Bilirubin tinggi

Saat keluar dari RS kadar bilirubin Malik 9,12 .. Masih normal untuk bayi Lalu saya bawa pulang kerumah ,namun cz tidak ada matahari dr hari Jumat - Senin, Malik hanya dijemur hari Minggu pagi n smalem kontrol lagi k RS (Malik umur 7hari), pas cek bilirubin, bilirubinnya meningkat dr 9,12 jd 17,43 ! Itu adalah patah hati tersakit yg pernah saya rasa ! Anakku darurat rawat untuk menghindari bilirubin yg semakin naik ..Malik dimasukan ruangan khusus untuk di fototerapi Air mata gak bisa kebendung lagi liat anak ditelanjangin cm pake popok & kacamata serta yang paling pilu adalah kita tidak diizinkan untuk nungguin anak kita alias Malik harus ditinggal di RS sendiri .. Saya harus bolak balik RS setor ASIP .. Namun efek kepikiran ASIP pun tak bgtu banyak? Adaakah mom yg ngalamain hal yg sama dengan saya ?

Bilirubin tinggi
134 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Ceritanya sama persis dengan saya bun..keluar rs bilirubin 8 koma..pulang rs..saya bisa mengurus anak..memandikan dsb..hari ke 3 saya mengalami kram perut selama 4 hari..tidak bisa bangun dari tempat tidur (masa nifas) alhasil anak saya tidak mendapat asi sepenuhnya..karena untuk bergerak pun tidak bisa..sakit sekali..selama 4 hari anak saya tidak mendapat asi..saya bisa memberi asi tidak lama..dan asi tidak keluar banyak..karena saya mual dan kuntah juga..tidak terisa makanan..akhirnya hari kelima..saya berusaha bangun..dan latihan berjalan..karena saya hanya mengurus anak berdua..kedua ortu kami sudah meninggal..jadi mau gak mau..kami harus mandiri..saya melihat muka anak saya..sampai mata menguning..saya dan suami kemudian membawa k rumah sakit..sambil berjalan pelan karena suami juga harus menjaga saya..ternyata sampai rs..dokter bilang kakinya anak saya sampai menguning..ini berarti bilirubin sdh tinggi..antara 20an..ternyata prediksi dokter benar..bilirubin mencapai 20..akhirnya anak saya opname di sinar d rs..selama 2 hari..kami berdua pasrah karena semua merupakan pengalaman kami yg pertama..suami juga harus mengantar asi tiap pagi..karena produksi asi masih sedikit di tambah saya kepikiran anak saya trs..asi tersendat..maka dokter mengambil alternatif bayi kami d tambah sufor..Puji Tuhan anak saya sampai sekarang mulai sehat..dan bertambah berat badan..sdh 1,5 bulan usianya saat ini..

Baca lagi
5y ago

Alhamdulillah ank bunda sehat

Anak pertama ku jga sama mba kuning badan nya sampai mata nya...tpi anak saya tidak mendapatkan pertolongan medis dgn baik...saya bwa ke puskesmas gede..di puskesmas cmn di liat2 doang kata nya perawatan di rmh aj dijemur pagi n nyusu nya seringin...udh 3 hari nya saya balik lg ke puskesmas karna masih kuning mksud saya ingin di cek kadar bilirubin nya atau minta rujukan...tpi kata dokter nya gk perlu dah baikan kata nya...krna rmh sakit jauh saya gk bisa ke rmh sakit sendrian ....saya bwa pulang saya selalu jemur anak saya n saya selalu cari yg alami yg saya minum obat kuning semacam remis...tpi beberapa hari kemudian anak saya tiba2 kejang n nangis sekenceng2 nya...saya bawa kebidan terlambat dibwa nya krna terhalang hujan gede...saat di bidan anak saya meninggal.....sakit bgt hati saya hancur...saya slalu merasa bersalah karna sya tidak bisa menolong anak saya.. Smangat bun...mudah2an anak nya diberikan kesembuhan secepat nya...aamiin

Baca lagi

anak saya juga seperti itu bun ,anak saya lahir 3.2 setelah 2 minggu dirumah anak saya kuning .saya priksa kedoter dan cek darah ternyata bilirubinnya tinggi mencapai 14 dan dokter menyarankan untuk disinar betapa hancur dan sedih hati saya setelah mendengar saran dri dokter , dan saat itu saya memutuskan dri hati saya merawat anak saya sendri dirumah karna saya tdk ingin pisah dgn anak saya wlau beberapa hari . dgn bismillah dan dri hati saya , bahwa saya yakin pasti anak saya sehat tanpa hrus di sinar setiap hari saya rajin jemur, extra asi supaya ddnya tdk dehidrasi alhamdulillah skrg usianya 2bulan20hari bbnya sudah 6kg . Semangat bunda yg penting banyak berdoa supaya ddnya sehat sllu AMIN🤲😊

Baca lagi
VIP Member

Bayi masih baru lahir emang rentan kuning bun. bayi saya juga tadinya begitu. Umur sebulan badan masih kuning. Cek billirubin udah 12.3 tp dokter belum saranin anak saya untuk disinar. Dokter cuma saranin saya untuk lebih digempur lg kasih ASI 2 jam sekali dan dijemur juga selama 10menit-15menit. Dokter bilang penyebab bayi kuning Jg bukan cuma karena bayi kurang asi atau kurang jemur bun. Bisa jadi Infeksi pada kantung kemih atau ASI bunda kurang cocok buat si bayi. Jadi hormonnya kurang menerima. Tapi kata dokter walaupun begitu ASI juga harus tetap dikasih bun. Semangat bunda..Jangan terlalu kepikiran banget. Ntar ASI nya jd nggak keluar. Kasihan si baby nya ntar jadi kekurangan ASI.

Baca lagi

Saya bun, Dede umur 4hari niat hati mau kontrol pas dicek dokter katanya kuning hrs di cek darah buat liat birubinnya ternyata tinggi 11,5 dokter nyaranin lgsg di sinar biru, sedih bgt sama kaya yg bunda rasain liat anak cuma pake popok terus ditutup matanya huhu sedih tapi dikuatin lg sama bidan yg jaga katanya biar dd cepet pulih demi keselamatan ddnya juga. Alhamdulillah ga lama ko Bun saya cuma sehari setengah dd pas dicek lg bilirubinnya udh turun jd 7,6. Semangat ya bun harus kuat jgn terlalu byk fikiran.. inshaAllah dd juga diurus baik di RS sama perawat2 :) banyak makan dan istirahat yg cukup bundanya biar setor Asip nya banyak. Semoga dd cepet pulih kumpul kembali dirumah💛

Baca lagi
VIP Member

Semangat bunda, sabar Pengalaman saya, anak pertama, RS jauh jaraknya dr rumah, saya dan suami cuma berdua waktu anak saya dirawat karna billirubinnya tinggi 😭 Belum lagi bekas SC saya masih basah dan utk jalan pun masih sakit bgt karna baru 3 hari Asi saya juga belum banyak. Siang malem saya nangis mikirin anak saya, sedih karna gabisa ngasih asi yg banyak. Setelah semalem dirawat saya jd semangat bunda, saya gak mikirin lagi bekas SC yg masih nyut2an, gak mikirin lagi brp byk asip yg saya dpt. Yg penting saya usaha terus utk pumping, biarpun dpt cuma 15 ml dan PD udh sakitnya gak ketulungan 😅 Alhamdulillah gak sampe 2 hari anak saya diijinkan pulang karna kadar BL nya udh turun.

Baca lagi
5y ago

Iyaaa bund ! Semangaaaatttt

Semoga cpt smbuh y bun dan bunda dbri kekutan n kesabaran. Anak aku dlu jg smpat kuning gtu bun, tp g smpe ngecek jg sih smpe brp kdar bilirubinnya. Pas dia umur msh 2 mgguan gtu. Malah bidan blg kekurangan cairan. Anakku dsruh minumkan air madu 1 sendok mkan kedalam air 20ml bun mlalui dot. Wktu itu aku awam bner n bner2 gtw apa2 . Aku iyain aja aku ksh jg ke ank aku. Stlah search aku bru tau klw madu g baek bwt bayi dbwh 1 tahun. Untung ankku g knpa2. Yg aku sesalkan knp msh ad bidan yg g ngerti soal kyak2 gtu. Sekarang klw ad apa2 atw disaranin sm bidan aku lbh bnyak cari tau dlu di brbgai artikel, bner g kira2 saran yg dkasih bidan, gmw deh smpe kjdian lg.

Baca lagi

Kisah ny mirip kaya aku Alhamdulillah Bun slalu berdoa berfikir positif aja dd ny pasti sembuh aku malah harus mondar mandir cari rmh sakit yg ada alat fototerapi krna RS tmpt aku lahiran ruangan ny full dan itu bayi aku udh ke 2 kali terapi yg pertama pas baru lahir 2 hari kemudian aku boleh plg tp bayi aku blm boleh pas k 3 hari br boleh plg dan dirumah sdh di jemur cm memang kalo bayi kuning harus di gempur ASI memang puting aku gada jd ASI di pumping trnyata kurang itu lah yg bikin bayi aku bilirubin ny naik lg 😭 tp setelah di terapi Alhamdulillah smpe skrng bayi aku usia 4 bln sdh sehat Bun . Semangat terus bunn gempur ASI nya 💪

Baca lagi

Sama bun anak saya jg selang sehari d bawa pulang BL naik jd 12.. Bahkan anak saya d diagnosa kena radang paru .. Infus dimana2,bahkan yg lbh menyakitkan saat d suntik jarum dia hny merintih kesakitan tnp bisa menangis, Melihat selang,alat bantu pernafasan d pasang.. Saat it hancur rasany,aplg saya new mom jd ngerasa trpukul bgt 😭.. D Nicu dy d sinar n d pasang alat bantu skitr 6hri,pernafasan sdh membaik tp BL ny malah naik dr 12 jd 18 ..n trpaksa hrs d rawat d ruang bayi n d sinar kembali 4hri bun 😭 tp Puji Tuhan skrg dy udh brenk dg saya lg n usia ny sdh 3 bulan 🥰 Semangat utk bunda yaa..baby past lekas pulang..

Baca lagi

Sama bun aku juga ngalamin kaya gtu, bayi ku 1 usia 1 minggu baru kecek bilirubinnya tinggai 14,5.. dirawat 4 hari alhamdulillah setelah itu kembali normal, dan bersyukur jga jadi pengalaman banget sampai skrng sehat aktif, mungkin itu pelajaran pertama yg bener2 berat bbgt hrus ngeliat anak di rawat (disinar biru) tanpa bisa di tunggu oleh ortu nya disana... Semangat bunda insya Allah anaknya akan baik2 aja sehat lagi dan kembali pulang ke rumah, tapi bagus bunda langsung kedeteksi soalnya kalau gak lngsung ke periksa itu bisa bahaya banget bilirubin nya apalgi klo sudh menjalar ke otak itu sangat berbahaya.

Baca lagi