bilang saya trauma, yaa saya trauma sekali hamil dan melahirkan makanya jarak anak pertama dan kedua jauh... Saran saya ga muluk2 bund, berdoa saja semoga bunda di mudah kan pada saat persalinan dan di ringan kan rasa sakit... Selebih nya persiapkan fisik juga mental untuk menerima rasa sakit pada saat melahirkan nanti karena memang fakta nya ga ada lebih sakit di dunia ini selain melahirkan sampai nyawa taruhan nya... "Tubuh manusia hanya mampu menerima rasa sakit 42 del, tp pada saat melahirkan rasa sakit nya itu 57 del atau setara dengan 20 tulang di patahkan secara bersamaan" 😭😭😭😭😭

Baca lagi
3mo ago

bener bangett bun, aku pun trauma, teriak2 udah gak malu lagi ampe bengkak tenggorokann ku hasil dari teriakan , emang sesakit itu, kadang mikir bun kok org2 pada bnyak anak nya ampe 10 ampe belasan, kok bisa tahan yaaa, aku aja serasa woowww

kalau pengalaman aku sih bun yang aku dapet ilmu banyak di bidan, dan 1000:1 bisa dapet bidan yang aware dan ngga cuma asal pasien kontrol main tulis atau kasih vitamin tapi lebih pro edukasi dan ilmu, jaman sekarang udah amat sangat modern kalau kita bisa sering liat tiktok bidan yang hits dan viral bidan novel itu hebat banget bun disana kita bisa lahiran pro normal, aman, nyaman dan menyenangkan, sebetulnya kalau dipikir2 masuk akal juga lahiran itu bukan sesuatu yang menakutnya asalkan pikiran kita bisa kita alihkan ke hal2 yang positif, aku dapet ilmu banyak itu qodarullah nya saat aku di arahkan sama allah buat coba kontrol dibidan, disitu banyak ilmu dan pelajaran yg bisa aku ambil, dari mulai mengolah body, mind, spirit, yoga sampai hypnobirthing (latihan bernafas) masyaallah bun banyak perubahan yang bisa kita dapetin, hal terbesar yang kadang dokter terlalu cepat mengambil keputusan untuk cepet di SC misalnya bayi sungsang atau kelilit tali pusat, sebetulnya semua bisa di atasi tanpa harus SC asal kita yakin allah bantu kita dan bayi kita untuk cari posisi yg buat bayi kita optimal se optimal mungkin.

Baca lagi

klo ngeluarinx gak sakit Bun malah plong lega yg sakit itu pas kontraksi sama pas disiram betadin haha itu rasax nyeri pake bgt .. tipsx banyak makan sayur Bun, rajin senam hamil, ntr klo dah 7 bulan rajin jalan kaki+ senam, ntr klo udh mau dekat lahiran senamx pake gymball bun supaya cepat pembukaanx maju n trbuka jalan lahir, trus sering2 afirmasi bayix supaya cepet menemukan jalan lahir .. Alhamdulillah Bun q anak pertama tidak dijahit, pembukaanx cepat keluar jg cepat, kata suamiq kirain org lahiran bnyak darahx kluar tpi km GK ada loh ..kata bidan, tenang bgt q waktu lahiran, yg paling GK bersuara, q GK triak2 sih waktu kontraksi GK nangis jg cuma meringis nahan aja, Alhamdulillah Allah bener2 tolong, sering2 atur nafas klo sakit tarik nafas habis itu kluarin pelan2 bun .. takut wajar sih Bun tpi jgn brlebihan GK baik buat kitanya kita hrus afirmasi diri kita juga supaya kuat selamat bisa lewatin smua, n yg penting banyak2 berdoa zikir tahajud mohon ampun SM Allah SWT..semoga semua yg hamil disehatkan n d lancarkan setiap prosesx aamiin..

Baca lagi

lahiran sakit buuu, tapi toleransi rasa sakit setiap orang berbeda sih wkwkw tapi menurut pengalamanku yg paling sakit ya kontraksi wkwk pas ngeden lahiran alhamdulillah aku lancar dan cepet. diobok2 rahimnya dibersihin dan dijahit udah ga berasa krn mungkin dah lemes dan capek btw sebelum melahirkan aku rajin yoga, jalan kaki dll tapi tetep pas lahiran robekkk🤣🤣 intinya apa yg dipelajari nanti blank pas lahiran mah wkwkw awalnya aku juga takut bund mulai trimester 3 selalu takut lahiran dan kepikiran terus. tapi pas udah deket hpl rasanya udah pengen buru2 lihat anakku krn badan juga rasanya udah ga karuan. alhamdulillah tensiku normal dan lahiran lancar. harus dihadapi bund pokoknya nanti rasa sakitnya terbayar pas denger suara bayi baru lahir🥰🥰

Baca lagi
3mo ago

kok aku jadi takut ya bun 😂

walaupun anak pertama di beri kemudahan bersyukur Alhamdulillah walupun dari awal proses hamil dari ngidam cuman sebentar GK ada 1 bulan di beri kelancaran nggk ada Kendala apapun anak GK pernh minta aneh2. minta makan pun GK minta aneh2 makanan yg biasa di makan sebelum hamil makan apapun masuk bisa tidur dari awal hamil sampek Lahiran Alhamdulillah di permudah nggk ada trauma sama sekali mau nambah cpt pun juga gpp 🤭🤭 lahiran cpt ntah itu 1 jm apa belum saya agak lupa karna emang prosesnya sangat cepat sekali yg bikin truma hamil dari ngidam terlalu berlebihan parah.makan GK masuk sama sekali.asam lambung kumat dan lahiran pun begitu lama kontraksi beberapa hari tak kunjung lahir pembukaan jalan lahir GK nambah2 mungkin itu ada yg lebih parah lgi bisa

Baca lagi

pengalaman lahiran anak pertma.. bukan sakit sbenarnya yg kurasa, tp mules yg kyk udh di ujung tanduk tp di tahan.. aku nggk nangis pas kontraksi cuman ya itu lutut kyk bergetar.. wktu dirmh masih sempat ngegym ringan, pas udh ada drah lngsung cuss kers ternyata udh bukaan 5, makin hebat kontraksinya cmn bisa dzikir smbil tdur miring kiri, pas itu suami msih dilrng msuk soalnya smpingku udh ngejan, jd aku sndirian lewatin masa kontraksi 😌pas di rasa kek pecah ketuban bru deh suami di panggil msuk.. ternyata yg shsah di ngedennya 😅 aku nggk tau ngeden dan mmng malamnya nggk makan krn udh nggk nafsu alhasil nggk ada tenaga, akhirnya suami di sruh cari mnuman manis kyk teh kotak gitu biar ada tenaga 😅 di bantu dorong sm susternya akhirnya lahir deh

Baca lagi
3mo ago

hehe iya bun.. entah knpa rasanya susah banget ngeden pdhl udh ubah posisi juga, smpe suami disruh bantu ke bgian belakangku 🙈 alhasil kepala anak agak panjang krn kelamaan dipintu 😅

kalo aku udah agak memprediksi sih kalo kontraksi tuh beberapa kali lebih sakit dari haid, yg aku ga siapin tuh cara ngeden, di pikir 2 3 kali ngeden udah keluar, ternyata susah banget kayaknya ada lebih 10 kali gagal terus salah terus ngikutin instruksi bidan wkwkwk, harus latihan pas hamil ternyata. pas kontraksi masih jarang2 itu harus makan minum bun, karena nunggu sampe bukaan lengkap itu lama lebih dari 7 jam pengalamaku lahiran pertama kali jadi nguras tenaga sampe ngeden itu, takutnya keburu lemes. insya allah di kasih kekuatan bun, asal yakin dan jangan teriak2 dan gerak yg berlebihan, intinya kelola tenaga. di bersihin plasenta di jahit udah ga terlalu di rasa karena seneng dan bersyukur ngeliat anak yg kita lahirkan sehat dan sempurna.

Baca lagi

ini pengalaman aku bun, dari tm 1 udah mulai yoga hamil terus latihan nafas. Menurut ku ini penting ya, hasilnya selama hamil aku gak ada keluhan pegal / nyeri. Tapi kalo kehamilan nya ada indikasi jgn di paksa 😊. pas hari lahir, jam 12 malem sudah ada tanda flek dan kontraksi belum teratur. Jam 6 pagi otw klinik ternyata belum ada pembukaan, stay di klinik sambil main gymball yg pasti tetap berusaha tenang ngadepin kontraksi, eh jam 9 pecah ketuban langsung masuk ruang bersalin jam set 10, alhamdulilah baby ku lahir. Selama proses melahirkan di arahin atur nafas tiup2 bun. Kata bidan prosesnya termasuk cepet meskipun ada jaitan . Dan di aku yg bikin trauma itu, setelah di jahit bun. Mau duduk berdiri jongkok nungging tidur, kerasa nyut2.

Baca lagi
VIP Member

namanya lahiran sakit bun ga ada lahiran ga sakit 😅 lagian toleransi rasa sakit tiap orang kan beda2, kalo aku jujur aja nih toleransiku sm rasa sakit rendah jd sakit sedikit aja aku bakal mengeluh terus2an nah pas lahiran kemarin jg aku teriak2 pas bukaan 4 ke atas krn sesakit ituuu, tp tetep pikiran hrs positif biar prosesnya dipermudah, afirmasi positif jg ke bayi krn yg berjuang bukan cuma ibu tp juga bayinya, banyak2 istighfar bun dan kalo bukaan udah lengkap kuncinya harus tenang dan kuasai diri supaya bisa mengejan dg bener jd bayi cepet keluar, udah itu aja tips dari aku. semangat bun aku jg lg hamil ke3 hpl april masih deg2an aja pdhal udah pernah ngalamin 2x wkwk

Baca lagi
3mo ago

iyanih yg ke3 gak terduga bun 😂 aamiin terimakasih doanya, semoga doa yg baik kembali yg baik2 jg ke kamu yaa bun ❤