Wajarkah jika anak dimarahi pengasuh / PRT?

Sebenarnya wajarkah pengasuh atau PRT memarahi anak? Sebatas apa wajarnya? Saya sudah 2 kali dapat pengasuh yang awal-awal kerjanya bagus dan sabar sama anak, tapi lama kelamaan semakin nggak sabaran dan hobi memarahi dan meneriaki anak saya meskipun tidak di depan saya (rumah saya ada CCTV dan mereka tahu kalau rumah saya ada CCTV-nya). Yang terakhir beneran nggak sengaja kepergok sama saya saat saya pulang kerja. Saya sadar sih, anak semakin besar semakin kreatif kelakuannya dan makin susah diatur. Tapi saya pribadi sebagai ibunya aja nggak pernah sampai marah yang membentak, apalagi meneriaki. Ya marah dan menegur yang baik saja. Tapi kalau sampai membentak, apalagi meneriaki, buat saya itu kasar, sih. Apalagi dilakukan ke anak yang baru berumur 2 tahun. Saya mohon banget pendapatnya, khususnya yang benar-benar ahli dalam hal ini karena saya sangat memperhatikan dan mementingkan psikologis anak saya juga. Terimakasih.

56 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kl menurut sy pribadi bl memarahinya tdk menggunakan kata2 kasar,tdk main tangan,tdk mengeluarkan kata2 kotor msh bs ditoleransi krn terkadang dlm mendidik anak perlu ketegasan,perlu memperingatkan dia bl salah dgn cara yg tegas namun mendidik sehingga dia tahu mana yg slh mana yg benar.Mengasuh anak memang bukan perkara mudah,bl mood kita sdg down badan lelah pasti mudah tersulut emosi terlebih pekerjaan sbg pengasuh dimana seharian harus mengurus si kecil dgn segala tingkah polah nya yg luar biasa...Namun sy mengerti perasaan semua org tua terutama ibu pasti tdk tega bl buah hatinya dimarahi oleh org lain namun kembali lagi kita lihat berapa besar level memarahi sang pengasuh kpd si kecil apakah masih dlm katagori bs ditolerir atau tidak nya penilaian setiap org mngkin berbeda.

Baca lagi

didik lah anakmu sebelum di didik org lain . mungkin ini kata2 yg cocok buat bunda . bunda kudu bisa didik anak bunda berikan batasan antara anak dan prt . bunda kudu kenal kenakalan apa aja yg dilakukan si anak . dan knp saya ga setuju pake baby sister ya karna ini saya mau anak saya murni di didik oleh saya dan suami . kalo emg ada prt pun kudu jaga jarak bkn berarti sombong tp biar dia ga ada hak buat marah atau segan mau marah. jadi emg kita sebagai ortu yg kudu bener2 ekstra mendidik didik mulai dari pengenalan tanggung jawab . ga boleh berantakin rumah . setiap melakukan apapun kegiatan kudu mandiri beresin sendiri . makan piring taruh ke dapur ya kayak gt aja bund .

Baca lagi

Ya wajar lah Bun kalo bunda gapernah bentak/memarahi anaknya wong anaknya juga di asuh seharian sama pengasuh kan ? Pengasuh juga manusia,ada batas sabarnya.. saya juga sebagai org tua yg mengasuh anak sendiri alias gak pake jasa pengasuh kadang2 suka pingin marah ke anak tapi ya bedanya kan saya org tua kandung jd senakal apapun anak saya ya tetap saja rasa sayang saya lebih besar dr kemarahan saya. Beda lah sama pengasuh,kalo pengasuh kan org lain. Ada saatnya mereka jengkel. Kalo pengen terjamin psikologis nya mending asuh sendiri Bun.... Jd jangan hanya menyalahkan pengasuh Bun,kasian...

Baca lagi
5y ago

mantabbb, setuju..

VIP Member

halo bunda. Sebaiknya diingatkan ARTnya yah, agar menegur anak dengan cara yang baik dan tidak meneriaki apalagi membentak. Karena bisa membuat anak trauma. Katakan padanya bahwa itu bukan cara mendidik yang baik. Dan bukan pola pengasuhan yang dijalankan dalam keluarga Bunda Karena bagaimanapun juga, orangtualah yang berhak memutuskan anak layak dimarahi dengan bentakan atau tidak. Semoga artikel berikut ini bisa membantu ya Bunda. https://id.theasianparent.com/menghadapi-orang-asing-yang-memarahi-anak/

Baca lagi

Klo menurut aku., stiap orang sifat beda" bun tapi kebanyakan klo orang yg perhatian dan sayang akan marah(ngomong) dan masalah mbentak atau triak" cobba bunda liat biasanya orang ada yg emang bawaannya klo bicara tegas atau keras.. Asal dia marah dibatas normal untuk membantu kita buat mendidik anak kita ke arah yg lbih baik dan gk main tangan ea klo aku sih sah" ajj., tapi klo bunda pengen yg gk gitu cobba bunda rawat sendri anaknya biar lbih sesuai kemauan bunda

Baca lagi

Tergantung marahnya krn apa dulu bun..klo mnyangkut keselamatan n keamanan yah kdg2 kan namanya manusia keceplosan nada tinggi pdhl ya jntungnya udh mau copot juga..tp klo marah nada kasar utk hal2 sepele..saya sih mnding di ganti aja...takutnya bisa berkembang ke hal2 lain..atau kalau mmg tetpaksa ttp pake suster yg itu ya ditegasin aja mom..ditegur aja susternya..biar gmn kita bayar gaji kita berhak mau dpt suster yg kerjanya spt kemauan kita juga kan..

Baca lagi
VIP Member

Selama g main tangan dan mmg marahnya krn mmg anak yg nakal,q g masalah sih.hrs ada yg ambil peran unt mendidik anak.kalo bunda&suami sm"kerja,anak otomatis dijaga ART.kalo anak nakal g ditegur sm ARTnya,nanti klakuannya jd g terkontrol jg. Kalo mmg keberatan,mending bunda resign aja.jaga anak itu capek bund.apalagi kalo anak mulai nakal. Ato cb dbicarakan baik"sm ARTnya..kendalanya apa aja slm jagain anak bunda seharian.dicari jalan tengahnya.

Baca lagi

dulu saya juga dikasarin pembantu bun , n sampai besar saya jadi penakut n pemalu jadi saya tidak mau mggunakan pembantu takut anak saya mengalami hal yang sama, mungkin resiko bun Klo pkai pmbntu ky gt wlapun tdk semua, beda sama ibu yg mengasuh langsung. mungkin si pembantu lagi pusing harus ini harus itu, klao menurut saya bunda Cari pembantu dari kenalan aja yang sdh tau karakternya ke anak atau diasuh sama keluarga atau daycare bun.

Baca lagi

Kalo udah bentak ke anak udah ga bener bund.. Krn bisa mematikan sel sel motorik anak dan traumanya itu di alam bawah sadar si anak.. Dirumah saya juga ada art dan pengasuh mereka ga ada yg berani seperti itu.. Kalopun anak melakukan kesalahan pasti mereka menegur pelan dan baik baik.. Pengasuh itu pengaruh besar buat perkembangan anak di masadepan kalo dia biasa di bentak suatu saat dia bisa saja melakukannya Kasian anaknya bund..

Baca lagi

Dulu sya pernah kerjah ngasuh anak, dja lgi yg satu masih baby yg satu 2 th.. Anak ny bner bner aktif.. Smpe smpe sya kwlahan.. Mungkin pengasuh ny sedang lelah jjh.. Bu, maka ny gk sengaja merahin ade ny.. Krna ku dulu jujur kdang suka kesel.. Juga tapi nama ny kita kerjh yh hruss sbar.. Saran sya sih.. Bu lebih baik.. Ibu tegur baik baik jjh.. Art ny..

Baca lagi