Bayi turun kebawah

2 hari stlh lebaran dirumah mertua kmrn aku disuruh mertuaku buat pijat sm paraji (dukun hamil) krn badanku pegel semua. Niatnya mertuaku kan aku dipijit dibagian yang sakit (pinggang dan pinggul terutama) tapi sama si parajinya cuma dipijat bagian" titik yang ketahuan ada keluhan disana. misal tulang belikat kanan (kata parajinya situ bagian jantung, aku gampang kagetan, dn itu ngaruh ke bayinya katanya) sama pijat bagian atas pinggul kanan (titik lambung, lambungku memang udh parah). Baru 2 titik yg dipijat aja aku udh teriak" kesakitan, tp sambil kuselingi ketawa Nah setelah itu, aku disuruh tidur terlentang, dicek kondisi bayinya. Si parajinya kaget dong krn ternyata penyebab aku gampang kesakitan bagian pinggang dan pinggul itu krn bayinya dibawah (mungkin maksudnya melorot, bukan masuk panggul). Akhirnya perut aku diurut keatas. Dan itu... Sakiiitnya luar biasa, berhari" bagian yg diurut pake jarinya itu msh sakit bgt. Bayangin bun... Yang diurut bagian kandung kemihku. Diurut dalem" keatas 😭. Orang mana yang g teriak" kesakitan??? Disini aku udh g bisa teriak sambil ketawa lagi. Tp teriak sambil lemes kek org mau mati rasanya 😭 Reflek lah aku rada ngeden. Niatku bukan ngeden, tp krn aku nahan sakit jd kyk teriak bilang "eeekkk (sambil ngeden kesakitan ngucapinnya)" gt... Malah si parajinya ngomel" g tau ngomong apa, pake bahasa sunda soalnya. Suami terjemahin dikit" .. katanya, "kamu itu diurut biar bayinya keatas, kamunya malah ngelawan (ngeden) jd bayinya turun lg. Lemesin... Lemesin..." Ya aku EGP lahh... Pokoknya aku kesakitan ya aku ngeden. Tp makin aku bertahan makin dimarahin... Yaudah akhirnya aku bener" g kuat, aku lemes sambil pegangan tangan suamiku, dn suamiku yang lihat pun ikut g tahan sakitnya. G tega.... Bahkan ipar" aku yang kecil" malah jadi kepo ngintip" kedalem. Palagi yg umur 2 th, mukanya kemal bgt pen kucubit pipinya tp dah lah aku dah lemesss 😭 Disitu cmn 1 yg kupikirkan, "Ya Allah... Anakku ya Allah... Diapain ya Allah..😭" Nah hbs tu krn susah bgt ngurusin aku, jdlah diurut keatas cmn setengah aja. Sbnrnya msh kudu diurut sdkt lg krn sdkt lagi bayinya udh bener posisinya. Cm aku g mau lanjut... Ini beneran sakitttttt 😭🙏 Trus aku jadi mikir, emg bener ya klo bayinya turun itu bikin sakit"? Tp bukannya ibu hamil keluhannya ya begitu? Trus klo diurut keatas, emg bakal permanen? Kan namanya bayi ya berat, pasti lama" juga turun... Besoknya aku ke bidan, dan ngeluhkan ini itu, aku cepuin parajinya ke bidan, kata bidan emg harusnya g boleh dipijat. Trus sm bidan dikasih obat buat ngurangin pegel" Ahhh aku rasa kok kyk percuma aja manggil paraji, maunya umi mertuaku biar aku g sakit" lagi krn liat aku sehari sblmnya dikamar terus, keluar cm ke km, wajahku pucat pas papasan sm mertua, tp aku g enak klo g senyum sambil ngelewatin beliau... Akhirnya besoknya udh mendingan, ditanya lah aku punya keluhan apa... Trus lgsg dipanggilin paraji sama bapak mertua Eh malah semuanya kacau !!! Badanku malah sakit semua 😭😭😭 Haduh maaf bunda", aku jadi curhat... Soalnya kesel bgt.... Tp emg bener g si, klo sering pegel bagian pinggang dan pinggul itu krn bayinya turun (melorot)? Emg klo bayinya turun bahaya? Dan apa solusinya itu dg cara diurut keatas? Yg penting bkn kepanggul aja menurutku aman" aja kan ya... Toh aku msh di uk 30 waktu itu. Huhuuu kesel bgt sumpah 😭🙏 Makasih banyak bunda" yang udah mau baca curhatanku, yang kasih masukan dan saran... Beneran lg kesel bgt soalnya klo nginget" kejadian itu #SeriusTanya #Sharing_dong_Bund #bantujawab #ingintahu #newmom #bantusharing #firstmom Edit : Makasih banyak bunda" yang udh komen... Terimakasih atas saran" dan do'a"nya.... Berasa sehati dech 🥹. Ada yg nanggepinnya kalem ada yg nanggepinnya greget 😂. Maaf ceritaku jadi bikin emosi 😅. Jadi gini, aku tau klo dipijat dibbrp area memang g boleh. Tp dg dipanggilkan paraji kukira bisa relaksasi sebentar lag... dipijit pelan" krn katanya beliau udh pengalaman. Dan bumerku juga mikirnya gt, bakal dipijit pelan" biar keluhannya mereda sementara krn di kampung suamiku jauh banget mau ke kota buat sekedar ke puskesmas aja.. apalagi ke RS buat usg. Emang kampung suami tempatnya pelosok bgt. Ke bidan aja jaraknya kisaran 3 kiloan dan itu jalan batu... Jadi tiap naik motor di kampung suami perutku kenceng" terus krn jalannya naik turun dan berbatu. Buat kebidan saat itu juga kurang memungkinkan krn kondisiku lg pegel". Jd kami pikir panggil paraji dulu, besoknya baru ke bidan. Alhamdulillahnya sampai sekarang babyku masih sangat aktif. Banget bahkan... InsyaAllah secepatnya mau usg, tp nunggu pindah faskes dulu biar lebih dekat ga jauh" naik motor

90 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya juga sering bund pijet hamil. Dari kehamilan pertama sampai skrang kehamilan ke 3, kalau disini malah biasa karena emang pijetnya ke dukun hamil perempuan. Kadang malah bidannya rekomendasikan pijetnya ke itu atau ke sana, karena pijet itu gk sembarangan. Dan biasanya emang gk sakit tidak sampek di tekan kedalam tidak di uleg uleg, biasanya saya kalau pijet kalau uda TM 2-TM3 6-9blanan, untuk membenarkan posisi janin. Kadang ada kan keluhan di 35minggu janin masi miring dan sungsang kadang ada yg kepalanya malah miring ke paha. Nah itu aja yg di benerin posisi janinnya cuma gak sampek masuk tangannya kayak di elus aja kalau sungsang dari atas itu dielus ke bawah ☺️. Kadang bagian pinggang juga di pijet enak banget😅, Cuma memang buat pijet itu agak sensitif si karena pasti orang yg cerita lebi ke kayak malah sakit kebanyakan. Jadinya bikin takut ke yg lain apa lagi parnoan, jadi kalau sblm2 hamil belm pernah pijet mending jangan pijet. Yg ditakutin bukan malah dapat tukang pijet yg pengalaman masalah kehamilan, disini tukang pijet banyak macamnya soalnya. Kalau kusus badan ya badan aja, kusus masalah keseleo, kusus pata tulang, dan kusus hamil itu saat lahiran malah mandiin bayi juga sampai 40 hari ☺️

Baca lagi

mba, aku juga kmarin d pijat tp klo bagian perut cuma kya d elus2 doang.. gak smpe ngrasa skit, trs mijetnya juga gak nyampe trasa skit kya gtu biasa tnaganya.. itu ko smpe krasa sakit kya gtu.. trs lain x hrus bsa lbih tegas kita hrus brani klo emng skit ya ga usah d trusin tkutnya knpa2..trs hbis pijet lanjut usg dan trnyata emng wjar umur sgtu ad kluhan skit pinggang badan krna si tubuh kita lagi melebar bradaptasi.. posisi bayi sungsang kpala d atas jdi neken k ulu hati, kaki d bawah jdi nendang2 k area bwah dan bkin kmaluan sakit.. dari dokter sruh prbnyak minum aja sma senam hamil ssuai usia kandungan biar otot kita relaks gak tegang.. saran aku mnding bnda skrng usg k dr spog buat mastiin janin baik2 aja.. krna pijat tuh bukan solusi hanya sbatas relaksasi smntara.. klo k dokter nnti dpat arahan dan vitamin itu bsa lbih baik k badannya

Baca lagi
4w ago

bner tu Bun , aku kmren juga turun ke bwah di pijat juga tapi gak ad rasa kyk di elus" gitu gak sampe sakit . malah sampe aku ketiduran , bagian panggul juga di pijit tapi kyk orang pkek in lulur ,krna GK boleh sembarangan pijat perut .

Ibuuuuu kan ibu sendiri diatas bilang ya klo pegel bagian punggung dan pinggang karna janin makin besar adalah wajarr, trs kenapa malah mau aja diurut ya Allah bun😩 menurutku mertua bunda cuma mau ngeringanin aja rasa sakit yg bunda alami, gaada niat buat celakain janin atau bunda. Tp ya namanya paraji kan emng gtu bun, semua paraji pasti bilang klo bayinya turun harus diurut ketas biar d benerin, pdahal jg gaperlu. Dan karna mngkin mertuanya gangerti jd iya* aja. Kan bayinya emng mau lahir makanya turun k panggul, gaada tempat lain selain panggul bun😥 Trs sekarang gerakan janinnya aktif ngga bun?? cepet* k obgyn trs usg ya, takut knapa* janinnya Semoga baik* aja semuanya, dan jangan diurut lagi ya bun, pinggang sma panggul jg gaboleh diurut

Baca lagi

kalo saya lebih suka suami yg mijitin bun. karna langsung kena ke titik yg sakit dan mijitnya di ulang" sampe saya tertidur. beda ana nyuruh orang mijit. kadang bagian yg sakit gak ke urut. misal ke urut cuman sekali dia kali aja. saya lebih parah bun. kalo hamil sampe gak bisa jalan. kalo tidur gak bisa bangun sendiri. jadi harus di tolong suami. kadang kesel banget kalo ada yg ngatain saya manja, kurang ajar karna apa" suami yg ladenin. orang suami saya seneng" aja bantuin saya. karna dia tau saya gak bercanda tapi sakit beneran. kadang mau angkat kaki buat jalan aja sampe saya nangis" gak bisa. kadang suami kasihan mau di gendong. tapi saya gak mau takut jatuh 😂 bersyukurlah yg sedang hamil tanpa drama.

Baca lagi
VIP Member

uk 30w keluhan sakit pinggang sm pinggul itu wajar bgt krn bayi tambah gede otomatis rahim sama organ sekitar semakin berat tumpuannya. aku udah 3x hamil keluhannya pun sama setiap hamil udah mulai gede pasti area disitu yg sakit bukan krn bayinya turun atau gmn, apalagi yg hamil ke3 kemaren bahkan tulang bokong pun nyeri setiap dibawa bangun dari posisi rebahan/duduk udah kaya nenek2 tp begitu udah melahirkan semua keluhan diatas ilang. next mgkn bisa lebih tegas lagi bun bilang maksudnya mau urut badan bukan urut perut krn namanya paraji ya dukun bayi jd taunya mau urut perut, untung bundanya gak kenapa2 kalo lg apes plasenta bisa lepas bahkan rahim bisa robek loh gara2 urut perut pas hamil

Baca lagi
1mo ago

iya bun... niatnya mau pijat punggung. tp krn dia ngira penyebabnya bayinya turun, ya otomatis yg jd penyebab itu yg ditangani. euh... nyesek rasanya. padahal selama ini aku menghindari bgt pijat perut krn pernah liat komenan ibu" hbs dipijat, tali pusatnya jd lengket

kalau sy pijet gt malah stlah mlahirkan bun.. pijet tiap hari smpe slesai puputan.. sy yg gk prnh pijat.. eeh di pijat gt ksakitan dan kegeliaan😅 smua bdan di pijat emg enak sih di bdan.. tp pas bgian perut yg kyk bunda tu.. skit bngt.. di ksh naik biar gk cpt hamil lg ktnya😌 sy cma mau brbagi crta aja bun .. kita cara dipijatnya sama tp tjuannya beda... emg alagkah baiknya lg hamil jgn pijat2.. mnding lgsung usg aja utk lht keadaan bayi.. dan nti bsa smpaikan keluhan kita di dktr lalu di ksh resep... wajar jg lw ibu hamil bdannya skit2. pegel2... sy jg slama hamil bnyakan rebahan apa lg smnjak msuk tm2 tm3 rebahan tok dan mengeluh trus krjaannya ? sehat2 ya bunda dan babynya😇🥰

Baca lagi

Tetanggaku ada lagi hamil udah mendekati persalinan juga katanya gitu bayinya melorot terus besoknya malah ga gerak-gerak meninggal di kandungan padahal sebelumnya sebelum di pijat baik-baik aja bayinya masih aktif di perut. Aku setuju si sama dokter kalo lagi hamil ga boleh di pijit perutnya buat mencegah hal-hal yg tidak di inginkan terjadi. Sekalipun bayi melorot dan misal ga bisa lahiran pervaginam itu ga jadi masalah jangan menghalalkan segala cara buat maksa lahiran normal sampai di pijit-pijit yg ga tau nasib si janin seperti apa setelah di pijit. Beryukurlah bunda kalo yg udah pernah di pijit-pijit gitu tapi bayinya ga kenapa-kenapa.

Baca lagi
TapFluencer

.kalo aku buat yang langsung USG sih, gila aja di pijet kaya gitu, mau mau aja juga. kalo pegel" mah wajar.. ngapain juga di naik" kan, toh bakal keluar bayinya juga dr bawah, nggak keluar dr atas. baru hamil aja udah di suruh pijat kaya gini, saran aja bsk setelah lahiran kalo di suruh hal" atau mitos di luar nalar jangan mau, kalo ada apa" resiko di tanggung ibu nya lho, orang" mah bodo amat, kitanya yg di salah" in dikira nggak becus, saran saya ni ya, segera USG, dan bsk kalo lahiran jangan percaya mitos".. kalo nggak tau mending tanya dokter, harga dokter paling cuma 100-200 kok, lg an ada BPJS gratis juga, jangan ambil resiko lebih..

Baca lagi

duhhh, hamil jgnlah pijat2 perut. dokter aja ngelarang loh. kalo pegel dan sakit pinggang ya wajar. solusinya bukan dipijat tapi olahraga! yoga, peregangan, dilatih pelan2 tubuhnya. bukannya sok2an ataau gimana, aku selama hamil minim keluhan krn aku belajar buat nyiapin tubuhku. rajin stretching, dan yoga 3x seminggu. latih otot2 ligamennya. badan enteng, minim keluhan, bonusnya tidur ttp nyenyak, ga ada sakit tulang atau pegel2. banyak kasus perut dipijat plasentanya lepas bun, emang ga takut? kalo aku si udah 2024 ini lebih percaya dokter dan ngikutin perkembangan jaman. jangan diulangi ya bun, semoga bunda dan debay sehat selalu 💛

Baca lagi
4w ago

mungkin bisa konsultasikan sm dokter bun saat periksa, barangkali bunda perlu tambahan dosis cal jd 2x1. aku ga ngebayangin bun itu pas diurut sakitnya kaya apa. aku hamil, orang mau pegang perutku aja aku ga bolehin apalagi dipijat huhu.. kasus tetanggaku mirip bunda juga, mau lahiran dibilang posisi masih sungsang dibenerin lah itu dipijit perutnya diputer posisi bayinya, tp pas usg bayinya masih sungsang tuh, dan krn g ada pembukaan, ttp aja berakhir SC, pas anaknya lahir tetanggaku di omelin dokter, dijejelin byk pertanyaan abis diapain perutnya krn anaknya lebam2, ngakulah dia abis dipijit, dibenerin posisi bayinya.. dokternya ngomel2 bun. jd pijat gt tuh bisa bikin bayi ddlm jg kesakitan bun.

duh bun aku emosi loh bacany, ibu hamil ya emg udh psti bakal sering pegel” apalagi sakit pinggang. tp bukan berarti bayiny turun🫠 aku jg ngerasain soalny pegel” sampe pinggang rasany sakit bgt, tapi dokterku bilang itu normal dan janin gada masalah posisi atau apalah itu. orang” sekitar sering bgt nyuruh pijat pijet lah hdhh aku sayang badanku dan bayiku jadi aku bebas untuk nolak. aku konsul kedokter toh aman dan aku mandiri perbaikin postur tubuh dan banyakin yoga. alhamdulilah udh gapernah sakit pinggang dan + nya badan jg jadi enak banget. jgn lupa makan bergizi dan banyk minum air putih.

Baca lagi