tes darah

bun adakah yg sudah hamil 5 bulan tp blm tes darah?, dan apakah tes darah itu wajib buat ibu hamil?? kalau iya bysanya di usia kandungan brapa bulan?

141 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Wajib bun.. Biasanya dari cek darah didapatin ada ibu hamil yg HBnya kurang, itu kasus yg paling sering terjadi, jadi sejak dini bisa diatasi, karna kekurangan HB sering berakitbat fatal saat melahirkan. Dan juga keseringan kasus di sini setelah cek darah ada ibu hamil yg terkena HIV AIDS dan Hepatitis B. Makanya cek darah ini sangat penting sekali dilakukan di trimester pertama dan ketiga, kita jadi bisa tau kesehatan ibu dan janin.

Baca lagi

Klo ditempatku tes darah / cek lab sebanyak 4x Bun yg disarankan oleh bidan .. trimester pertama sekali , trimester kedua sekali , dan nnti di trimester ketiga 2x itu untuk mengecek Hb kita.. soalnya kata bidan knp tiap trimester dicek trs trimester akhir cek 2x karena biasanya semakin tua usia kehamilan kadang Hb bisa turun.. intinya semua itu buat kebaikannya kita biar nnti kita lancar persalinan nya bund....

Baca lagi
5y ago

Tidak perlu puasa bunda .. malah harus srpan dlu ..

VIP Member

Aku juga belum bun. Rencana nya nanti pas 6 bulan aja. Lebih bagus kalau di tiap trimester bun, jadi kita tau perkembangan tubuh kita. Tapi yg palkng penting aih di trimester 2 dan 3. Kalau di trimester ke 2 sudah periksa, kita bisa ditangani secepatnya jika 'naudzubillah' memang harus ada yg ditangani. Kalau di ttimester 3 aja takutnya sudah terlambat karena bayi nya sudah matang

Baca lagi

sya jga udh msuk TM3 bun.. tpi blm pernah cek darah.. gpp gtu ya bun ? bidan nya jga gak nyuruh sih.. tpi aku emg tkut jarum suntik bun.. jdi inisiatif aja biar hb nya ga rendah.. sering kosumsi bayem sama kurma.. trus byk minum air putih bun.. mudah2an hb nya bgus mskipun gak dicek..

Baca lagi
5y ago

Hehe iya bun😁

VIP Member

Sptnya wajib Bu, apalagi utk persiapan lahiran.. Sy jg belum, sama Dokter saya disarankan nanti bulan ke 7, sekalian meninjau kondisi Ibunya sbg persiapan persalinan.. Jd semisal ada hasil yg kurang utk bersalin, msh ada waktu utk menaikkannya, memperbaiki maksudnya.. Semangat ya Bunda!!

Baca lagi

Aku 21w juga belum tes darah bun, pernah waktu uk sekitar 11w disuruh bidan ditempatku tes darah sebelum masuk tm2. Terus aku ke puskesmas tapi dikota suamiku, eh kata petugasnya disuruh nanti kalo udah masuk tm3, katanya prosedur di kota suamiku gitu. Jadi besok nunggu masuk tm 3 dulu

Kata bidan saya si ada dua kali, di TM 1 sama TM 3. Kemarin saya ceklab di UK 9week, buat tes HB, goldar, sama hiv. Kalau di TM 3 katanya lebih lengkap cek darahnya.. tapi ngga tau juga, apa mungkin sesuai kondisi si ibu hamil. Lebih baik di konsultasikan sama dokter/bidan aja bun☺️

5y ago

mungkin bun,

Sebaiknya cek skrg bun, sma nanti skali lgi pas mau lahiran.. krna pntg biar tau hbnya rendah apa ga.. klo hb rendah bhaya soalnya nanti klo lhiran hrus transfusi darah.. cek lab juga bun terutama cek hbsag buat mncegah bayi lahir kuning.. skrg dmn2 byk kasus bayi lhir kuning..

Tes darah harus dilakukan untuk mengecek ada tidak nya siphilis, hiv/aids dan gol. Darah (di cek sekali di awal kehamilan atau periksa pertama kali), cek hb (di awal dan diakhir atau saat mau melahirkan tapi kalau ada indikasi anemia maka dilakukan setidaknya sebulan sekali).

Sebenernya dianjurin bun. Untuk menghindari penyakit menular kepada anak. Misal ortu sakit hiv/sipilis bisa dicegah Dan diberikan penanganan yg tepat biar tidak berefek kepada anak. Jadi sebaiknya dilakukan aja bun.