Antibiotik pada anak

Moms mau tanya, jika penggunaan antibiotik di hentikan sebelum habis apakah ada efek sampingnya? Bantu infonya ya moms

12 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

mom, kebetulan Saya apoteker klinis. obat antibiotik harus dihabiskan agar tidak terjadi resistensi. apa sih resistensi itu? jd bakteri patogen menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. dengan kata lain, kalau diberikan obat antibiotik tsb nanti ga ampuh lg. gmn kalau terjadi infeksi kembali dan butuh antibiotik tsb? berarti harus ganti antibiotik dg golongan yg tdk sama. dampak parahnya jika tdk ada lagi antibiotik yg cocok. berarti tdk ada lg obat antibiotik yg bisa utk menyembuhkan sumber infeksinya. hanya gejala saja yg disrmbuhkan. share aj. jika diberi antibiotik, harus dicek apakah bayi kita atau kita punya riwayat alergi atau tdk. lalu jika diresepkan dokter, antibiotik harus diminum sampai habis krn akan menyebabkan resistensi. durasi pemberian antibiotik bervariasi sesuai kultur bakterinya. jadi ada yg diminum selama 3 hari saja, ada yg 5 hr, 7 hr, 10 hr, 14 hr bahkan 21 hr. jika dlm sebulan mengalami penyakit infeksi yg sama atau tdk sembuh dg antibiotik tsb, kemungkinan antibiotik tdk sesuai dg kultur bakterinya. misal bakteri Gram positif diberikan antibiotik yang melingkupi bakteri Gram negatif. selain itu kemungkinan antibiotik tsb sudah resistensi akibat seringnya pemakaian antibiotik tsb dan cara penggunaan yg tdk tepat. smg share ini bisa menjadi pencerahan dan mengubah cara penggunaan antibiotik yg tdk tepat selama ini dan jgn menyepelekan resistensi yg dampaknya bs berujung pd kematian yg sudah byk saya temui kasus nya di RS.

Baca lagi
5y ago

maaf mw tanya anak ku msh usia 5 bulan klo dmnumin antibiotik yg d resepin dokter sllu dimuntahin lg, itu gmn ya? klo di msukan k susu asi boleh gk?

VIP Member

penggunaan antibiotik biasanya minimal seminggu bun, klo berupa tablet biasanya dr dokter itu pas sesuai takaran seminggu. tp klo terlalu sering tidak sesuai aturan, misal disuruh 5 hr tp diminum cm 4 hari atau 3 hari. nanti lama kelamaan akan jd auto imun /penyakitnya nnti kebal bun gak mempan pake antibiotik yg sama lg atau dosis dinaikkan menjadi 2x lipatnya. cmiiw.

Baca lagi

kalo pemakaian anti biotik, dokter pasti sudah menakar kebutuhan pasien. dan antibiotik umumnya diresepkan untuk dihabiskan, tujuannya untuk menghindari resistensi terhadap antibiotik. anak saya waktu masih bayi terpaksa tinggal di RS 3 hari, hanya untuk menghabiskan antibiotik yg diberikaan melalui infus, padahal kondisi anak sdh baik.

Baca lagi

Sebaiknya ikutin saran ahli moms,jk diminta untuk dihabiskan ya ikuti saja. Efek samping sih nggak ada,tp kan perlindungannya lebih optimal. Ya meskipun kita nggak boleh sering2 menggunakan antibiotik krn bisa menyebabkan bakteri dan virus jadi kebal.

Promo terbesar expert care sudah dimulai, diskon hingga Rp.100.000 sedang berlangsung di shopee, ada juga voucher diskon 100% alias gratis bagi bunda yang beruntung. Buruan cek di https://shope.ee/9UfEMMqqTg (id-76420)

penggunaan antibiotik baiknya tetap diteruskan walaupun penyakit sudah sembuh, penggunaan antibiotik minimal diberikan 5 hari agar tidak menimbulkan adanya resistensi antibiotik.

Setau saya antibiotik dihabiskan bun. Kalo tidak bakteri nya msh hidup apa ya kalo ga salah. Jd kurang maksimal gitu..

VIP Member

Halo, Bunda. Tidak apa-apa sebenernya Bunda kalau nggak sampai habis, kalau memang kondisi penyakitnya sudah membaik.

VIP Member

harus dihabiskan bun. kalau tidak nanti badan anak justru akan kebal dengan virusnya

VIP Member

Sebaiknya kalo antibiotik dihabiskan bun, sesuai anjuran dokter