Kuning New bron

Bun anak ku usia 1 minggu 3 hari . Dia kena kuning tp kondisi bayi sehat . Hanya aja kuning . Di anjurkan di jemur kan setiap pagi Trs disaran kan dokter asi atau sufornya di kencengin . Yg aku tanya adakah bunda disini yg baby nya kena kuning dan berapa lama kalo ilang dengan sendirinya ?? Kondisi baby ku sih sehat . Gak rewel dan gak lemes . Hanya saja kuning . Maklum new mam jd agak takut .

49 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Drama aku yg baru jdi seorang ibu ketika anak ku kuning..rasa takut yg mendalam bgt.. hilang nya sih 2 bulan baru ilang. Dri mulai ku serching,kermh skt mana aja aku. Smpe aku sewa inkubator ke rmh krna ketika anak ku lahir lgi musim2 hujan dan jarang ada matahari. Sempet masuk ruang NICU 2 hari dan sdh di blh kan plg. Tp aku liat msh keliatan kuning di area mata nya. Dan aku keRS yg berbeda bahkan aku masuk ke ruang UGD krna aku pke bpjs katanya klo masuk UGD dan serius penyakitnya akan di tanggung bpjs. Lalu 2 jam aku di UGD dokter UGD cuma suruh aku nyusuin diruangan UGD. Trs sekian lama diruangan disuruh plg. Aku kesel bgt campur khawatir. Akhirnya aku dan suami cari di google untuk sewa inkubator dan akhirnya disinar dirumah. Tp ga bisa lama,dan msh kuning. Dan aku trs gempur asi smpe anak ku 1 bulan naik nya 1 kg lebih. Tp alhamdulillah udh ga kuning. Hnya skrng worry aku takut anak ku kegemukan alias obesitas

Baca lagi

Saran aja ya bun mending cek dulu kadar bilirubin nya tinggi apa gak Anak ku umur 3 hari kuning kalau kita yang awam liatnya agak biasa aja kuningnya eh pas di cek lumayan tinggi 12.5 dan harus di rawat Anak ku 2 hari di fototrapi alhamdulillah turun kadar bilirubinnya itu pun masih terlihat kuningnya Kuning ini bahaya ya bun kalau gak dicek dulu Bukan nakutin atau apa kita belajar dari orang lain bunda disini malah ada yang kehilangan anaknya karena kuning udah sampai mata Alhamdulillah anak ku langsung dirawat pas tau kuning padahal udah sampai mata juga Anak ku habis pulang dirawat sekitar 1 bulan baru sembuh total bun itu pun karena asinya kuat nennya 1-2 jam sekali dengan durasi 15 menit atau lebih

Baca lagi

Waktu itu juga anakku kuning pas usia seminggu, ketauannya pas cek up ke RS, kata perawat sblm masuk me ruang dokter, ditimbang sama dicek katanya dedenya agak kuning nnti pastiin lg ke dokternya, dan udh masuk ke ruang dokter, dokter bilang iya kuning dan suruh cek lab, idh dicek lab masih dalam proses kita disuruh pulng dulu klo hasilnya udh keluar dikasih tau, qadarullah ternyata bilirubinnya tinggi nympe 14 dan disuruh terapi sinar biru 2 × 24 jam, ya allah nyesek juga klo inget kesitu. Alhamdulillah skrg udh 7mo+ sehat dan aktif. Klo kuning saranin diperiksa aja bun takutnya gk ketauan klo pun dijemur itu gk ngaruh bgt, apalagi skrg kadang mataharinya gk muncul

Baca lagi

Aku lahir SC Bun, BB bayi ku jg kurang saat itu tp tdk prematur. Hari pertama belum keliatan, setelah hari kedua baru nampak kuning disekitar kening dan sklera mata. Ditawarin cek bilirubin, tp dr pihak keluarga aku yakin bisa ngatasin sendiri. Akhirnya di gojlok pakai ASI, walau awal2 si Dede susah nyusu. Tetep terus di stimulasi, dan tiap pagi di jemur badannya bolak balik. Gak sampai seminggu Alhamdulillah bersih :) asi ya Bun jgn sufor. Krn alamiahnya asi bisa memecah kadar bilirubin dan keluar melalui urine atau feses, hingga nnti feses Dede nya berwarna kuning cerah.

Baca lagi
5y ago

Iya bun 😊👍

Waktu baby saya kuning, posisinya asi saya masih sedikit, katnya kurang minum jadi dehidrasi cman klo untuk di jemur kata DSA saya sih ga ngaruh itu hanya untuk menghangatkan aja. Kuning anak saya udah sampai kaki pas cek kedua kali nya, lgsung di suruh di sinar malam itu juga, d tes darah bilirubin nya udh 15mg . Kalo saran saya baiknya tes darah dlu Bun cek bilirubin nya kalo memang tinggi lebih baik di sinar, soalnya setau saya kalo bilirubin di atas 25mg bisa ngaruh ke otak bun.

Baca lagi

di jemur itu bukan untuk menyembuhkan kuning. tapi untuk vitamin D dan hangat .. kalau kadar bilirubin nya tinggi apalagi sampai matanya kuning itu perlu di sinar atau Fototerapi.. tapi kalau rendah dibawah 10 bisa dikasih obat dari dokter dan ASI nya dikencengi.. tapi kalau kadar bilirubin nya rendah dibawah 5 bisa digempur ASI aja...kalau bunda merasa kuningnya parah, HARUS WAJIB DI FOTOTERAPI daripada menyesal dikemudian hari.. terimakasih

Baca lagi

Anak pertama saya prematur n kuning pasca lahiran SC . Trs pas drmh sakit sekitar udh 4hr , itu jg gaboleh plg sm dokter. Tp kluarga kekeh bkin surat keterangan pulang . Akhirnya pas sdh drumah , anak saya , saya jemur setiap hari selama sebulan. Dr jam /8- jam 8 pagi. Dr anak sy putih, smpe item kulitnya 🤣 . Klo udh sore sy sinar lampu belajar yg warna kuning n asi jg sy kencengin minumnya . Alhamdulillah sembuh si gada sebulan.

Baca lagi
VIP Member

Kl kuning sebisa mungkin di gempur pake asi jangan sufor. Kl sufor itu sulit di cerna, beda dgn asi. Dan usahain jemur setiap hari selama 1 jam. Anakku dulu kuning, memang anaknya lincah. Tapi lama kelamaan kl dibiarkan kadar bilirubin nya makin tinggi bisa beresiko bahkan ke arah kematian bun. Anak ku sampai di rawat di rs dan di sinar selama 2 hari nonstop. Krn kuningnya sampai ke bola mata dan juga lidah dan gusi.

Baca lagi

Anak saya dulu gtu Bun, dan emang harus d jemur terus min. 1 jam sambil di bolak balik badannya dan d pakein kain penutup mata gtu Bun biar ga kena mata. Alhamdulillah kurang dari sebulan jg udah ilang Bun. Ada baiknya dibiasakan terus Bun karna sinar matahari pagi itu bagus, anak saya sekrg usia 2 thn 3bln, bi'idznillah tiap sakit kyk bapil, demam, ngandelinnya d jemur dan alhamdulillah sembuh 1-2 hari.

Baca lagi
5y ago

Kalo saya dulu 1 jam itu pas awal awal kuning aja Bun. Ga d pantengin terus Bun, jdi d ajak k yg teduh brp menit nsnti k yg panas lagi. Asal udh panas d k yg teduhin dulu. Hhe Tpi ga tau jg Bun, mungkin tiap anak beda beda. karna waktu anak saya habis d blue light dan dr nya nyaranin gtu Bun. Soalnya dari Asi sma sufor anaknya blm bisa minum bnyk, karna tenggorokannya masih kecil dan masih suka keselek Bun :)

baby ku kuning & bilirubin 14. DSA saranin untuk difototerapi 48jam dan tetep banyakin asupan asi. setelah difototerapi jadi 8 bilirubinnya. warna kuning dikulitnya bener2 hilang dalam 2minggu setelah difototerapi. dulu sy ditentang keluarga supaya gausah difototerapi karna buang2 duit, cukup dijemur aja. tp sy gamau ambil resiko dan ikutin kata hati. pokoknya sy ikutin saran DSA yg terbaik.

Baca lagi