bayi kuning

bayi saya usia 18 hari, kata orang yg liat bayi saya kuning tapi gak begitu keliatan. cuman matanya memang ga begitu putih. sy jemur tiap jam 7 pagi dan saya asi in 2 jam sekali. katanya harus asiin sejam sekali apa benar ? dan saya harus minum susu ibu menyusui agar asi saya bagus. sebenarnya asi sy lancar bahkan sampai tumpah karna sy ga pompa. apa benar karna kualitas asi sy sehingga anak sy dibilang kuning. gimana ya pendapat ibu2. mohon sarannya ?

21 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Kalau kuningnya kurang dari 24 jam dari kelahiran biasanya memang bisa jadi disebabkan karna perbedaan golongan darah atau rhesus ibu dan bayi bun. Tapi kalau kuningnya setelah itu bisa jadi karna bayi tidak langsung mendapatkan asi, walaupun sebenernya bayi dapat bertahan tanpa minum 3x24 jam sejak kelahiran, tapi itu bisa menyebabkan kuning. Coba sering diasiin bun, paling lama 2 jam sekali aja, terus jemur setiap pagi 15 menit aja, nanti hilang sendiri bun. Tapi kalau tidak yakin bisa cek kadar bilirubin bun buat mastiin.

Baca lagi

Lebih baik cek bilirubinnya dulu. Gak semua kuning beres dengan di jemur dan disusuin. Anakku dulu kuning, lama sampe 5hari di fototerapi padahal bilirubinnya cuma 15, anak lain 1-2 haru udh turun anakku belum, ternyata apa pnyebabnya? Asiku, anakku di diagnosa breastfeeding jaundice, ada salah satu kandungan asi aku yg gak cocok di dia, jadi dia butuh waktu buat menyesuaikannya.

Baca lagi

Anakku juga usia seminggu sempat dibilang kuning (mata aga keruh kuning), kata bidan krna lazy baby. Babyku bnyak bobo dri pada nen Kata bidan suruh bnyk nen, krna bobo terus dan asiku banjir2 jdinya aku pindahin ke botol dan disumpelin ke dede. Sambil marem abis deh tuh dibotol 60ml Alhamdulillah terus2an digempur asi dan dijemur udh ga kuning lgi seminggu kemudiannya

Baca lagi

Untuk lebih meyakinkan baiknya dicek bilirubin saja bun, khawatir memang kuning. Pengalaman saya anak ke 2 juga kuning, dikarenakan gol darah saya O dan baby nya B, pada umumnya kalau dari bunda yang gol darah O dan baby nya bukan O, akan lebih berpotensi untuk kuning. Harus banyak disusui bu, kira2 30-60ml per 2 jam minimal. Semoga bunda dan babynya selalu sehat ya.

Baca lagi
5y ago

Ini yg saya takutkan bun Karna gol darah saya O, Positif kuning kah bun baby nya kalo beda gol darah?

Msih wajar bun. Babyku juga gtu lg baru lahir. Cuma aku jemur dan asi trz lama" hilang, kebuang lewat pup dan urin nnya jd lebih kuning. Sabar ya bun jgn panik, selama kuning nya g smpai kaki itu wajar.

Ga apa" bun yg saya baca klo agak kuning matanya masih wajar. Banyakin mimi asi aja. Klo saya klo di miminya bentar saya jarak 1 jam. Tp klo lama sekitar 10 menit saya jarak per 2 jam hrs mimi asi

VIP Member

Rutin di jemur aja tiap hari 15 menit sama nenenin 2 jam sekali cukup kok, kuning pada mata lama bun anak saya sampe 2 bulanan. Bilirubin nya 20, tapi terapi aja dirumah sendiri sembuh yg penting sabar.

5y ago

Ya jemur aja bun dulu gantian masa bebarengan

jemur 10 menit badan depan belakang dan kalo emng asi kata bidan seharusnya gak kuning, dlu mata anak saya juga gak putih bngt kok Bun tapi Alhamdulillah gak kuning kata bidan

Gpp Bun, susuin trus sama jemurnya jgn bolong2. Kalo khawatir bawa ke dokter bwt cek bilirubin, tapi anakku jga emg kuningnya lama, pas cek bilirubin gak perlu disinar.

4y ago

Sebulan anakku matanya masih kuning Bun.

bayi kuning itu karna fungsi hatinya belum bekerja dengan baik. terus susui bayi. wajib pompa ya bund kalau pd penuh/bengkak, agar produksi asi tetap berjalan.

Baca lagi