mitos atau medis

Selamat siang ibuk2, aku baru ditinggal meninggal anaku kemarin2 ini, selama aku mengasuhnya selama ini anaku tumbuh sehat, Memang aku sempat melihatnya batuk2 bbrp kali, dan sering tersedak air susu, serta sering kaya mau memuntahkan sesuatu dr mulutnya Kemudian, ada sodara menengok dia kerumah ber3 , dan dia gendong anaku, kemudian beberapa jam setelah itu anaku mulai bereaksi aneh, anaku tidak mau menyusu dan tubuhnya aga demam, karena kepercayaan org tua dahulu mungkin katanya anaku keseleo karena gamau nenen dan kaya yg meriang gitu Dibawalah ke paraji tukang pijat bayi, ku kira bakal sembuh tapi malam harinya anaku malah kejang matanya merem sebelah, nenek2 nya beranggapan bahwa anaku katanya ada yg ngikutin, tp kok aku punya feeling pgn ke bidan aja cpt2 soalnya pas gantiin pampersnya feses nya udh aga item gitu, Pokonya ga ditanganin medis ketika kejang itu kurang lebih pukul 11 mlm anaku baru bisa tenang, tp ko aku makin panik karena dia kaha yg kesulitan nafas, lgsng aku larikan anaku ke RS, di RS lgsng di ugd , dokter bilang anaku difonis aspirasi karena keseringan tersedak asi nya jadi masuk paru dan karena parunya udh terlanjur infeksi larinya ke tekanan pendarahan diotak, dan meninggal setelah 2hr dirawat di RS Menurut ibuk2 , apakah ibu2 percaya hasil medis atau mitos itu tadi karena yg jenguk punya sesuatu ditubuhnya Yg aku percaya hanya tidak ada sesuatu yang tak terencana, Alloh sudah menuliskan takdir tiap2 org Aku bertanya barangkali ada ibuk2 juga yg anaknya ngalamin hal yg sama (?)

45 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.. Saya turut berduka cita ya Bun.. Mengenai baby Bunda yg meninggal karna ada sesuatu ditubuh yg gendong, saya ingin beri 3 pandangan : 1. Kasus Bunda kalo dalam kepercayaan orang jawa namanya "sawan".. Jadi terjadi sesuatu kpada bayi Bunda diakibatkan karna hal ghaib. Makanya orang jawa selalu nyuruh siapapun yg baru saja sampai rumah harus cuci tangan dan kaki sbelum pegang bayi. Karna dikhawatirkan ada yg menempel di tubuh orang trsebut. Saya pernah kejadian Bun. Ini asli dan nyata. Kejadiannya pas saya habis dari makam nengok anak anak saya yang sudah meninggal. Sampai rumah, anak saya nangis kejer ga mau nyusu. Nangis terus ga berhenti. Saya bawa ke orang alim. Katanya saya yg ketempelen. Trus didoain dan anakku ga nangis lagi pas aku gendong. Trus kejadian lagi anakku sawan karna ada "sesuatu" yg berkunjung ke rumahku. Anakku ga mau nyusu sampai tengah malam aku bawa ke UGD...katanya ga ada masalah apa apa. Trus orang alim dibawa ke rumahku pas habis dr RS itu menjelang subuh. Katanya ada gendruwo di rumahku. Trus dihilangkan. Dan anakku mau nyusu. Kata orang alim itu, kalo shalat dan baca Al Quran di kamar bayi. Soalnya saya kalo shalat ada tempat sendiri di rumah. 2. Dari pandangan Islam. Bisa jadi kena ain. Penyakit ‘ain adalah penyakit baik pada badan maupun jiwa yang disebabkan oleh pandangan mata orang yang dengki ataupun takjub/kagum, sehingga dimanfaatkan oleh setan dan bisa menimbulkan bahaya bagi orang yang terkena. Makanya saya ga pernah pajang foto anak di medsos manapun. 3. Dari pandangan medis. Kata bidan RS dulu, anaknya ga pernah diperbolehkan digendong orang. Soalnya khawatir orang itu sakit. Pegang anak harus steril. Tiap orang bawa virus aslinya. Selama diperjalanan jenguk anak kita, pasti dia kena debu, polusi jalanan dan virus dari luar. Orang yg paham ilmu kesehatan, kalo jenguk bayi pasti cuci tangan dulu biar steril pas sampai di rumah orang yg dijenguk itu. Dan mikir dulu kalo mau gendong. Ga asal gendong dan pegang apalagi cium. Aku juga ga pernah ijinkan orang lain gendong anakku kalo bukan keluarga. Kalo kata dokter kan karna tersedak asi. Sebaiknya kalo nyusuin jangan posisi berbaring dulu Bun. Aku baru berani nyusuin berbaring usia hampir 4 bulan. Trus nyusuin sambil digendong, posisi kepala lebih tinggi dr perut, stelah itu ditepuk punggungnya pelan pelan dan tunggu beberapa menit baru taruh dikasur lagi. Ga harus sendawa kok karna ga semua bayi akan sendawa. Termasuk anakku.

Baca lagi

Yg pertama turut berduka atas yg ibu alami Jadikan ini pelajaran berharga ya. Mitos dan kepercayaan keluarga anda sudah membunuh bayi kecil yg tidak berdosa. Itulah pentingnya memperkaya diri dgn ilmu sebelum memutuskan punya keturunan. Feses yg hitam itu sdh mengindikasikan kandungan darah dalam fesesnya. Ketika anak demam lebih dari 38° hendaknya jangan menunda untuk segera dibawa ke dsa. Dsa loh ya,bukan bidan atau dokter umum lagi apalagi tukang urut,duh. Lebih baik hilang uang,drpd hilang nyawa. Semoga segera diberikan keturunan lagi, dan kelak bisa lebih cerdas belajar ilmu parentingnya secerdas handphone nya.

Baca lagi

Kalo saya lebih ke medis ya, bun. Lagipula, bisa dilogika, si dedek sering tersedak saat mengASI jadi memang masuk ke saluran pernafasan. Ke depannya, kalo punya anak lagi, ada sesuatu yg ga wajar langsung bawa ke dokter aja, jangan malah dipijit diurut ke paraji dukun orang pintar apalah. Trus kalo mengASIhi itu posisinya bener2 harus yg tepat. Kalo salah ya bisa tersedak begitu. Dulu juga waktu saya lagi kontrol ke RS, ada ibu2 muda kasi minum susu ke newborn pake dot, masa badannya sambil digoyang2 gitu. Ngilu sendiri saya lihatnya, gimana kalo tersedak trus keluar dari hidung

Baca lagi
5y ago

Kenapa muntah, bun? Apa gara2 tersedak itu? Kalo bukan, saya kurang tau itu bahaya apa bukan ya.. soalnya saya sendiri waktu masuk angin pernah muntah bahkan keluar dari hidung juga. Karna mungkin muntahannya banyak, naiknya cepet ke 2 saluran, ke kerongkongan sama hidung. Kalo kayak gitu ga masuk ke paru sih..

Jujur saya kurang percaya hal2 yg 'begituan'. Tapi terlepas dr semua itu, 'mereka' mmg ada. Dan d luar nalar/logika kita. Tp kl efek tersedak susu itu mmg bener adanya. Itulah mengapa qt harus berhati2 saat memberikan asi. Tdk semua bayi bs d susui sambil tdran. Trz setelah disusui jgn lupa d sendawakan. Saat d sendawakan pun, posisi bayi harus tegak atw sedikit d miringkan (jgn tdran). Nanti sisa susu/gumoh bs masuk lagi ke saluran pernafasan dan menimbulkan efek seperti yg terjadi pada bayi bunda. Masuk ke paru2 sampai ke otak. Smoga kedepan bunda lebih berhati2

Baca lagi
VIP Member

Innalillahi... aku turut berduka cita ya bunda atas meninggalnya si kecil. Semoga bunda tabah dan sabar, insyaAllah jadi tabungan surga untuk Bunda dan suami.. Aku lebih percaya medis bundaa... dan kalau baca penjelasan dokter si kecil, itu sangat logis. Sebenernya kalau bunda feeling harus di bawa ke dokter, ya dibawa segera seharusnya. Sebenernya dari si kecil sering tersedak itu bunda sdh hrs konsultasikan ke dokter. Meskipun tiap bayi beda2.. dan jgn tunggu lama kalau sudah ada tanda2 fisik dari si kecil yang ngga biasa. Yg sabar ya bunda..

Baca lagi

Pertama saya berbelasungkawa atas kepergian anak tercinta. Semoga ibu dan keluarga diberi ketabahan dan keikhlasan. Saya lebih percaya medis bu. Makanya kalau suatu hari anak saya ada sakit, saya pasti larikan ke rs bukan ke tukang urut anak. Saya nggak akan pernah mau mempercayakan anak saya diurut krn ibu sekarang kan punya hp dan bisa nonton video pijat bayi. Jadi saya cukup kan di situ saja.

Baca lagi

Dalam agama ada penyakin namanya ain, dia bisa kena ain dari pandangan org luar karena anak kita lucu dll. Wallahu'alam ya klo soal itu, tapi ya namanya ngasuh anak emang gda pelajarannya entah kita keliru karena apa sampe kita bisa salah padahal kita cuma ngasih Asi kan ya. Smoga anak bunda menjadi ahli syurga ya bisa nolong ortunya dari siksa api neraka, sabar ya bun

Baca lagi

Saya lbh ke medis bun Tp dr awal aku punya anak ibu selalu larang saya buat pijat d dukun byi atau kalau tmpat bunda paraji y Pijat pun saya pangl bidan Krn ada kemungkinan2 dukun byi ny salah pijat Jd ibuku slalu wanti2 jika anak sakit ke doktr bukan pijat d dkun byi Yg blang anakny ketempelan kan dukun ny bun Tp apa sdah d buktikan? Apa benar dia punya ilmu?

Baca lagi

Ya allah ya rabb sama percisss kjadian sm anaku meninggal d vonis aspirasi asi .. Memang anaku batuk ktnya salah posisi ktika menyusuii dan kl lg batukk jangan dl d susui 😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭... Ya allah ya rabb smoga tdak ada lg bunda yg lain yg merasakan sakitnya khilangan anak. Cukupp sekali aku saja yg prnah mrsakan nya ..

Baca lagi
5y ago

Usia 2 bln kurang

Innalillahi wa innalillahi roji'un.. Turut berduka cita ya bun... Semoga bunda & keluarga ditabahkan... Kalo saya lebih percaya medis bun, krna kalo dilihat runtutannya, lebih masuk akal alasan medis... Bisa jadi pelajaran buat qta para bunda, untuk lebih aware dlm memberi ASI ke bayi, caranya, posisinya, & respon kalo bayi tersedak...

Baca lagi