ingin menggugat cerai suami.. ?

saya ingin bercerai krn suami sy sangat kasar dan selalu melakukan hal-hal yang diharamkan oleh Tuhan ? yang ingin saya tanyakan: 1. biaya menggugat cerai suami kira2 berapa ya, murah ngga? ? (saya berencana tdk memakai jasa pengacara) 2. saya saat ini cuma punya mama saya sebagai saksi (saya anak tunggal dan yatim) apa wajib mendatangkan dua saksi? ga bisa satu orang aja? 3. saya bisa memberi tahu mantan suami agak tidak hadir dipengadilan, berapa lama kira-kira prosesnya hingga mendapatkan akte cerai jika suami tdk pernah hadir dipersidangan? 4. sudah mengucapkan kata cerai / talak satu 5. apakah gugatan saya bisa diterima pengadilan jika suami saya: • kasar secara lisan, selalu menghina dan mengancam istri • bermain judi • minum minuman keras • memakai obat-obatan terlarang • malas beribadah • sudah mulai jarang memberi nafkah 6. tips supaya urusan gugatan cerai saya bisa cepat terselesaikan gimana ya.. mohon tips-tipsnya bunda, saya benar-benar putus asa.. beban yang saya tanggung sangat berat, membiayai dan menjaga anak saya sendirian ? saya di jodohkan oleh ibu saya, suami saya sangat kasar dan terus menerus berbuat dosa, saya sudah tidak ingin kembali lagi..

8 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Pengalaman aku ya bund..dulu aku yang gugat suami.ya gt dia kasar gk pernah kasih nafkah.dan sering bgt bilang cerai2..aku yg kerja buat kebutuhan.disitu aku gak sewa pengacara.tapi aku minta tolong sma p.mudin,di bantu buat pengajuan,dan di bantu jga agar suamiku tidak datang di pengadilan..saksinya ibuku sma pamanku sih..tapi di olah seakan pamanku itu tetangga.harus 2 saksi tpi tdk boleh serumah.aq dlu daftar bayar 600rb.trus bulan pertama aku sidang mediasi.suami gk dateng.aq gak tau pak mudin gmna cra ngaturnya..trus selang 3 bulan.aku langsung sidang putusan..udah sah cerai tpi blm keluar suratnya..1bulan setelahnya aq di sms pihk pengadilan suruh ambil aktanya.aq dlu habis 2jtaan sma riwa riwi..soalnya rumah jauh.kan byar pk mudin jg.trus pas ambil surat cerai..uangnya yg kita daftar 600rb td di kembalikan 300rb

Baca lagi

Klo sdh anak, hrs pake pengacara, krn pst panjang urusannya. Beritahu suami supaya tdk usah hadir 3x sidang, utk mempercepat proses. Dan bunda jgn hrp suami bertggjwb scr materi pd anaknya, krn itu kembali lg ke rasa sadar.. biar bunda mnt tunjangan anak 100jt, klo suami tdk ada rasa tggjwn, dia akan pergi gitu aja. Persiapkan masa depan bunda dan anak2. Terutama bunda hrs bekerja. Klo gak, tktnya hak asuh tdk jatuh ke bunda. Cr pengacara pro bono, hub LSM perempuan dan anak utk back up.

Baca lagi

Langsung ke Pengadilan saja mom lebih jelasnya, biaya 650rb kalau berangkat sendiri. Proses sebentar kalau suami tidak datang, 2 3 kali sidang, keluar akta cerai saya kurang tahu.

600 ribu bund... pengalaman tanteku. Gak pake pengacara.. pake tekad yg bulat...

Benar bun jangan sia2kan hidup bunda utk orang yang salah. Baca post sahabat kita bun Dia new daddy dan dia tau betul perjuangan berat seorang wanita

Post reply image

Biaya untuk mengurus perceraian didaerah saya kurang lebih 1,5juta bun itu tidak pakai pengacara dan selesai prosesnya sekitar 2 bulanan dan kalau misalnya pakai pengacara tentu agak mahal sekitar 5jutaan ,proses cepat dan kita gak ribet bolak balik datang kepengadilan cuma pas sidang saja kita datangnya sebab pengacara semua yang urus. Pengaduan bunda itu saya rasa sudah cukup dan mudah2an diterima hakim. Kalau bunda merasa suami akan datang dipersidangan nanti ya sebaiknya bunda ngomong sama suami untuk gak usah datang tapi kalau datang ya hak dia . Intinya kalau bunda pengen cepet selesai dan dapat akta cerai, terima beres , gak ribet ya harus pakai pengacara .( Sesuai pengalaman)

Baca lagi

Kalau kita yang menggugat emang agak lama proses nya bun, dan lumayan juga bolak balik, keluarin biaya . Tapi coba bunda langsung aja k pengadilan , Mudah2an diberi kelancaran ya bun .

VIP Member

Langsung ajukan dan tanya syarat2 nya ke Pengadilan aja bun. Pertanyaan ke 5 biasanya bisa karena yg bunda sebutkan itu ada di buku nikah di bagian istri bisa menggugat suami.