Hamil Bayi Sungsang

Assalamu'alaikum bunda.. saya hamil 35 w, dan posisinya sungsang sejak usia kandungan 6 bln. Apakah ada yg pernah punya pengalaman seperti saya? Bisakah nanti posisi kepalanya berputar ke bawah dan melahirkan normal? karna kata dokter jika sudah sungsang akan mengambil jalur sesar. Mohon sharing nya. Terima kasih.

262 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

waalaikum slm bunda.. kmaren aku juga sama spt bunda..posisi bayi malah melintang..pada waktu aku usg..itu usia khmilanku 6bln juga..tpi dokter bilang slma air ketuban masih banyak ..insyaallah bayi masih bisa memutar tubuhnya..dan stlah usia kehamilan 7 bulan posisi bayi aku sungsang..nah ini yg pernah bkin aku g bisa tidur tiap malam..yg mengakibatkan tensi aku naik .jadi 150 ...dan aku juga berusaha serta berdoa kpda Allah agar posisi bayi aku normal dan aku bisa melahirkan normal ...dan Alhamdulillah skrang memasuki usia ke hamilan 9 bulan dan posisi sudah normal dgn kpla di bawah stlah aku cek usg ...akhirnya aku seneng banget dan bersyukur .krn Allah tlh mengabulkan doa saya... bunda jug bisa mencoba ..ajak bayi di dlm rahim bicara ...spt( dek .tlg mama ya...kamu mau gk muter kepala kamu ke bawah..biar nnt kamu bisa mama lahiran normal dek)...insyaallah bayi pun akan merespon... dan jika ari2 bayi menutup jalan lahir .mungkin bunda juga bisa mengajak bayi untuk menggeser ari2 nya.. dan kmaren aku buka videonya dr.boyke ..klu jalan lahir tertutup oleh ari2 ..bumil harus sering2 hb sama suami..agar ari2 bisa tergeser...maaf bun..banyak banget komen aku ..tpi smoga saja bermanfaat yg bisa bunda buat masukan aja..☺πŸ’ͺπŸ’ͺ..smoga bunda tetap sehat dn smngat...

Baca lagi

kalo pengalaman saya .. saya dlu di usia kandungan 7 bulan sungsang.. sya berusaha untuk debay mau muter.. udh jalan.. udh nungging".. udh berenang.. ternyata debay g mau muter".. saya cek ke dokter tkt ada kelainan di rahim saya. ternyata menurut 3 dr rahim saya normal.. mungkin ituh debaynya aja bandel..menurut dokter saya harus sc.. karna beresiko melahirkan pantat yg keluar dulu.. waktunya melahirkan.. saya di rujuk ke puskesmas.. dari puskesmas.. saya di rujuk lg untuk ke rs terdekat .. di rs saya.. sama sekali g di kasih perangsang.. kata bidan di sana tunggu dlm 6 jam . kalo 6 jam g ada kontraksi debay g ngajak ngajak saya harus sc .. saya sudah nunggu 6 jam.. dengan kontraksi yang lumayan... saya pasrah untuk sc.. tp 30 menit setelah saya tnda tangan kesiapan untuk di sc... debay langsung ngajak.. yang tadinya mash pembukaan 4... langsung pembukaan lengkap... yanf pasti debay lahir dengan selamat . walau posisi sungsang.. ith pengalaman saya bun.. kita pasrah aja ke allah.. apapun yg di jalanin ith yang terbaik.. berdoa.. ajak bicra debaynya..

Baca lagi

sharing ya, bund... sy wktu UK 32 W dokter bilang sungsang (tapi sy santai aja krn sy yakin anak dlm kndungan sy tau jln mn yg mau dia pilih utk lahir nt) trus, bgtu tau sy sungsang,, bidan pendamping dari kota yg tiap bulan dtg ke rumah itu dah mulai bgung... "gimana sih, mbak... sujud ga sih... dll" sy senyum2 aja, soalny klo mau ngasi tau mbak nya bidan ntar dikira sok pinter. trus pas uk 34 jaln 35 kmrn kontrol dokter, eh puji Tuhan kepala adek udah di bawah... dokter bilang "udah nyicil tenang nih, bu" memang ga semua orang sama, tp sejak awal kehamilan sampai sekarang masuk 9 bulan, sy selalu percaya klo anak yg sy kndung adl anak yg pintar, sehat, dll yg baik2... itu jg yg sy katakan pd janin setiap hari... mungkin bunda bisa mencobanya.

Baca lagi

Aku juga pas 6 bulan sungsang pas 7 bulan dedeknya udah kebawah Bun. Tapi aku gatau sih pas 6 bulan itu sungsang karna bidannya engga bilang dan aku juga bingung harus nanya apa ke bidan karna anak pertama jadi aku cuman nanya "bayinya normal kan" udah gitu aja Bun. Eh pas 7 bulan bidannya bilang posisinya udah dibawah sekarang udah engga sungsang lagi soalnya dia liat catatannya mungkin kalau pas 6 bulan aku sungsang dan disitu aku baru tau😁😁😁 jadi engga ada pernah kepikiran gitu kalau janinnya gimana gimana. Yang penting bunda pikir positif aja Bun, dan banyakin gerak deh Bun tapi jangan sampe kecapean juga. Coba nyuci pake tangan sama sering jalan dan kalau bisa naik turun tangga tuh Bun.

Baca lagi

Bayi saya sungsang pas usia 7 bln, sering di bawa sujud lama sm di ajak ngobrol buat muter, sebulan kemudian dia udah di bawa kepalanya walau masih suka muter.. kata dokter maksimal 36 week kepala harus sudah posisi normal.. cm klo 36 belom normal banyak" sujud lebih sering lebih lama sama berdoa sm Allah bund insyaAllah di kasih kemudahan.. banyak" berpikir positif aja bun bahwa si dedek bakalan ke posisi normal jika sudah waktunya dia keluar, kk ipar saya 38 kepala bayi msh di atas tp menjelang lahir 39 sudah di bawah bund... serahkan semuanya sm Allah, tidak ada usaha yg sia" bund πŸ™πŸ˜‡

Baca lagi

sy pernah mengalami sperti itu, pertama USG usia kehamilan 22 Minggu, kata dokter bayinya Sungsang. trus USG ke 2 usia kehamilan 32 Minggu, lagi2 dokter bilang bayinya koq masih Sungsang. Trus dokter bilang, Jalan satu2nya kita hanya bisa lewat sesar . yah Alhamdulillah selama hamil klo lagi sholat di lama2in Nungging trus minta kemudahan sama Allah, dan sering2 ajak bayi ngomong, elus2 ucapin Bantuin Bunda yah Nak biar persalinan nya lancar. dan Alhamdulillah persalinan Normal, tdk ada Sungsang dan tidak butuh waktu berjam-jam merasakan kontraksi.

Baca lagi

masih bisa buuun, sering2 nungging bener banget kata bunda2 yg lain.. aku jg kmren pas USG masih melintang, skr alhamdulillah dah di posisi yg bener memasuki 35weeks.. dan satu lgi bun, terus positif thinking kita bs melahirkan normal.. kata bidan kesayanganku "hamil dan melahirkan itu proses alamiah, bukan proses medis jd bayangkan yg indah2 aja, jgn bayangkan kalo melahirkan tuh menyeramkan, byk alat2 medis dan lampu2 yg nakutin" ehehehe semangat bun, semoga diberi kelancaran sampai harinya tiba ❀❀❀

Baca lagi

banyakin sujud bun, waktu hamil 36w juga anakku posisi masih melintang bun. dokter juga udh nyaranin sc, tp aku pindah ke bidan rekomendasi temenku katanya masih bisa muter bun. asal kita banyak2 sujud, sesering mungkin bun. jgn lupa si dedek di ajak ngobrol ya bun biar kepalanya muter ke bawah bun. klo bisa si Ayah ajak ngobrol bun tp dengan posisi suara ayah dibawah ya bun, biar si dedek ngikutin suara si ayah. pokoknya bumda harus yakin si dedek tuh cerdas, pasti dy muter klo udh waktunya bun. 😊

Baca lagi

Kl kata dokter kandungan saya dipake buat sujud moms, dulu anak pertama saya juga gtu, ini hamil ke dua saya juga sungsang wktu usia kandungan 6blanan. Trs kontrol bulan berikutnya alhamdulillah sudah di posisi kepala di bawah. Untuk kelilit tali pusar, wktu anak pertama saya juga kelilit moms. Ketahuannya waktu proses melahirkan tinggal tunggu kepala baby turun, tapi lama nggk turun2 dan ternyata penyebabnya kelilit tali pusar. Alhamdulillah bisa lahir normal moms :)

Baca lagi
5y ago

Kelilit tali pusarnya di kepala atau dmn bun? Soalnya sampe 35week ini kepala debaynya aku kelilit tali pusar di leher

Hay bund pas hamil kemarin aku juga sempet sungsang di UK 35week terus di UK 36 week posisi debay sempet muter kebawah tp oblig. Kemungkinan sungsangnya lebih besar daripada muter kebawahnya. Aku dah pasrah sih, tp tetep ku bawa ngepel, jongkok, sama ngikutin yoganya kriwilife, sujud lima belas menit sebelum tidur. Sama ku sounding debay di perut. Alhamdulillah UK 37 week si debay dah posisi di bawah dan kepala masuk panggul. Di UK 38week3day aku lahiran bund.

Baca lagi