CEK LAB

Bun usia kanddugan saya 27 week , belom cek Lab ,, bunda" yg udah cek Lab dicek apa aja ya bun ,, apakah tes HIV juga ? 3 tahun lalu sih saya cek darah lengkap HIV juga negatif apa harus cek HIV lagi ?

13 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

cek darah itu wajib bun selama kehamilan.. engga cuma buat tes hiv aja,, tapi liat kadar hb.nya juga bagus apa engga.. ibu hamil rentan pendarahan waktu melahirkan kalah hb rendah..

5y ago

Iya x bun bisa jd sxan

Cek darah lengkap termasuk HIV. aku cek lab usia 4 bulanan sama kmren pas 7 bulan. Katanya nanti pas masuk 9 bulan juga dicek lagi, biar ketauan HB nya katanya sih.

Wajib cek HIV dan hbsag itu sudah jd program pemerintah. Dan ditanggung oleh BPJS di puskesmas. (Walopun kehamilan sblmnya sudah pernah cek, wajib cek kembali)

5y ago

Tirmester 1 sbnernya sdh hrs di cek untuk skrining awal (darah rutin, hiv, hbsag) darah lengkap (untuk mengetahui anemia jenis apa, boleh tp biaya aga mahal. Dan ga semua puskesmas ada. Urin lengkap dan tokso jika asa keluhan darah tinggi dan gejala2 lainya. Trinester 2 cek ulang lab kecuali hiv dan hbsag. Jika ada keluhan atau pada saat pemeriksaan terdapat tanda2 penyakit. Trimester 3: 1 atau 2 minggu sblm HPL cek kembali lab (Darah rutin/lengkap, protein urin jika ada Hipertensi, kecuali hbsag dan hiv . *untuk pem. Sifilis (jika ditemukan gejala2) bisa dilakukan di RSUD jika ingin pakai bpjs . Puskesmas masih jarang pemeriksaan sifilis.

Kata bidan setiap hamil wajib periksa bun, kl ditempatku pake bpjs bisa di puskesmas.. 1 jam udah ada hasilnya cek darah lengkap

5y ago

Mungkin beda bidan sarannya beda bun, q taun kmrn hamil anak pertama cek darah, skrg hamil ke 2 jg cek darah lg...

Hamil pertama lengkap bun, skrg hamil kedua juga lengkap chek lab sebelum melahirkan .

Post reply image
VIP Member

Klo nga Ada indikasi penularan nga usah test lagi, tp klo Ada test lagi biar tenang

5y ago

Ia bun kta bidan gtu cek HB & gula aj

VIP Member

Saya juga usia kandungan 33 Minggu Bun tapi belum tes lab lgi

Aku lupa cek apalagi bun, 4 kali diambil darahnya pas cek lab😊

5y ago

Kok bnyk bgt bun smpe 4x

VIP Member

Saya cek HbsAg, protein urin, kadar hb, HIV, sifilis

aku 30weekk belum perna cek lab bunda