Orang tua

Bun, mau nannya, yg masih bertanggung jawab dalam mengurus orang tua tu siapa ya bun? Jd saya itu anak kedua, saya perempuan, anak pertama laki2. Jd ortu saya ada yg sakit. Dalam agama islam tuh bagaimana sebenarnya? Istri kakak saya bilang kalau urusan orang tua ada di saya, tp saya bingung, ada tanggung jawab di saya tuh sebagai apa? Anak perempuan atau karena anak terahir?

18 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

yang masih bertanggung jwb mengurus ortunya udh jelas pasti semua anaknya bun, gada mau yg pertama, kedua, ketiga dst. Gada istilah anak pertama harus yg rawat/anak tengah bahkan anak bungsu yg rawat. Sbnrnya ga gitu, tp, kebanyakan anak" itu pd keberatan merawat ortu, knp? Aku jujur jujuran aja sih mslh ini, krn saya sendiri rawat ayah saya yg udh jompo (83th). Dr mulai makan, susu, diapers dewasa, obat dsb itu butuh biaya dan biaya ortu mnrt saya lbh mahal ketimbang biaya anak bayi. Bisa jd keberatan krn di ekonomi, yg kedua gamau di susahin ortunya. Saya sendiri rawat ayah saya bkn krn terpaksa, tp, emg keadaan yg mengaharuskan saya rawat ayah saya, krn kakak dan abang saya gamau rawat krn ipar saya semua merasa di repotkan, awalnya mau di taro di panti jompo tp akhirnya saya yg bawa kerumah saya, alhamdulillah suami jg mengizinkan jd saya rawat ayah saya. Saranku gaperlu nanya siapa yg berhak dan ga berhak merawat ortu, siapa yg lebih bertanggung jwb dan ga bertanggung jwb merawat ortu, rawat aja bun, insya Allah merawat ortu dg ikhlas dan sabar pasti akan jd berkah, krn ortu merasa di perhatikan dan yg pasti setiap saat ortu mendoakan kita sbg anaknya ini yg baik baik, insya Allah rezeki akan lancar, semua yg bunda dan keluarga inginkan tercapai asal di jalankan dg ikhlas tanpa perlu bertanya siapa yg berhak atau bertanggung jwb merawat ortu ?. Itu aja dr saya, semangat selalu merawat ortu yg sdh sakit dan jompo itu menguras tenaga, pikiran, kesabaran tp ttp jalani dg ikhlas ?.

Baca lagi

Bismillah.. Hai bun! Sependek pengetahuan saya, Anak cewe dan anak cowo bertanggung jawab. Kerja sama. (Anak perempuan hrs seizin suaminya) Kan kita ga mau nih nanti klo kita sakit pas tua nanti anak2 pada lempar2an tanggung jawab. Ya kalo yg saya tau sih biasanya org tua mah, kalo ada dana, enakan ke panti jompo. Diurusin. Bisa sambil kumpul sesama org2 sepuh. Tapi catatannya, panti jompo yg bagus ya. Kalo di daerah saya yg bagus panti jompo di sentul, bogor, jawa barat. Itu per bulannya puluhan juta. Saya yakin sih, pasti ada perasaan berat, repot dgn urusan masing2. Apalgi klo ada pengalaman ga enak/perlakuan ortu yg ga enak ke kita dulunya. Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala mudahkan segala urusannya.

Baca lagi

Tanggung jawab anak laki laki bun, dalam hal ini berarti yg tanggung jawab adalah kakak bunda krn laki laki. Kalaupun istrinya ngomong ini itu, lebih kepada karena tidak mau kerepotan dia ikut ngurusin (suuzonnya saya). Anak laki2 bertanggung jawab atas orang tuanya, istrinya, anaknya, dan adik/ kakak perempuannya (jika blm menikah, atau jika keadaan membuatnya sendiri). Terkecuali tidak ada anak laki-laki ya monggo dimusyawarahkan. Kalaupun pada akhirnya memang bunda mau ngurusin, harus karena ridho suami bunda dulu pertama, keikhlasan sendiri, keikhlasan suami bunda, dan bukan karena dilempar tanggung jawabnya sama ipar.

Baca lagi
11mo ago

kali seandainya suami gak ridho trs gimana bun?? apakah gak dosa karena nurut suami dan membiarkan ibu sakit.

saya 5 saudara, satu2 nya perempuan dan saya anak paling kecil, tapi mama ku tinggal dengan saya, seluruh kebutuhannya saya yg penuhi, kalau sakit saya yg rawat, setiap bulan saya yg kasih uang jajan. saya bersyukur karena saya masih dikasih kesempatan ngurus mama. kalo mama mau jalan ke kakak saya ya gpp tapi mama tetap lebih nyaman dengan saya krn saya anak perempuannya dibandingkan anak mantu, biar bagaimana pun mama pasti akan lebih dekat dan merasa nyaman tinggal dengan anak perempuannya note : kalo kondisi keuangan mampu, gpp kita ngurus orang tua, bayangin kalo ntar kita yang di over sana sini sama anak2 krn ga ada yang mau ngurus. semangat bun

Baca lagi
VIP Member

yg jelas anak2 nya. bukan harus anak laki atau perempuan. saya suka sebel kalo ada yg bilang "anak laki itu milik ibu nya, jd kalo ibu nya knapa2 ya itu tanggung jawab si anak laki". menurut saya ga gitu konsep nya. nama nya ngurus ortu sakit ga pilih2 mau anak laki atau perempuan. nama nya anak ya tetep urusin orangtua apalagi dalam keadaan sakit. bentuk bakti, ntar kaya saya loh, yg udh ngurusin ibu bapak saya nungguin di rs urus ini itu, pas dia sudh meninggal rasa nya sakit bangeettt. ayo mumpung masih ada, kapan lagi coba?

Baca lagi

Coba tanya balik ke iparnya.. Klo ortumu sakit tanggungjawab utama siapa, kamu / abangmu? Bakti pr klo sdh nikah yg utama ke suaminya. Jadi sdh jelas, yang dpt tanggungjawab paling utama abangnya, dari hal finansial dan waktu. Klo abangnya g ada waktu, maka dia minta tolong ke istrinya. Nah klo bunda karena posisinya anak pr, maka tergantung izin dari suami. Klo suami mengizinkan itu yg diharapkan, karena seyogyanya suami menghasung dan mengizinkan istrinya untuk berbakti kepada orangtuanya.

Baca lagi

mnurut ajaran Islam... smua ank wajib merawat orang tua mereka tdk harus itu ank perempuan atau laki2 krna itu sbuah bakti ank trhadap org tua, kapan lagi kalau tdk skrg... nnti kalau ortu sudah tdk ada akan tmbul rasa pnyesalan, rasa rindu trhadap ortu

12mo ago

bener. ga ada anak laki anak cewe

Memang kenapa kok tanya seperti itu bun ? (Maaf) gakmau ngurus orangtuanya kah ? Namanya anak sebisa mungkin tetap mengurus orangtua bun , (maaf) ibaratnya kita ingat ingat di lahirkan dan dibesarkan, jadi dengan kita merawat itu bentuk bakti kita ke beliau

12mo ago

mungkin pemikirannya ya yg merawat anak cewek.

Tanggungjawab semua anak. Ga perlu cowok cewek. Semua anak wajib berbakti apalagi kalau suaminya meridhoi. Apalagi kamu tinggal dengan orang tua. Ya jelas banget kamu yg bakal mengurus hidup dan mati orang tuamu. Gitu sih.

laki² itu bertanggung jawab terhadap ibu, sodara perempuan, anak perempuan, dan istrinya.. kalau perempuan ngga ada bun.. tapi tergantung adat masing² juga biasa sedikit banyak berpengaruh