260 Tanggapan

Kl aku awal tau positif hamil ke Dokter bund, karena mau tau yg pasti usia kandungan karena bisa di USG kl di Dokter langsung. Dibulan ke-3 saya coba cari info bidan alhamdulillah ketemu bidan yg cocok. Karena mau ada second opsi kl harus SC sudah terdaftar data nya di RSIA jd kl minta Rujukan utk BPJS Sudah tau ke RS mana dan dengan Dokter siapa. Dan kl bidan utk lahiran Normal (pengen normal soalnya tp tdk memaksakan kehendak jg) udh tau dgn bidan yg mana, yg sabar dan bikin tenang dan nyaman dan yg sangat mendukung gentle birth. Karena kl lahiran normal di RS tdk bisa menggunakan BPJS jd sama aja dgn dibidan yg biaya nya biasanya lbh murah dan biasa nya bidan2 RS itu judes2 dan ga sabaran. Jd ya itu aku punya 2 pilihan, RS dan Bidan yg mendukung gentle birth :)

kalau menurut saya, misalkan bunda yakin hamil dan sudah telat haid bisa langsung ke bidan utk dilakukan pemeriksaan lengkap dan minta buku KIA. tapi kalau bunda belum yakin bener hamil atau tidak, bunda bisa ke dokter kandungan dulu utk melihat apakah ada kantung kehamilannya atau tidak. karena terkadang di dokter kandungan tdk dilakukan pemeriksaan lengkap dan tdk dapat buku KIA. Pemeriksaan lengkap di awal kehamilan itu penting bun, utk melihat bagaimana kondisi dan kesiapan bunda dlm proses kehamilan ini. Misal cek darah, biasanya di puskesmas sdh bisa cek darah lengkap dan gratis. kalau ada salah satu hasil yg tdk normal, bunda perlu penanganan sejak dini agar bayi dan bundanya bisa tetap sehat selama masa kehamilan

pertama kali tespack dan dpt garis 2 langsung meluncur ke Bu bidan untuk memastikan beneran positif atau ngga. trs d tentuin hpl berdasarkan hpht. udh gtu bulan berikutnya ke dokter utk tau apakah sudah terbentuk kantung janin atau ada kehidupan... selanjutnya klo ada keluhan2 periksa nya ke bidan yg Deket. tapi klo USG per trimester ke Dokter. di trimester akhir baru tuh per bulan ke dokter nya utk tau posisi persiapan lahiran. karna niat melahirkan di bidan, jd selang2 antara Konsul ke bidan dan dokter... klo saya sih bgtu.

Kemana aja sama aja bun, tp kalau mau lbh memastikan dgn usg bisa ke dokter bun. Sy awalnya ke bidan di klinik dkt rmh, eh trnyata bidannya juttekkkkkkk bgt dan cuma sekedarnya ngasih informasi, sy disentuh juga nggak, yaa diapain kek dicek gitu, lah ini mah ga diapa2in cm nanya hpht trus dikasih tau usia kandungan dan HPL nya udh gt aja selesai... 🙄Akhirnya sy lngsung ke dktr, alhamdulillah meskipun ngantriiinyaaaa tp lbh puas krn di usg jg utk memastikan bahwa sy bnr hamil. Tp dnger2 sih bnyak yg lbh sreg sm bidan

Keduanya bun... di kelas hamil tadi saya diberi materi. untuk trimester pertama itu ke bidan sama dokter. trimester 2 boleh bidan keduanya. di trimester 3 bidan sama dokter lagi bun. dan minimal itu disertai USG di awal kehamilan sama menjelang lahiran. maaf jika ada yg keliru ya bunda2 soalnya saya baru hamil anak pertama dan baru sekali ikut kelas Ibu hamil. dan disana disampaikan demikian.

sama bun.. hehe

yg jelas yg ada USG sih, mau ke dokter atau bidan boleh aja. tp saya lbh suka ke dokter kandungan, SpOg. lbh jelas. lbh akurat. penjelasannya juga lbh detail. stlah tau kehamilan nyata dan janin sdh trlihat bru pindah ke bidan. USG gak harus sbulan skali kok, minimal 3x semasa kehamilan. tm1 1x, tm2 1x, dan tm3 1x sdh cukup. selama masa kehamilan tdk pernah terjadi keluhan ya.

Usg dulu ke dokter bun, selebihnya terserah bunda. Pengalaman saya hamil pertama dan kedua kebidan dulu katanya aman aman saja, pas 10 minggu pendarahan lalu ke dokter ternyata yg pertama tdk berkembang keguguran, yang ke 2 tetap ke bidan pas 12 minggu pendarahan lalu ke dokter ternyata KET atau hamil di luar kandungan harus operasi. hamil ke 3 dan ke 4 langsung ke dokter bun.

VIP Member

Aku awal kehamilan bidan belum teraba kata bidannya, lalu kedokter baru ada kantungnya, ke dokter terus sampe 7 bulan, pas 8 bulan disuruh periksa ke bidan juga, disaranin lahiran di bidan, karna kata dokternya bisa normal lahirannya. Malah dokter dulu nyaranin ke bidan aja, kalo kedokter minimalnya 3 kali selama kehamilan. Tapi kalo memang ada rejeki bagusnya setiap bulan..

saya ke bidan dulu dpt buku pink... untuk usg saya tahan sampe usia 10week keatas bun. soalnya takut kalo masih dini takut dokter seenaknya memvonis kehamil Bo atau yg lain bun, yg saya baca dr app ini bnyak yg curhat usia 4w /7w pd usg tp ga kliatan biasanya kan usia dibawah 10w kadang baru penebalan kantung atau janin blm terlihat yg bikin khawatir itu.. kalo aku bun.

tadinya ke bidan mulu bund udah 4x konsul sampe test pack nya disono dan cuma ketemu sama asistennya yang masih magang, eh pas pendarahan pengen ketemu bidannya langsung malah gak mau ngecek disuruh usg doang ke spoG . sejak saat itu saya berhenti ke bidan 😬 , tapi ga semua bidan begitu sih bund. lebih baik ke spoG aja yang alat nya sudah lengkap

Pertanyaan Terkait

Pertanyaan populer

Artikel terkait