Demam

Ada yang tau istilah gabaken? Anakku abis demam sekitar 4 hari, muntah, diare.. Sudah ke sda Alkhamdulillah demam turun. Trus muncul bintik2 merah di sekujur tubuh. Katanya orang tua itu gabaken. Ndak boleh kena air dulu ndk boleh mandi. Ada yang punya pengalaman yang sama kah? Sharing bund..

Demam
1 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Bunda, dengan gejala seperti itu, biasanya itu gejala infatum roseola. Ini penyqkit disebabkan virus yang memang mudah menular, karrna bisa menular melalui bersin atau batuk anak lain yg terjangkit. Gejalanya demam mendadak selama 3-4 hari, lesu, mual, muntah. Setelahnya demam turun tapi kemudian timbul bintik merah sekujur tubuh dan muka. Tapi kalau sudah keluar bintik merah/ruam insyaAllah artinya sudah tahap penyembuhan. Bintik merah akan hilang dlm 3-5 hari kedepan dan biasanya tidak membekas. Ini bukan campak ya Bun, hanya mirip. Dan memang yidak ada vaksinnya. Tidak perlu pengobatan khusus. Hanya perlu obat penurun panas saat demam terjadi, kompres air hangat, dan bisa ditambal obat anti mual. Malah bayi seperti ini perlu mandi air hangat disaat demamnya sudah turun. Bila masih ada mual, maka anak makan / minum susu sedikit2 tapi sering.

Baca lagi
3y ago

sama banget..persis kejadian di anakku 3hari demam, panasnya sampai 39,2°C aku takut sampai tak bawa ke RS dan sampai diinfus selama 1hari. selesai demam turun, sehari kemudian muncul bintik bintik merah. anaknya nggk ngerasain sakit atau gatal, ku kira alergi susu formula karena hari itu juga dia baru pertama kali minum sufor ternyata gabaken.