Tokophobia

Assalamualaikum... Bun, saya baru hamil 3 bulan tp mikirnya udah macem² aja. Saya sering memikirkan ttg persalinan yg mengerikan, saya selalu berpikir melahirkan itu sangat menyakitkan dan itu membuat saya panik sendiri. Saya memang memiki rasa cemas yg berlebihan, takut melihat darah, bahkan sebelumnya (sebelum hamil), melihat orang hamil dgn perut besar membuat saya ngilu. Sekarang sih saya udah biasa. Tp tokophobia (takut melahirkan) saya semakin parah. Mungkin bunda² di sini pernah mengalaminya. Saya mohon sarannya bun.

3 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sejak sekarang sering-sering nonton video melahirkan yang full senyuman, main gymball, goyang panggul, joget bahkan ada lhoo yang berdansa mesra sama suami. Hal ini agar mbak bisa membuka mindset bahwa melahirkan itu indah, nyaman dan menyenangkan. Baca buku "Bebas takut hamil dan melahirkan" dan buku "gentle birth" biar mbak tau kenapa kita harus berusaha agar proses melahirkan itu menyenangkan, apa dampak nya proses melahirkan terhadap ibu dan janin... Intinya "harus belajar"

Baca lagi
5y ago

Allah kasih kita waktu 40 minggu untuk mempersiapkan persalinan kita mbak. Pendidikan anak dimulai sejak masa kehamilan dan PUNCAKNYA SAAT MELAHIRKAN. Kalau pengalaman melahirkan kita indah maka kita akan bahagia, bayi pun akan tumbuh dengan emosi positif Kalau pengalaman melahirkan kita penuh trauma maka ibu akan trauma melahirkan, tertekan dan bayi pun biasanya akan rewel Jadi sayang banget kalau kita pake waktu 40 minggu kehamilan kita buat mager, nggak mau belajar, nggak mau gerak

VIP Member

berdo'a agar Allah hilangkan pikiran itu bun

berpikir positif, perbanyak istighfar