9 Tanggapan

TapFluencer

Untuk pompa ASI, menurut saya sih tergantung kebutuhan saja. Misal Bunda masih sering berjauhan dengan bayi sehingga tidak memungkinkan untuk menyusui langsung, maka Bunda perlu perah ASI. Namun, perah ASI paling recommended sebenarnya menggunakan tangan atau tehnik marmet. Jika pun menggunakan BP pun sebaiknya marmet untuk finishing. Jadi Bunda bisa belajar tehnik marmet terlebih dahulu. Untuk dot, sebenarnya dot menyimpan banyak risiko sehingga tidak recommended, Bun. Penggunaan dot (dan empeng juga) berisiko menyebabkan bingung puting. Selain itu juga berisiko menyebabkan kolik, infeksi (jika kurang bagus sanitasi dan higienitas), risiko tersedak, overfeeding, mengganggu perkembangan oromotorik dan rahang, hingga bisa berpengaruh ke kemampuan wicara. Sebaiknya sih tidak menggunakan dot. Namun, jika pada akhirnya tetap memutuskan menggunakan dot, sebaiknya Bunda pahami kembali risiko dan batasan penggunaan dot. Jika memang perlu memberika ASIP, Bunda nanti bisa belajar menggunakan media selain dot seperti gelas sloki, cup feeder, sendok, pipet, spuit. Bunda bisa cari video di youtube atau IG para konselor laktasi untuk mengetahui cara cup feeding. Jadi kalau menurut saya sih dot maupun empeng adalah benda yang tidak perlu disediakan. ASI insya Allah akan keluar pasca persalinan, setelah plasenta "lahir". Namun, sebagian ibu juga mengalami ASI keluar di hari ke 2-3 pasca persalinan, tapi Bunda tidak perlu khawatir karena bayi yang lahir sehat bisa bertahan hingga 72jam karena masih membawa "bekal" dari perut ibu.

makasih bunda sharingnya..

Aku irt, aku prepare dot sama pompa (pompanya pinjem ke kakak ga beli) tp ga terlalu kepake bun. Pompa awal2 kepake untuk power pumping supaya asi tp dot ga kepake. Asip dr power pumping jg malah kebuang banyaknya karena ga diminumin ke anaknya. Skrg anak umur 1thn ga punya asip, dan dotnya dipake buat gigit2 doang 😅 Asi itu keluarnya setelah lahiran bun, memang ada yg sebelum lahiran jg tp kalo aku keluar dihari ke3. Jgn khawatir asi ga ada, pasti ada kok karena asi itu diproduksi saat masih hamil dan baru keluar setelah plasenta keluar dr rahim. Coba baca2 di ig @aimi_asi highlight tanya aimi, @anisyacahya sama bisa jg @olevelove cari aja di highlight new busui. Banyak bgt ilmu ttg perASIan.

Saya dulu tdk persiapan dot atau pun pompa asi bun, asi keluar h+2/3 pasca lahiran. Selama itu hanya sy susui saja meskipun asi belum keluar, akhirnya asi jd melimpah krn hisapan baby. Pd sy bengkak, jd beli pompa asi manual untuk mengosongkan payudara. Tp sebenernya bisa perah pake tangan kok. Anak usia 5 bulan beli pompa asi elektrik krn saya harus ranap akibat db. Kalau dot saya sama sekali tdk beli, ada dot bawaan dr pompa asi. Itu pun jarang sekali sy pakai, anak sy full dbf dan pernah pakai ketika pergi namun tdk bisa bawa anak.

VIP Member

kl dot/pompa asi sesuai kebutuhan km aja mom.. ak jg pd wkt itu irt dan tetap si ak siapkn dot&pumpingan ny krn tnp ak tau kl ak hiperlaktasi gt jd hrs di pumping kl si bayi uda mabok susu atau gak bisa dbf lg & kdg jd berguna juga kl mslkn ak mau pergi si bayi bs minum asi yg ak save. tp itu balik lg sih krn ga semua bayi ya bs mnm di dot/di kenalkan ke dot krn kdg awlny gk mau krn ud terbiasa dbf. dan utk asi keluar itu pada umum nya setelah lahiran mom, krn kl keluar di saat sdg hamil it bs memicu kontraksi.

oke moms, terimakasih sharingnya ^^

kalau IRT lebih baik dbf, hisapan mulut bayi lebih optimal dr hisapan alat. belajar ilmu mengASIhi dan pelekatan menyusui yg benar. asi umumnya keluar setelah melahirkan kok, yg penting afirmasi positif ke diri sendiri kalau asinya lancar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi, rutin disusuin ke bayinya paling gak tiap 2 jam sekali karena hisapan bayi itu yg merangsang produksi asinya.

aku IRT, nggak nyediain 2 benda itu bun.. full dbf 2 tahun lebih kalau pompa sesuaikan kebutuhan aja. ASI biasanya keluar 7 bulan ke atas, tapi nggk semua bumil keluar ASInya pas hamil, dan itu normal2 aja. pas anak lahir pasti keluar, yg penting belajar ilmu perASIan dg benar bisa follow ig: @anisyacahya disana ilmunya perASIannya udah super lengkap buat new mom

pompa asi sebenernya perlu ga perlu kalo emng full dbf mah bun, saya beli pompa asi yg manual cuma kepake sebulan itu juga kalo payudara saya bengker tp kesini sini nya bayi makin banyak nyusu jadi jarang bengker soalnya nyusu terus jadi pompa nya sudah tidak di pake, saya waktu keluar susu nya pas hari 3 melahirkan bun

saya kasih susu formula pas dibidan aja bun sekali minum, pas udah dirumah saya susuin langsung ke payudara, walaupun belum ada susu nya saya terus susuin bun supaya cepet keluar susu nya,dengerdenger sih bayi masih tahan 3 hari ga minum susu, soalnya kalo di susuin pake formula terus takut ga mau asi sama takut bingung puting duluan bun, kalo saya begitu yaa bun waktu itu

VIP Member

kalau full irt yg bisa 24/7 sama bayinya nanti ya dot dan pompa asi bukan hal urgent bun.. kalaupun nanti perlu, bisa dibeli belakangan.. beda sama ibu pekerja yg udah jelas bakal ninggalin anak dan perlu stok ASIP, bisa dipersiapkan sejak belum lahiran..

siap bun

dot gak kepake bun apalagi kalau full di rumah sama bayi untuk pompa asi sebaiknya gak usah yang mahal-mahal karna kepakenya cuma sebentar di awal-awal aja saat pd kita masih menyeimbangkan kebutuhan dengan bayi

Pertanyaan populer

Artikel terkait