USG 4D perlu nggak sih menurut Anda?
USG 4D perlu nggak sih menurut Anda?
Voice your Opinion
Perlu dong
Nggak harus kok

230908 merespon

518 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

bisa diblang perlu gak perlu trgantung kbutuhan dan pndangan stiap bunda psti berbeda2. cuman cerita sedikit, dua anak ku sblmny tdk prnh usg jrak mreka 1,5tahun.skrng yg pling kecil sdah 5thun.mmang wktu itu usg tdak dgmpur2kan sprti skrng .skrang aku hamil anak ke 3 malah ktnya skrng minimal wajib 1kali priksa usg. aku prnah usg yg 4d itupun dsrankan bidan krna waktu itu drah aku rndah bnget ,sakit hngga prlu dlakukan usg untuk mlhat kondisi janin .dan alhmdulillah kata dokter sehat. tapi jelang sbulan dri usg aku priksa rutin bdan malah dkatakan janin ku mulai stress ukuran tdk brkembang yg shrusny ukuran 7blan ktny sprti 5blan. jujur aku kpikran banget bun. soalny gk prnh bgini sblmnya. dtmbh aku akui kecapean banget . bidan nyaranin usg d 8blan/9blan nnti. ya apapun akn aku lakukan demi janin ku. intinya aku usg itu ya mmang karna dperlukan untuk memantau kshtan janin didalam. mnta doany ya bun. smoga janin ku baik2 saja dn tdak brmslah. aamiin .jjur ngdrop sih ke akunya. smoga para bunda yg sdang hmil Allah beri kesehatan pada ibu dan janin nya.aamiin

Baca lagi
VIP Member

skrg umur kandungan udh 28 week dan udh 2x USG 4D pertama waktu umur 18W sama 23W. dari awal positif hamil langsung rutin check ke dokter kandungan jd setiap bulan nya udh USG terus tapi USG 4D baru 2x dan itupun bukan permintaan sendiri tp sama dokternya sendiri lgsung di cek USG 4D sekaligus di cetakin hasil USG nya. Harga USG 4D nya jg murah cuman 170rb, kalo USG yg biasa tiap bulan hitam putih cuman bayar 140rb. tapi gatau jg menurut orang2 justru pada bilang mahal kalo mau USG 4D ada yg bilang sampe 500rb dan itupun kita harus bilang dulu, entah ada perbedaan antara pasien yg rutin ceheckup ke dokter tiap bulan sama yg checkup kalo cuman mau USG aja. Soalnya saya rutin tiap bulan ke dokter pas USG 4D cuman bayar 170rb.

Baca lagi
3y ago

seperti bukan perbedaan antara rutin atau tidaknya periksa ke dokter (USG) tp lebih tepatnya tergatung tempat diperikasnya atau rumah sakitnya :) karena kalau di kota saya, periksa 4D di RS akan lebih mahal dibandingkan periksa 4D di klinik tertentu...

menurut ku kalau 4D ga perlu deh kecuali emang mau lihat muka bayi dan JK lebih jelas.. kalau sekedar melihat perkembangan janin. posisi janin. kadar air ketuban dan posisi placenta bisa yg USG 2D aja ko. USG pertama di trisemester 1 guna melihat apakah sudah ada kantung bayi/bayi nya takutnya kehamilan optik. USG Ke 2 di trisemester ke 2 guna melihat perkembangan janin apakah BB normal. placenta dan ketuban normal. USG ke 3 trisemester 3 usia 7-8bulan guna meoihat apakah posisi aman untuk melahirkan normal. dan juga bisa lihat JK bayi.. USG ke 4 biasanya dilakukan oleh dokter (jika lahiran di RS) beberapa jam sebelum lahiran.. untuk melihat sudah pembukaan berapa dan apakah ada bahaya komplikasi atau tidak.

Baca lagi
2y ago

aku hamil 29 Minggu... baru 2x USG yg 2D .. Pertama saat awal 17minggu. yg kedua saat usia 28minggu.. mungkin yg ke3 insyallah nanti usia 8-9bulan.. jadi YG BİLANG USG İTU GA TERİMA TAKDİR, SALAH.. KARENA USG TERMASUK İKHTİAR UNTUK KESİAPAN KİTA MENJAGA CALON BAYİ. .KARENA USG BUKAN HANYA TENTANG Jenis KELAMİN

usg menurut ku tidak perlu di lakukan..... bukan masalah kurang ato gak nya dalam segi ekonomi..... melainkan...... kita senantiasa menerima apa yg akan menjadi kehendak takdir kita...... terkadang usg membuat kita pusing,,,, terkadang usg tidak sesuai dg apa yg di hasilkan s3telah bayi keluar...... bedo'a menurutku adalah usg yg sngat luar biasa.....🙏🙏🙏🙏

Baca lagi
1y ago

setuju bukan sekedar liat kelamin dan dia normal atau tidak tapi perkembangannya yang penting untuk dilihat

mungkin kalo di jaman sekarang perlu banget yang namanya USG karna memang untuk mengetahui kondisi si janin, tapi banyak juga yang lupa, bahwa alat alat USG itu buatan manusia yang otomatis bisa saja keliru walau kemungkinan nya kecil, karna kalo liat orang jaman dulu tanpa USG anak mereka bisa baik baik aja karna memang pemikiran nyaa tidak banyak kecemasan, kalo jaman sekarang kan, kalo gak usg pemikiran si calon ibunya bisa kemana mana yang akhirnya ujung ujung nya bikin janin nya bermasalah. stay healthy bumil

Baca lagi

kalau saya pribadi gg perlu, apa lg mahal dsni 300-450rb, kalau cuman sekali mau liat muka x aja boleh lah, tp gg begitu perlu juga sih. kalau duit x banyak mah bebas ya..... malah bagus. kalau saya yg duit x pas pasan yg penting usg tiap bulan rutin walaupun cuma 2D aja udah cukup lah, yg penting dede bayi terkontrol.

Baca lagi
1y ago

@serly andrayani bun itu nama klinik untuk USG yg murah di bekasi apa yah klo boleh tau??

USG 4D perlu kalau memang ibu dengan kehamilan beresiko atau saat USG 2D dokter menemukan sesuatu yg abnormal dan perlu di cek lebih lanjut. Tapi kalau selama USG 2D rutin dokter blng semua baik2 aja sbnrnya opsional sih 4D, selain untuk liat wajah lebih jelas yang paling penting untuk liat organ internal janin in case kalo ada kelainan parent bs siapin paling ga mental dan dana begitu bayi lahir harus ada tindakan tertentu.

Baca lagi

gak Harus sih menurutku, 2D itu cukup bisa melihat perkembangan bayi & kesehatan si Bayi, saya kemarin USG 2D dokternya aja jelasinnya Detail banget ky Ada kelainan atau tidak, terus Air ketuban bagus atau tidak, 4D itu hanya memperjelas saja untuk melihat muka si Bayi & memperjelas JK bayi, JK/Muka Baby gak trlalu pnting yg pnting bner² sehat & gak ada kelainan apapun❤

Baca lagi
VIP Member

Aku punya riwayat perdarahan sempet bedrest total 3 bulan, Alhamdulillah sekarang sudah bisa aktifitas. Dari awal 4week sampai skrg 28week tiap bulan nya disarankan USG, aku jalani nya rutin USG 2D setiap bulan. Yang penting kepantau, ukuran berat volume air ketuban posisi janin plasenta tali pusat insha Allah 2D jg cukup hihi kalo dana nya ada 4D lebih bagus hihi ditempatku kisaran harga 400-500

Baca lagi

perlu banget sih, meskipun diTM ke3 ya bund, soalnya dgn kita periksa Usg 3d atau 4d, kita bisa tau gitu, adanya kelainan bibir sumbing,tempurung kepala, rongga perut, kelainan jantung, jadi tau semua gitu,bukan berarti usg biasa g bisa mendeteksi ya.. tapi mmg kelebihan usg 3d 4d ya... jadi bumil bisa tenang melihat perkembangan jabang bayinya... kadang kan bumil sukak takut ini itu...

Baca lagi