Berbagi info lahiran normal dengan BPJS

Tadi aku barusan ke RS HappyLand Jogja tanya2 ke bag CS terkait lahiran dengan BPJS. Dari info yang di dapat sekarang semua faskes lanjutan/rujukan tidak bisa dengan BPJS kecuali ada penyulit harus caesar dll. Apa ya benar begitu bund? Karena kan banyak yang bilang bisa kalau sudah bukaan diatas 4 masuk lewat IGD. Tadi ga aku lanjut tanya soal itu krn feeling pasti jawabannya sama #ingintahu #seriusnanya

12 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Waktu hamil anak no 1, sy pernah nanya pihak adm RS, kalau normal alami gak di cover BPJS. Jadi misal mw pk BPJS lahiran normal alami, bisa di faskes 1, kalau pun di faskes 1 gak ada kebidanan, bisa mintak rujukan ke klinik bersalin / bidan yang kerja sama. Pengalaman sy, lahiran plan nya normal alami, di klinik bersalin pk BPJS ( faskes 1 sy gk ada kebidanan, jd rujuk kesini), tapi selama 2 hr stuck pembukaan 1 aja, sudah lewat HPL juga 5hr, akhirnya dr klinik bersalin, sy di rujuk ke RS, tindakan proses normal induksi , alhamdulilah bisa. Di RS sy cm kena charge perlak untuk ibu dan apa gtu lupa, gak sampai 200rb an.

Baca lagi
3y ago

Iyes bener bun, kalau plan bunda normal alami, gak ada kendala apa2 pd kehamilan, ke faskes 1 dlu. Lain klw bunda udah plan sc, langsung ke RS ajah.

kalau aku kemarin bisa ke RSUD pake bpjs gratis bun ... tapi itu juga karna KPD di UK 39week dan saya langsung masuk ke UGD nya dan lahiran normal alhamdulillah ke cover semua pake BPJS ..... sebelum nya karna gak ada pembukaan jadi ada rencana untuk sesar , pas dtng ke rsud jam 10 mlm ga lamalangsung mules dan alhamdulillah jam stengah 2 pagi saya melahirkan normal.....

Baca lagi
3y ago

makasih bund infonya😊

aku kan nanya sm dokterku kata dia bisa pake bpjs asal udah pembukaan 4 di rsnya tmpt kerja beliau,, trs aku ga nanya2 lg😁 nanti pling deket2 lahiran aku nanya lebih pastinya..

3y ago

mungkin kalo udah bukaan 4 ke atas tuh udah gawat kali ya jadinya bisa tercover bpjs.. semoga aja tercover soalnya kalo ga tercover bpjs biayanya lumayan..

TapFluencer

kemarin saya tanya memang tidak bisa kalau tidak ada penyulit bun. kalau normal tetap harus di puskesmas atau faskes 1 yg menyediakan fasilitas persalinan.

spog sya tanya bpjs apa mandiri sya bilg bpjs nti ibu lgsg ke igd aja ya kalo.pembukaan dah bnyak maret kmren sya pembukaan 3 alhamdulillah teecover bpjs

3y ago

di baptis kediri bun

pngalaman dr ttngga aku .prtma dia ngrasa mules di bawa ke bidan , bidan tnya udah test covid blm di jwb blm trs d rujuk ke rs bisa .lairan normal jg .

3y ago

klo pun nnti lairan normal d pskesmas tp mngkin tbtb ada ssuatu hal d tngah jalan atau apa nnti ttep d rujuk pkai bpjs jg.

Saya dulu lahiran sebagian dicover bpjs, tapi nambah sekitar 4 atau 5jt gitu.. tapi posisi ketuban saya pecah duluan ga tau kalau tanpa ada apa2

3y ago

itu dirumah sakit mana bun? happyland jg?

kemarin sempat baca artikel katanya memang begitu bun, harus ada rujukan dulu dr faskes 1

betul sekali

upp