apt. Citra Zara Kantary profile icon
PlatinumPlatinum

apt. Citra Zara Kantary, Indonesia

Anggota VIP

About apt. Citra Zara Kantary

Apoteker, Fulltime Mom, Hommy Cheff

Posts(10)
Replies(267)
Articles(0)

Cerita Pentingnya MengASIhi

Jatuh bangun menyusui saya dimulai sejak awal saya melahirkan Razky. Belum sekakipun saya melihat Razky waktu itu, anak saya terpaksa harus pindah ke RS yang lebih besar karena tidak ada ruang nicu di RS tempat saya melahirkan. Saya yang harus berbeda rumah sakit setiap hari harus memompa asi yang hanya keluar tetes per tetes dan mengirimkannya ke RS tempat Razky di rawat. Sampai di hari ke 3 akhirnya kami berjumpa, asi saya belum juga keluar dengan deras, tapi saya bersikeras untuk terus menyusui. Sampai pada akhirnya dengan izin Allah SWT Razky sembuh dan dapat kugendong untuk yang pertama kali di hari ke-16 perlahan asi saya mulai lebih banyak diproduksi. Ternyata perjuangan tidak berhenti disitu saja, saat itu saya masih menjadi ibu pekerja. Setelah lepas 3 bulan masa cuti saya, saya terpaksa harus meninggalkan Razky untuk bekerja, namun persediaan susu asip saya tidaklah banyak. Orang sekitar saya terus menyarankan agar saya menggunakan sufor sebagai alternatif agar bayi saya tetap dapat asupan dikala asip saya tidak mencukupi. 2 bulan tepatnya saya merasa bimbang akhirnya saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan saya sehingga saya dapat menyusui Razky dengan leluasa. Sungguh proses ini tidaklah mudah, banyak tahapan sulit yang harus dilewati, saat air susu tidak keluar dengan lancar, saat saya harus mengalami mastitis, saat menghadapi nyinyiran orang sekitar, saat menghadapi gigi anak yang baru tumbuh, saat anak lebih senang bermain pada saat proses menyusui ketimbang menyusu dan lain sebagainya. Alhamdulillah proses ini dapat saya lalui, hingga usia Razky 22 bulan hingga Razky tumbuh menjadi anak yang lebih sehat (tidak gampang sakit), pintar dan ceria. Namun proses menyusui ini terpaksa harus dihentikan lebih cepat karena saat itu saya sudah mengandung anak ke 2 dan masuk usia kandungan 4 bulan. Kurang lebih 1 bulan lamanya proses saya menyapih Razky, hampir setiap malam ia harus tidur karena kelelahan menangis. Padahal sudah saya pelajari dan sudah saya praktekkan teori menyapih dengan cinta namun benar, praktek tidak selalu seindah teorinya. Alhamdulillah semua sudah saya lalui, dan saya siap menjalani pengalaman baru untuk menyusui anak ke-2. Salam mengASIhi, #PentingnyaMengASIhiTAP

Read more
Cerita Pentingnya MengASIhi
 profile icon
Write a reply

Yang Udah Punya Pengalaman Nyapih Bayinya Boleh Sharing Dong Moms ?

Hari ini pertama aku nyapih si abang (umur 20 bulan), sebenernya bukan maunya aku juga sih, lebih ke maunya orang tua juga mertua (takut susunya ga baik lagi, dan lain mitos lainnya yang mereka percaya). Awalnya aku ngga sependapat juga, menurutku masih bolehlah anak nyusu saat lagi hamil, asal ngga gizi tercukupi juga selama ngga ada masalah sama kehamilan yang lagi d jalani. Tapi makin hari aku makin kasian, mungkin produksi asiku berkurang, taunya krn tiap nyusu si abang selalu rewel jadi aku ikutin juga saran orang tua untuk nyapih. Sekarang kehamilan aku udah mau masuk minggu ke 8, aku udah mulai sounding dari pertama aku testpack dan ketauan 2 garis tapi tetep aja sebelom tidur atau pas bangun malam si abang selalu bilang "mah... nen" ya mau gimana lagi, terpaksa aku kasih kan baru sounding-sounding aja. Tapi semalem baru bener-bener aku mutusin "ok, aku akan nyapih hari ini" berbekal masukan dari banyak pihak aku mutusin untuk membaui payudaraku dengan sesuatu yg menyengat (aku pakai minyak cap kapak) aku bilang ke anakku "abang nennya di simpen untuk adek ya" tapi tetep anakku minta "mah... nen" saat aku buka payudaraku dia bilang bau (karena udah aku oles minyak tadi). Biasanya dengan nen tidur paling lama 15 menit, barusan untuk tidur siang butuh waktu lebih dari 1 jam untuk main sampe dia capek dan lupa sama nennya, awalnya rewel banget, bolak balik bilang "mah... nen" tapi aku bilang "nennya bau" dia juga cium baunya dan emang ngga mau, tapi makin rewel dan akhirnya capek sendiri kemudian tertidur sendiri. Sempet ada perasaan sedih, kasian toh tinggal 4 bulan, tapi aku ambil haknya lebih cepat. Malam ini dan 3 malam berikutnya mungkin jadi penentu keberhasilan penyapihan aku ?, apakah akan berhasil atau aku akan luluh. Buibu yang punya pengalaman nyapih boleh dong sharing juga disini, terima kasih.

Read more
 profile icon
Write a reply