hallo bunda,salam kenal ya anak saya umur 4 bln boleh gak dikasih makan biskuit atau bubur?

anak 4 bulan sering gigit jari dan bbnya berkurang apa sudah boleh dikasih biskuit bayi atau bubur

31 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

mang bb nya brp? sering kontrol ke posyandu, puskesmas atau DSA? gigit jari atau masukin tgn ke mulut itu fase oral... bkn anak minta makan.. yg nentuin bole ga nya adlh ahli d bidang tersebut. alias DSA.. kita d sini cm buibu yg sharing pengalaman dan saran semampu nya. untuk bb anak seret, hrs koreksi makan bunda nya bkn anaknya.. ini klo full asi.. klo sufor, cek sufor yg d pake.. kcuali anaknya ud msuk mpasi. baru koreksi makan anaknya gmn🙏 bb seret ga serta merta d booster makanan... ad byk faktor lain dan hrs d cari penyebab ny lalu bs d simpulkan knpa lalu d cari solusi nya bunda. smngat ya.

Baca lagi
VIP Member

Konsultasi dengan DSA mom, karna biasanya anak akan siap mpasi diusia 6 bulan, itu pun ga bisa dijadikan pengganti asi dan tekstur mpasi ga sekasar bubur atau biskuit dilarut air. kalau baby sering gigit jari,itu masuk masa oral. masa dimana bayi menyiapkan diri untuk mengunyah makanan. Pinter bayinya sudah siap2 untuk belajar makan. untuk BB yang turun bisa konsul dulu ke dsa apa tetap kasih asi sesering mungkin atau perlu bantuan sufor. semangat mom, semangat dede bayi semakin pintar 🥰

Baca lagi
4mo ago

tolong di edit supaya tdk menyesatkan sesama ibu. BIDAN tdk ada wewenang utk mengijinkan anak MPASI dini, BIDAN dilarang memeriksa anak dan memberi obat pada anak krn bukan ranahnya. saran MPASI dini wajib dari DOKTER ANAK

bun masukin jari ke mulut belom tentu lapar, itu namanya fase oral. anak saya juga 4 bulan, dan dari dua 2 udah fase oral bukan berarti laper. bisa aja dia sedang belajar menenangkan diri juga bisa. dicek setiap bulan bun bb anaknya, kalo tidak bisa ke rumah sakit atau pukesmas kan bisa ke posyandu untuk timbang bb dan ukur tb nya. untuk mpasi dini, harus dengan saran DSA yaa bun. BUKAN bidan.

Baca lagi

itu fase oral kak. sering masukin jari ke mulu. bukan karena lapar. hakekatnya bayi mulai makan mulai dr 6 bulan ke atas. jika di bawah itu atau ada issue tentang anak bisa konsultasi ke DSA (Dokter Spesialis Anak) yaa. soalnya di umur 6 bulan WAJIB FULL susu. takutnya kalo dipaksa atau dicoba-coba dampak ke depannya ga bagus di kesehatan anak.

Baca lagi

bund.... astagaa... kurang klau itu . nasi goreng skalian🤣 gk boleh bunda syang . byi smpai umur 6 bulan cuma asi/sufor yg boleh. bru 6+ ksih mpasi . bubur atau biskuit yg di jdiin bubur. klau bb si dedek msih normal jngan. tpi klau bb kurang trs mnerus konsul dlu ke DSA . nnti di saranin boleh ksih bubur atau enggaknya.

Baca lagi
TapFluencer

Sebaiknya konsultasi ke dokter dulu kalo mau mpasi dini bun. Saya dapet cerita dari keponakan temen saya yang masuk rs karna mpasi dini. Pencernaan si bayi blm kuat jadi ada darah di pup nya. Bukan nakut²in ya bun, cuma jaga² aja.

TapFluencer

bb nya berapa bun? ohya, mpasi dini harus sesuai dgn saran dokter/bidan ya.. sering gigit jari itu bukan tanda siap makan, tp baby sedang masuk masa oral . itu wajar dan normal sesuai dgn fase di usianya.

Baca lagi
4mo ago

saran dokter anak ma.. bidan gaada wewenang untuk menyarankan mpasi

TapFluencer

Gigit jari bukan tanda harus diberi makan ya bun. Kalau bb kurang coba konsul dulu ke dokter dicari tahu penyebabnya 🙂 agar tidak muncul masalah baru krn keputusan mpasi di usia 4 bulan

Kalau bb nya berkurang dalam 2 bulan runtut. Periksa aja. Jangan apa apa kasih makan. Perbaiki Laktasi nya gimana. Gigit jari ya biarkan mom namanya juga fase Oral nya. Jangan dilarang..

mpasi sebelum 6 bln harus atas rekomendasi dan pengawasan dr DSA. anak gigit jari itu lagi fase oral bukannya pengen makan. kalau ada masalah dg BB baiknya segera konsultasi ke DSA.