sc

yg pengalaman sesar gmn perasaannya pas masuk ruang operasi.. apakah boleh ada yg nemenin dan apa benar saat selesai operasi efek obat bius habis gmn rasa sakit nya.. sharing dong bun.. soalnya tgl 10 besok jadwal untuk SC??

42 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Rasanya kaya ada penyeselan dalam diri πŸ˜‚ Why why why... Bukan karna takut sakitnya, tp takut pemulihannya yg lama πŸ˜† Aku orangnya ga bisa diem soalnya dan ngiluan ngerian juga πŸ˜‚ Ga kebayang kalau ada luka besar di perut gitu πŸ˜‚ Di ruang operasi hanya ada nakes ajah.. Pas dibius ga kerasa, karena pikiran udh fokuas dibelek, jd pas dibius santuy πŸ˜‚ Tp kata ibuku sih emg sakit, smpe ibuku dibius 2 kali krna yg pertama gagal... Pas dioperasi kaki kesemutan, badan menggigil.. Pas dede udh keluar, perut terasa kaya diobok2 ditarik2, dan karena aku pendarahan, jadi dikasih bius terus lewat tangan, yg rasanya ngilaaauu syekalee 🀣🀣 entah dikasih berapa kali πŸ˜… Dan krna masih pendarahan pas operasi, aku smpe dikasih obat tambahan pula, dikunyah 2 butir yg rasanya hambar Di ruang pemulihan menggigil parah dan tensi tinggi .. Yg katanya biasanya 30menit selesai, aku nyaris 2 jam baru keluar buat bisa ketemu ibu dan suamiku Pas aku ketemu ibuku, aku langsung nangis karna masih menggigil, dan ketika ibuku pegang tanganku, aku langsung bisa nafas lega 😭😭😭😭 Setelahnya yaa menggigil terus smp ruang inap Biusan hilang, ya sakit di jahitan.. Dan pantat sakit bgt juga πŸ˜…πŸ€£πŸ€£ 6 jam setelah operasi disuruh gerakin kaki Besoknya disuruh miring kanan kiri dan duduk Besoknya lagi disuruh jalan.. Kalau belajar jalan rasanya manteeeb banget πŸ˜… TAPI BUNDA JANGAN TAKUT YAH,karena setiap proses kondisi orang beda2.... Kebetulan kasus aku agak apes ajah πŸ˜…πŸ€£πŸ€£

Baca lagi

Aku sc bun kemarin maret 2020 dari pengalaman ku gak ada yg boleh masuk bund ke ruang operasi. Pertama kita di cukur dulu bulu kemaluannya, trs nnt kita masuk ke ruang observasi dulu sambil dr dan perawat nyiapin ruang operasi kita di observasi dulu tekanan darah, suhu dll ruangannya dingiiiin bangeeet. Gak lama kemudia aku masuk ruang operasi di dalem ada dr anastesi 1 trs asisten dokter 1, perawat bayi 1, perawat lainnya 2 dan dokter bedahnya 1. trs aku di anastesi di punggung gak lama kemudian kaki lama lama kesemutan trs jadi baal rasanya gak bisa di gerakin sma sekali dan klo di sentuh rasanya kaya kesemutan di bagian yg di sentuh. Trs mulai operasinya deh bund gak sakit memabg tapi aku rasa kaya perutku di ubeg2 itu berasa hohoho trs mual. Trs dedw keluar denger tangisannya dede uuuh sampe nangis aku saking bahagianya.. udh selesai operasi aku di bawa ke ruang observasi lagi, nah di ruang operasi ini aku rasain pusiiiing bgt muall banget tapi gak bisa muntah. Disini beda2 respon tubuhnya bund, ada yg operasi barengan aku dia gak ngerasain mual tapi dia kedinginan sampe menggigil gtu.

Baca lagi
4y ago

saya pas oprasi berlangsung juga muntah banyak bund... saya juga menggigil pas diruang observasi mana saya oprasi yg trakhir jd saya disana sendirian.

pengalaman saya kemarin sc boleh di temani suami asal suami test swab. (ini tergantung RS nya boleh di temani atau tidak) . lalu pas masuk ruang operasi dag dig dug. pas di bius jg gak kerasa sama sekali suntikan nya. bahkan saya yg nanya 'ini udah dibius kan? ' saking ga berasanya klo udah disuntik. trs baru deh gak lama kesemutan. lalu pas di operasi nya mah ngga ngerasain apa apa karena dibius.. pasca operasi diruang pemulihan memang dingin banget sih. tp saat itu saya gatau udah hilang atau belum efek biusnya. lalu saya dipindahkan kembali ke ruang inaap. disitu saya ga ngerasa sakit sama sekali bekas jaitannya. setelah 6 jam disuruh miring kanan kiri pun ngga sakit banget, rasa sakitnya kayak mau haid aja gitu nyeri nya. pas belajar jalan, jujur yg sakit bukan jahitannya. tp pusing nya. kaya mau pingsan gitu. mungkin karena setelah dibius semua organ mati rasa, lalu dipaksa buat jalan. jd seperti mau pingsan aja. perut si aman aja, seperti yg saya bilang rasa nyerinya kaya sakit haid aja.

Baca lagi

Sebelum masuk ruang sc rasanya luar biasa soalnya masih ada efek obat untuk induksi, pas masuk ruang sc langsung d bius d masukkan lewat punggung, setengah badan mati rasa, tapi aku melek dan tangankupun masih bisa gerak, selama sc aku ga bisa tidur malah takut kalo tidur takut kebablasan wkwkwk, kerasa peut d tarik” tapi ga sakit, pas dedek bayi keluar bisa lihat terharu banget mo mangis rasanya.. trus selesai masuk ruang observasi rasanya dingin banget efek obat bius katanya... nih setengah badan masih berasa lumpuh, Pas masuk kamar rawat efek obat biusnya udah ilang tapi di suruh langsung belajar miring kiri miring kanan masih agak cekit” jahitanyya tapi harus trus mencoba brtahap blajar duduk hari ketiga belajar jalan dan udah boleh plang, pas plang jalan udah biasa dan udah ga sakit.. kadang” aja sakit

Baca lagi
4y ago

@bunda dara iya bund alhamdulillah udah bisa aktivitas bisa @bunda Indah engga bund, aku cuma d cek nya sebelum sc soalnya aku sbelumnya d induksi biar bisa lahiran normal trnayat ga bisa bukaan ha maju dan aku dah kehabisan tenaga ketuban juga udah pecah akhirnya tindakan sc

VIP Member

Saya sc kemarin sendirian masuk ruangan di temenin dokter dan bidan/perawat aja, mencoba rilex, masuk bius lumayan cepet kalo gantuk jangan di tahan akhirnya saya tdr, bangun2 masih di ruang oprasi tapi udah di selimutin mau di bawa keluar di ruang pemulihan berusaha gerakin kaki, kaki udah bisa gerak2 di bawa keruangan, jam 11 mlm saya baru boleh makan, abis makan mulai bius seluruh badan ilang, rasanya gurih gak bisa bangun cumabisa nahan sakit sambil nangis... Abis itu di kasi penghilang rasa sakit, tdr deh 5 hari di rs soalnya pemulihan saya agak lama sama menghabiskan antibiotik buat baby aku ketuban keruh waktu lahir jadinya setiap hari suntik antibiotik

Baca lagi
2y ago

sm bun .aq jg tertidur gt pas operasi...kapan bunda pertama kali melihat baby...kl aq d ruang observasi .. sktr 10 mnt sehabis kelar operasi...di ruang operasi aq gk sadar

VIP Member

aku Sc belum ada sebulan bun. Suami nunggu di luar, di dalem ada sekitar 5 orang. Prosesnya gak sakit (krn udh ngerasain kontraksi yg lebih sakit), pasang selang kateter, suntik bius dr punggung jg gak sakit, cuma pas obatnya masuk langsung kaget di kaki kyk kesemutan. Kalau efek bius habis emang disitu nikmatnya bun, sakit panas perih ( bukan buat nakutin2in, tp biar siap mental aja). Tp sakitnya tetap bisa ditahan kok, 24 jam harus sdh bisa miring kanan kiri sama duduk 😁😁 sakit tp kudu dipaksa. Tp gak usah takut ya bun, sakitnya berangsur2 menurun tiap harinya. 2 minggu pasca operasi udah enakan badannya, yg penting jg malas gerak.

Baca lagi

sy sc jg gk boleh di temenin, pengalamannya pasti pertama ada rasa takut, mana sy di infus kiri kanan krn takutnya nanti pendarahan pas operasinya, pas di bius sih gk berasa apa2, bayi di angkat jg gk sakit tp pas udh slsai bayi di angkat di situ baru berasa perut ky di obras sakit perih panas krn skrg kan modelnya di lem gtu, mana pas wkt sc sy sempet mual krn efek obat bius, belum lg nahan dingin di ruang operasi, wkt itu sy udh pasrah aja yg penting anak udh lahir.. tp alhamdulillah semuanya berjalan lancar,, yg penting selama berjalannya operasi banyakin doa aja bun..

Baca lagi

Pengalaman aku, ketika masuk ruang oprasi jujur aku merasa dag dig dug gak karuan. Ada rasa takut, tapi yakin semua akan terlalui dengan baik, aku sendiri gak di temenin suami, suami nunggu di luar karena saya di bius total. Setelah SC nunggu pemulihan di ruangan obsevasi hampir seharian dan di ruang observasi itu saya harus miring kiri miring kanan, selama di RS sih gak luka SC gak terlalu perih karena masih pake infusan dan di suntik pereda nyeri..

Baca lagi
4y ago

Iya bund tau. Itu yg SC nya setengah sadar. Saya kan SC nya bius total jadi obat bius nya di suntik ke selang yg buat infus jadi suntik nya gak sakit

saya SC sudah 3x yg ditakutin saat mau SC cm pas anastesi nya 😁 setelah anastesi selesai tinggal nungguin proses anak keluar. sm efek anastesi itu beda2 ada yg menggigil ada yg sesak dan muntah. setelah bius hilang rasa bagai odading mang ole (maknyus). Tapi sakitnya terbayar saat lihat muka si bayi mungil kita πŸ₯° untuk ditemani suami atau tdk tergantung kebijakan RS nya ada yg boleh ada yg tdk, bisa ditanyakan ke SpOG nya.

Baca lagi

saya dl sc pakai bpjs,suami ga boleh nemani...kalo sc itu mrasa malu banget (karena banyakan perawat dan dokternya laki2)tp mikir demi keselamatan anak harus kuat...yg saya pikirin yg penting anak saya sehat dan selamat.kalo pasca oprasi istigfar aja yg banyak bun dapat mengurangi sakitnya.tp kalo udah lihat dedeknya lahir masya allah senang sekali walaupun badan masih kepayahan.

Baca lagi