anak 15 bulan belum bisa bicara

bun anak saya 1,5 tahun tapi belum bisa bicara bund... sudah saya sering ajak bicara dan sering membaca buku cerita juga tpi masih blum mau bicara juga, pdahal tmen seusianya sudah bisa menyambung kata2 belakangnya... gimana solusinya ya bund???? nyesek kadang2 tetangga ngomong kok anaknya belum bisa ngomong y...๐Ÿ˜”

10 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

anakku dulu 20 bulan belum ada keluar kosakata sama sekali Bun, dipanggil tidak menoleh, disuruh tidak mengerti. akhirnya tak bawa ke dokter tumbang anak. disana dikasih solusi. jadi anakku ini kan kecanduan tv, akhirnya harus dikurangi gadget, tv dan sering2 ajak ngobrol, sering diperintah, dipanggil namanya. memang awalnya nangis dan rewel. cuma kita harus tega. kurangi screen time, ajak ngobrol terus, ajak bersosialisasi keluar rumah. Alhamdulillah 2 Minggu sudah ada perubahan. waktu itu di umur dia 20 bulan sudah saya titipkan di paud Bun. supaya anak bisa bersosialisasi dan belajar ngomong.

Baca lagi
11mo ago

amiin... semoga aja secepatnya bund๐Ÿ˜ƒ๐Ÿฅฐ

Sama sekali ga ada kata berarti yg keluar? Mama, papa, mamam, mimi, nenen? Kalo sampe 18 bulan blm ada kata yg keluar sama sekali lgsg ke dokter ya bun. Redflag usia 18 bulan harus ada 10 kata berarti kalo ga salah. Anakku jg agak lambat bicaranya tp sebelum 18 bulan dia udh ada 10 kata berarti dan skrg jalan 20 bulan udh cerewet bgt. Pas usia 18 bulan bener2 lonjakan bahasa bgt anaknya lgsg suka niru2 yg diomongin org.

Baca lagi
11mo ago

baik bunda.. terima kasih

TapFluencer

1.5 tahun mah 17 bulan bun ga bisa bicara sama sekali ? kata dasar bisa ga bund kaya mama,papa,kaka,mamam(makan),atau misal niruin suara binatang kaya meow,guguk,moo sudah paham perintah belum bund kaya tolong ambilkan, atau perintah jangan kalau semua yang saya sebutkan anak ibu belum bisa lebih baik ke dsa ya bund karna 17 bulan harus nya sudah bisa kosa kata sederhana

Baca lagi
11mo ago

baik bunda, terima kasih๐Ÿฅฐ

VIP Member

perkembangan anak itu beda2 Bun. coba di jauhkan dr hp sm tv dulu, anakku dulu jg gitu klo udah di kasih hp kadang kita panggil pun gk noleh2 terlalu focus layar. apa2 cuma nunjuk2 klo kita gak ngerti dia marah nangis. akhirnya di stop hp sm tv. sering diajak ngobrol main sm yg seumuran lama2 nanti bisa sendiri.

Baca lagi
11mo ago

iya bund ini sudah q stop hp n tv, trs sekarang sudah sering ajak anak kluar main sama temen2nya

VIP Member

biasa bund. perkembangan anak beda2. ada yg cepat jalan lambat bicara ada jg sebaliknya. anak saya umur segitu juga masih belum jelas kosa katanya. dan skrg udah 2th 6bln baru bisa d ajak ngobrol. udah banyak kata yg bisa kita ngerti. sering2 di ajak ngobrol aja anaknya bund, nanti lama2 dia ngikutin.

Baca lagi
11mo ago

iy bund jalan dulu anakq.. 1 tahun pas dia jalan... iy bund ini setiap hari saya ajak ngobrol trs bund

gpp bun,, perkembangan masing2 anak itu beda2 yg penting kita tetap stimulasi ajak bicara,, tetap semnagat ya ga usah dengerin omongan org bun. ga akan ada abisnya ๐Ÿคsemangat ya bun๐Ÿซถ

11mo ago

makasih semngatnya bund .๐Ÿฅบ๐Ÿฅบ... iy ini bund lagi berusaha n sering q ajak main kluar sama temen2nya...

kalau anaknya sering screen time coba di stop dulu mom. hitung brp banyak kata yg sudah anak kuasai, kalau sekiranya masih kurang gak ada salahnya untuk coba konsultasi ke DSA.

Post reply image
11mo ago

iy ini saya sering aja kluar main sama temen2nya bund..

anak ku dua tahun bund dulu blm juga bisa,, tpi alhamdullah skrng lancar,, sbr aj bund,, semngat terus ajak anak ngobrol

11mo ago

iya bund semoga cepet bisa ngomong anakq

gpp bund, dulu anak saya malah 2 th naru bisa bicara

11mo ago

iya bunda๐Ÿฅฐ

VIP Member

sama sekali ga bisa bun? bablingnya gimana?

11mo ago

klu babling sering bund cuma belum ada kata yg bermakna gtu