Mpasi

Anak susah bgt makan.. Dari awal mpasi bisa dihitung brapa suap mkanan yang dia makan. Hancur hatiku bun,, 2 bln ini bb nya trun trus. Sedangkan orang lain slalu blg gpp ga mau mkan, jgn dpksa. Yang penting sehat. Logikanya gmna mau sehat klo ga mau makan dan ga ada asupan nutrisi yang masuk. Saya sudah melakukan percobaan dngan memberi mpasi ke bayi lain yg usianya sama, bayi lain mau tp bayi sya tidak. Sudah sempat ke dsa dikasih vitamin puyer tp ga ngefek. Stiap saat mkir bkin msakan / mkanan apa ya biar dy mau, saat ada ide langsung eksekusi tp hasilnya nihil. Dia ttep ga mau.. Paling nyoba dikit trus dilepeh. Saya harus gimana ya bun.. Pkiran kmna", setress, sedih ???

13 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

hi Mom.. Kunci keberhasilan pemberian MPASI yang optimal adalah 3T yaitu Tepat waktu, Tepat jumlah dan frekuensi, serta Tepat penggunaan bahan pangan lokal yang sesuai dengan budaya di tempat ibu tinggal. Dalam memberikan MPASI, tidak hanya menu makan saja yang perlu dibuat dengan baik, tetapi hal lain juga perlu diperhatikan, yaitu cara pemberian, kapan MPASI diberikan, dimana MPASI diberikan, dan oleh siapa MPASI diberikan. Ibu ataupun pengasuh bayi perlu memahami responsive feeding saat memberi makan bayi, panduannya adalah sebagai berikut: β€’ Suapi bayi dan bantu anak yang lebih besar saat anak makan sendiri. β€’ Suapi bayi dengan pelan dan sabar, bujuk untuk makan tetapi jangan dipaksa. β€’ Bila bayi menolak makan, bereksperimenlah dengan kombinasi makanan lain, tekstur, rasa dan berbagai cara pendekatan agar bayi mau makan. β€’ Minimalkan gangguan pada saat makan (misalnya, hindari makan di depan televisi karena akan membuat bayi lebih memilih melihat televisi dibandingkan makan) β€’ Ingat bahwa waktu makan adalah periode belajar dan penuh kasih sayang , bicaralah dengan bayi dan lakukan kontak mata Gunakan piring atau mangkuk bayi agar ibu tahu berapa banyak bayi makan. Ibu dapat menyuapi bayi dengan tangan yang sudah dicuci bersih atau menggunakan alat makan seperti sendok. Alat makan disesuaikan dengan umur bayi, sendok kecil dulu baru kemudian dengan sendok besar atau garpu. MPASI dapat diberikan kapan saja, pada waktu yang nyaman untuk ibu dan bayi. Apabila bayi ibu mau menyusu dulu baru kemudian makan, atau sebaliknya, tidak apa apa. Menyusui bayi tetap semau bayi, tidak perlu dibatasi hanya beberapa kali dalam sehari, atau ditakar jumlah dan frekuensinya. coba dievaluasi kembali.

Baca lagi
5y ago

dalam fase MPASI, orang tua dan anak sama2 belajar.. wajar kalo takut, tandanya sayang sama anak.. tentang stunting sendiri, ada baiknya mengenal dulu cara mendiagnosa stunting Mom, agar kita jadi ga khawatir..

Anaknya suka buah ga bunda ? Anak sya sdh 3 hr ini jg susah makan bund. Tp sya pancing dgn buah kesukaannya. Buahnya sya campur dgn buburnya atau langsung sya ksi gtu aja. Jd buburnya ada rasa2 buahnya. Hehe.

bunda atau suami pnya riwayat alergi tdk??? kl mau konsul lg, ke dsa tp sub spesialis alergi atau saluran cerna. jika di domisili jkt bisa ke dr widodo judarwanto rs bunda, dia dsa sub spesialis alergi

sama bunda, anak saya udah mau 7bulan, tp mpasii. a susah, klo mkana yg kita makan" dia mau, pling cmn dkit udah gt di semburin .. kayak yg nyoba doangπŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

D kasi temulawak manis bun ank sy dly gt trs tak coba dkasi temulawak manis lgsung lahap

VIP Member

coba tekstur nya dibuat lebih cair bun, nnti pelan2 baru ditingkatkan tekstur nya

VIP Member

lidahnya putih gak bun, klo putih kemungkinan ad infeksi jamur jd gak enak mkn bun

5y ago

jangan dikasih kerupuk bun. justru jadi gamau makan anaknya.

VIP Member

untuk konsultasi, baiknya dilakukan untuk cari penyebabnya apa..

VIP Member

ud dcobain smua jenis makanan bun?

VIP Member

Terimakasih bunda" semuanya 😘