Tegur suami atau mertua dulu?

Bun mau minta solusi sebaiknya ak tegur suami/mertua dlu Critanya ak ngeliat chat suami ke mamanya(mertua) suami selalu ngeluhin aku sbg istrinya kata2nya itu menjatuhkanku dan menjelekan istrinya(aku) didpn mertua cth "kesel bngt apa2 dibikin ribet sendiri ngurus anak 1 berasa kya ngurus anak 10"posisi anak demam rewel maunya gendong ak capek mau istirahat tp suami gamau gantian malah balik ngeluh capek ,mertua balik bls "emang lebay binimu itu" dan masi ada banyak lgi bun Dan ada tetangga blng ke ak klo mertua jg menjelek2an ak ke tetangganya katanya ak ga bisa urus suami makan aja masi minta ke aku(mertua) baju kusut gamau gosokin ,ak klo ada yg bantu momong anak dirmh smua jg bisa ak handle bun tp suami dirmh aja gamau gantian malah hp mulu anak ku usia 9bln yg aktif2nya ngerangkak dan megang smua benda Klo ak negor suami ku critain smua dikira ak ngejelikin ibunya tp klo ak negor mertua nanti pasti ak dikira ngejelekin anaknya klo dirmh kelakuanya begitu dan nanti dipikir ak bikin jarak antara mereka Baiknya gimna ya bun

47 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

awal lahiran sy masih ikut ortu pdhl sdh punya rumah sendiri tp krn hbs sc dan pertama punya anak jd sy tgl di rmh ortu sy, makan sy tgl makan, nyuci sy cuci sendiri paksunya ga bantuin krn brgkt pagi plg malam tiap hari spt itu (masa corona) sampai akhirnya usia anak 2 bln sy kembali ke rmh sendiri krn di rmh ortu lg diperbaiki, nah dr sini sy mandiri ditambah cuti hamil hanya 2 bln saja, tiap jm 4 sy bangun masak trs mandiin anak jam 6 tepat sy naik mtr sama suami bawa anak ke rmh ortuku titip krn sdh kerja itu sy lakukan sampai anak sekarang 3th, apa lg pas MPASI bener² masak bubur bayi sendiri dr jm 4 trs masak buat suami dll nah dr awal balik ke rmh sendiri suami jd ikut bantuin bund mungkin krn keadaan yg menuntut kita hrs mandiri jd dia pulang malem bantuin nyuci baju, nanti aku yg setrika, gantian momong anak kalo sama² capek kita ga ngerjain apapun udah tdrn aja, kalo bunda nya msh ikut ortu / mertua coba bicara sama paksu buat mandiri ambil KPR rumah/ ngontrak rmh barang x dr sini paksunya mata hatinya terbuka bs lht betapa capeknya seorang istri dan akhirnya mau bantu², kalo kebalikannya bunda sdh mandiri dan mertua yg ikut bunda memang cuma bisa sabar dan berdoa smg ibu mertua diluluhkan hatinya 😊 kalo bundanya sdh tdk kuat, bunda kembali ke ortunya bunda aja, ortu sendiri jauh lebih bisa ngertiin kita dr pd mertua, semangat buat bundanya 🤍

Baca lagi
VIP Member

Sama bun suamiku dulu juga begitu... Malah ngadunya langsung di depan mataku sendiri, masuk ke kamar ibunya dan ngadu.. Semua perlakuan ibunya ke aku juga ku ga pernah ceritain ke suami karena takut dianggep ngejelekin ibunya.. Sampe akhirnya aku muak banget bun.. Aku udh ga tahan.. Suatu hari Ku jawabin aja semua omongan mertuaku.. Sampe2 mertuaku berulah di depan suami, dan mertua slalu ngadu ke anak2nya, iparku cerita ke suami.. Suami bilang gatau apa2, krna emg aku ga pernah cerita.. Akhirnya ku luapin aja tuh semua bisul yg slama ini belum pecah2... Aku fair fairan.. Jelasin scr apa adanya tanpa menyudutkan, aku utarakan scr logika, aku utarakan dgn baik2 tanpa emosi, ku utarakan dgn bukti.. Alhamdulillah selama 2 minggu suamiku mikir Coba bun kalau kita ngeluh , biasakan biar suami ngerasain, kasih bukti jg, kasih logika2 atau analogi.. Laki2 org yg logis bgt, harus dibuat sadar n mikir dulu sesuai logikanya atau engg... Kalau scr logikanya dia udh masuk, insya allah suami bakal paham bun... Tp ya itu harus pinter2nya kita melogikakan semua kejadian semangat ya bun

Baca lagi
VIP Member

suruh suamimu balik ke ibunya aja bun, biar ibunya yg urusin.. aku muak loh kalo ada mertua (ibunya suami) malah makin memperunyam masalah ini sih yg jelas salah suami ya karena dia sbg suamimu ko bisa dgn sadar menjelek jelekan kamu, pdahal posisinya anak sakit, saranku jgn mau kalo diajak punya anak lagi ya bun suami aja gaada bantu dan gapaham soal kerjaan rmh harusnya jadi tugas bersama dia malah seenaknya inilagi mertua bukannya bantu mantu lagi kerepotan (kalo jarak dekat) cucu sakit ya dimomong dulu biar mantunya bisa ngurus kerjaan rmh dan suami dulu mantu gak nyusahin mertua aja hrusnya bersyukur, coba kalo yg sakit cucu dari anak perempuannya beuhhh pasti dimomong dikelonin diobatin tuh sm neneknya/mertua/ibunya suami, paling gedek aku klo udh bhas Mertua/ibu dari suami 😒🤝

Baca lagi
3w ago

@ciiileniii mwhehe emng nih ga paham sm kluarga suami ko ada yg sebaik kaya mreka langka bgt, kluarga ku sndri aja ga gth. emng di dunia ku ini kebalik bgt

SUAMI !!! suami mu yg salah ! punya anak hasil berdua ko cuma istri doang yg di suruh buat ngurus ! saya fine² aja kalo suami ga mau bantu kerjaan rumah, dia udah cari nafkah saya anggap urus rumah adalah tugas saya, tapi perkara soal anak itu harus ngurus berdua lah ! anak butuh figur kedua orangtuanya. JANGAN SAMPE FATHERLESS, ada bapak nya tapi cuma bentuk jogrog wujudnya doang ga ada andil nya dalam pengasuhan dan pertumbuhan anak. Saya saat ini punya 2 bayi jarak dekat, repot ya pasti karna saya ga ada yg bantu, yg dulu nya semua baju saya setrika, sekarang cuma baju kerja suami aja yg saya setrika, yg dulu nya selalu masak menu lengkap, sekarang cuma bisa bikin satu menu makan aja, yaa... mau gimana lagi saya jg manusia tangan nya cuma 2, tapi syukur nya suami mau ngerti bun. bilangin bun ! kalo belum kaya, belum bisa nge gaji ART & nanny ga usah banyak gaya minta dilayanin semuanya !

Baca lagi

sebenarnya kalo menikah kunci dr semua komunikasi itu suami/istri. mau pasangan kita sejelek apapun selama kita mampu menutupi aib pasangan kita baik ke ortu kita atau mertua, ga akan ada peluang mertua/ortu/org lain melihat jeleknya pasangan. tp sebaliknya, mau sebaik apapun kita kalo pasangan kita menjelekkan kita kepada ortu/org lain, ya rusaklah pandangan org lain ke kita. buruk dan kekurangan pasangan baiknya keep didalam rumah tangga jika itu bisa membuat rumah tangga rusak kalau diceritakan. kecuali hal yg melibatkan sesuatu yg buruk spt selingkuh/kdrt. kalau berdua tidak bs mengatasi, maka selayaknya perlu bantuan pihak ketiga. tapi utk kekurangan pasangan spt yg bunda ceritakan, hrsnya suami ba menutupi itu dr ortu/mertua. suami hrs bs backup nama baik istri dihadapan ortunya.

Baca lagi
VIP Member

teruntuk para Mertua nih yaaa bisa gak sih kalian menghargai sedikit mantu perempuannya, wanita pilihan anak lelaki kalian sendiri yg dijadikan isteri, kalo gabisa bantu menantu setidaknya gausah recokin kehidupan rmh tangganya gitulooo dear para suami juga yg masih punya ibu, please lah dewasa sedikit, ngapain nikahin anak orang kalo hal sepele masih ngadu ke ibumu hah?!! lo yg ngehamilin bini lo masa iya gamau bantu? istri itu bukan pembantu looh, kerjasama nya dong.. kalo gabisa bantu pegang kerjaan rmh ya bantu pegang anak! bkinnya kan berdua!! lo berperan besar loh tuh bocah bisa ada didunia, yakali lo merasa semua muanya tanggung jawab isteri, klo bayar art pin rasanya gacukup sedikit tuh gaji isteri buat ngurusin rmh, anak dan lo yg gapunya rasa empatinya sedikit ke istri

Baca lagi

sebagai suami harusnya bisa jaga nama baik istri di depan org lain, apalagi mertua. mau sesalah apapun istri, tapi di depan mertua harus jadi tameng dan bisa ngebela istri. suami boleh negur ketika istri salah tpi ga boleh di depan org banyak, di depan org banyak terutama mertua harusnya suami belain istri gimanapun keadaannya. apalagi keadaannya kaya bunda gini, suami bantu ngurus rumah sama momong anak gamau tapi jelek jelekin istri didepan mertua. tegur aja bun suaminya kenapa harus jelek jelekin istri di depan mertua, sementara ikutan ngurus rumah tangga gamau. kalo gitu gausah nikah sekalian, jadi anak mamih aja😒

Baca lagi

aku pernh d posisi bundanya😭untung mertuaku adil dan ga menyalahkan atau membela ke 1 pihak,mertuaku cuma kasih pengertian k aku sbagai istri dan k anaknya sbagai suami,kdang suami aku dlu suka cerita yg jelek2in aku k mmhnya,saya ga lgsg tegur mertua tapi suami,saya blg "kalo kamu udh ga mau dan ga suka sama saya tinggal kembaliin saya k ortu saya,dan kamu kembali k pangkuan ibumu itu,ga usah punya hubungan lg dgn saya",akhirnya dia minta maaf dan skrg berubah gk kya dl yg suka ngadu k ortunya,beruntung mertua saya gk benci saya lwat cerita anaknya itu,dan lebih beruntung mertua ga berat sebelau

Baca lagi

kita coba jadi air yang madamin api ya bun.. ada satu pepatah yang terus melekat dalam ingatan saya 'jika keburukanmu dibicarakan tanpa kau tau, itu tandanya omong kosong. jika keburukanmu sampai ke telinga mu, mulailah memperbaiki diri.' diluar sakit hati dan rasanya suami dan mertua tidak tahu diri, ada baiknya kita tarik nafas trus bersabar dulu. niatkan kesabaran kita diganti dengan rezki yang berlimpah dan suami yang mulai menganggap kita adalah bagian dari diringa..

Baca lagi
4w ago

Tapi tidak semudah yg di bicarakan bun, kenyataannya istri capek ngurus anak sendiri tanpa bantuan suami tapi harus handel urusan rumah juga ☺️ Apalagi newmom yaa

Bilang ma suami dulu “Mas aku akan melayani kmu dgn sepenuh hati ambilin kmu nasi siapin baju kamu tp aku mnta 2 aja, aku mau art buat bantu urus rmh dan anak sama tmbhn uang blnj buat me time aku, aku janji selain kmu aku urusin kmu pasti seneng liat aku makin cantik dan muluss, bisa ya mas drpd kmu ngeluh trs k ibumu aku kan jd g enak masa aku mesti cerita jg k ibumu klo duit blnj kurang bgd tp suami mauny bnyk”

Baca lagi