anak demam tinggi

anak 15bln panas menurunkn nya pake apa ya bun?? ke bidan sudah namun gk turun²... bikin panik ini bun....

anak demam tinggi
37 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Selamat malam, Bun Bagaimana kondisi Si Kecil? Apakah ada gejala lain? Demamnya sudah sejak kapan? Demam pada dasarnya adalah mekanisme pertahanan tubuh yang bermanfaat untuk melawan kuman. Soalnya kuman subur di suhu rendah, makanya tubuh otomatis menaikkan suhu untuk melawan kuman. Demam tidak berbahaya kecuali suhunya mencapai lebih dari 42, atau hiperpireksia, tapi kondisi ini jarang terjadi karena tubuh kita punya sistem pengatur suhu juga. Biasanya demam akan reda saat penyebabnya hilang. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah usahakan Bunda tetap tenang dan tidak panik. Bunda perlu menyamankan anak krn saat sakit, pasti anak membutuhkan rasa nyaman dan aman. Ukur suhu tubuh secara berkala, catat. Perhatikan gejala-gejala lain yang muncul, catat. Jika anak sangat rewel, Bunda bisa berikan paracetamol sebagai pereda nyeri dan menyamankan anak. Perbanyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Jika demam berlangsung lebih dari 72jam tanpa sebab jelas, Bunda bisa bawa ke dokter untuk menegakkan diagnosis. Waspada tanda kegawatdaruratan. Bunda perlu segera ke dokter jika 1. Demam lebih dari 72 jam, tanpa sebab jelas. 2. Terdapat tanda dehidrasi. 3. Ada tanda kegawatdaruratan, seperti nafas cepat, sesak nafas, penurunan kesadaran, kejang, dehidrasi berat, dll 4. Bunda butuh untuk bantuan menegakkan diagnosis. Anak ke 2 saya beberapa kali demam di atas 39, pernah 40. Saya lakukan hal di atas ? Biasanya saya ke dokter saat ada tanda kegawatdaruratan, saat saya butuh penegakkan diagnosis karena gejala yang tidak biasa, misal terdapat bengkak, takikardi, perubahan tak biasa pada warna kulit, warna urine, warna feses, dll. Semoga Si Kecil lekas sehat.

Baca lagi
TapFluencer

klo pengalaman saya kmren 1.anak panas jgn dipakein baju tebal atau diselimutin ( krn bisa nambah panas n bsa step) tp kta dsa klo dikeluarga ga ada riwayat step kemungkinan step jg jrg jgn jg akin to skin kta dsa skin to skin bsa menaikan suhu tubuh anak krn kan bdn ortunya jg ada panas, kec anak kedinginan baru bole dilakukan. 2.dikompres air hangat kening n ketiaknya 3.diksh paracetamol 4 jam sekali 4.pantau 1 jam sekali suhu tubuh anak 5.ksh air putih atau asi sesering mungkin. anak saya wkt tu panas sampai 39.2keDSA diksh obat masukin kedubur tp panasnya ga turun sama sekali( biasa obat ini lgs ngefek,obatnya hrs rsp dsa beli diRS,ga da klo diapotik) trus 4 jam sekali kasih sanmol selama 2 hari ttp ga turun jg, akhirnya wa kedsa disuruh beli antibiotik setelah minum 2 kali panasnya turun. klo dalam 3 hari panas ga turun2 jg biasanya hrs cek darah

Baca lagi

pernah ngalamin juga bun anak kedua pas lebaran idul adha kemarin. panik bgt krna tbtb demam 39.9 hampir mo 40.0 mlh ? trs saya coba kompres. pake bawang merah minyak juga buat di balur k tubuh. msh ajh ttp panas trs nyoba pertolongan pertama buat k IGD. eh mlh harus ada syarat swabjuga ? disitu saya pulang lg. trs di rumah di minumin trs paracetamol. kompres ttp lanjut. dan ada yg ngsh tau pke telor burung dara+madu buat penurun panas. alhamdulillah dstu s dd sembuh. tapi selang sebulan dd panas tinggi lg. akhirnya dibawa k DSA harus lab. belum sempet Lab dd malah udh smbuh. ??

Baca lagi

hai mama cantik tidak usah panik, selalu sedia penurun panas di rumah ya, untuk penanganan pertama kompres di dahi, bawah ketiak, selangkangan dan telapak kaki kompres cukup air biasa tidak usah pakai es atau pun air panas , kenakan baju yg nyaman tangan pendek tidak usah di selimuti, apabila dalam 4 jam belum juga turun atau ada gejala lain selain panas seperti muntah atau kejang lebih baik langsung ke dokter. lekas sehat ya Dede baby ❤️?

Baca lagi

anak sy prnh demam 39,1 ttp ksh obat paracetamol nya stiap 4jam skli kata dokter klo demam nya tinggi d atas 39 ksh obat nya stiap 4jam skli . alhamdulillah demamnya cuma seharian aja besoknya udh adem tp wktu itu anak ku smbil diare bun. pantau aja 24 jam smbil ksh paracetamol stiap 4jam skli. oya asupan air putih atau asinya kencengin

Baca lagi

sma seperti ank sya mgg kmarin jam 12 mlm kirnya sya bwa ke IGD krn sdh 38.8dikasih obt lwt anus katany biar cpt turun. tp bsk pagi nya msh demam tinggi , sya bwa ke DSA pas disuhu oleh suster sdh agk turun ? ? akirnya ttp cek darah krn panas sdh 3 hari tkut DBD Alhamdulillah hasil normal. sya dikasih tempra + antibiotik &dll

Baca lagi
TapFluencer

pengalaman anak saya juga demam ga turun2 sampai diatas 39. kl sudah begini, lgsg dibawa ke rumah sakit,bukan bidan. bidan itu bukan dokter anak, urusan bidan ya tentang kehamilan. dan kl sdh demam diatas 39, sudah termasuk gawat darurat. ke rs,lgsg ke ugd, nanti bisa klaim pakai bpjs.

dibawa ke rs/dsa bun.. n coba dikompres terus.. wkt itu anak ku juga sempat panas tinggi, pas sampai di rs itu udah tengah malam bun, dsuruh kompres terus n dimasukan obat lewat anus spaya panas tinggi ny turun.. pas dibolehin pulang, itu saya suruh papa ny skin to skin ke anak.

3y ago

mandiin pas siang y.. jngan malam" ?.. itu juga mmbantu reda panas si anak.. anak ku smpet hampir 40° bun, udah gemetaran anak ku untungny g kejang (jngan sampai)

penyebab panasnya apa buk? jika tinggi bgt paracetamol itu per 4 jam tp baiknya lgsung ke igd gapapa lo bun kalau ada bpjs itu udah ditanggung kok suhu sekian sekalian observ knp dia bisa panas bgt yp jika tdk bisa kasih obat bantu kompres hangat jg

Baca lagi

lebih baik periksa ke dokter anak bun, biasanya kalo anak panas lebih dari 39° itu ada infeksi. bayi saya juga pernah 3 hari panasnya ga turun, langsung kr ugd ternyata panasnya 39,2° dan dari pemeriksaan ternyata infeksi saluran kencing.