Lahiran prematur

Mau tanya dong bunda" disini, ada ga yg sama kaya saya baru 33 week udh ngalamin kontraksi asli, sampe rs dicek udh pembukaan 2, langsung dirujuk lagi ke rs besar yg ada nicu khusus bayi prematur, tapi sampe di rs malah dikasi obat buat ngilangin kontraksi, katanya blm cukup umurnya jdi jangan sampe lahir prematur, saya udh di suntik pematangan paru juga, tp semenjak minum obat itu mules" kontraksi jd hilang, katanya di usahakan bayinya dipertahan kan sampe hpl, tp kalo ga bisa ya ttp dilahirkan secara prematur, coba sharing dong bunda yg pernah ngalamin kaya saya, jujur lagi deg degan bgt kalo sampe lahir prematur

Lahiran prematur
50 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Aku pengalaman bukan kontraksi, tapi krn Preeklamsia waktu hamil anak ke 2. Ketahuan Preeklamsia urine +2 di 34w. Dari faskes 1 langsung di rujuk ke RS, setelah itu langsung di usg sm dokterku dan dikasih penjelasan. Jd setelah konsultasi ke dokter, aku langsung harus rekam jantung, opname dan suntik pematangan paru paru juga untuk janin. Kalau dalam opname selama 2-3 hari tidak ada perubahan sama sekali, mau tidak mau bayi didalam kandunganku harus segera dilahirkan secara SC. Krn memang sebahaya itu juga Preeklamsia. Maa syaaAllah alhamdulillaah 2 hari di opname, urine protein sudah netral. Tetapi setelah itu dengan catatan harus selalu cek tensi dan lebih aware sm kondisi tubuh. Alhamdulillaah akhirnya bisa ditunggu sampai 37w, tadinya mau ditunggu sampai 38w. Qadarullaah dari mau masuk 37w itu tensi lumayan tinggi dan gaada perubahan, dan urine proteinnya masih bisa ke positif lagi. Akhirnya dgn segala pertimbangan harus segera dilahirkan. Alhamdulillaah bisa dilahirkan dgn proses normal lewat induksi. Jadi intinya pada akhir trimester menjelang melahirkan, harus lebih aware bgt. Alhamdulillaah ada yg baik baik saja sampai proses melahirkannya, ada juga yg harus melewati proses dari kehamilan yg beresiko. Yaa semua pasti pengen lahir dgn sehat, walaupun harus lewati proses kehamilan beresiko tp yakin insyaAllah bisa dilalui dgn sehat dan selamat. Jadi kalo lagi ada di fase dgn kehamilan bersiko, tetep tenang ya bu. Terus afirmasi diri dan janin untuk bisa lewati prosesnya dan bisa lahir dgn sehat dan selamat, itu yg terpenting. Mau itu nnti lahiran dgn proses SC ataupun pervaginam, yg terpenting kita sudah ikhtiar berdoa dan berusaha sesuai apa yg kita mampu. Jadi semangat selaluuuu! 🤍

Baca lagi

ya alhamdulillah dong bun kl kontraksinya bisa diredakan dgn obat2an. krn emg bener kl bisa jangan lahir skrg dulu, masi jauh bgt usianya dr cukup bulan. aku alhamdulillah blm pernah ngalamin, tp ada pengalaman di group hpl anak pertamaku dulu, lahir di sekitaran usia segitu, ya anaknya masih sangat2 blm siap untuk hidup di luar rahim bun. lamaa bgt hrs dirawat di nicu, blm bisa bernafas sendiri, blm bisa minum/nyusu. jd kl masi bisa dipertahankan, sebaiknya dipertahankan selama mungkin, bagus kl bisa sampe 37w ya bun. semangat buun, sehat2 selalu bunda&debaynya. mudah2an bisa bertahan sampe dedenya cukup bulan atau setidaknya sampe debay siap untuk dilahirkan yaa, aamiin🤲🏻

Baca lagi
3w ago

@Siskha Rusmiati cepet sehat lagii ya bund, semoga anaknya kelak jadi anak yang tangguh. aamiin ☺

aku bun hpl 24juni.. tp 35w udh kontraksi ke RS udh pembukaan 2 karna blm cukup umur dikasih mefenamic acid sama proterin tab buat hilangin kontraksinya. ditambah harus suntik pematangan paru 6x. 1 hari 2x selang 12 jam jd aku dirawat di rs 3 hari 3 malam. skrng udh pulang. dikasih obat yg sama kalau merasakan kontraksi suruh diminum.. tp kenapa aku search nama obatnya mefenamic acid bisa bikin janin cacat yaa jd takut.. percobaan ke hewan juga ada efek samping ke janinnya. termasuk golongan obat C tp kata dokternya asam mefenamat golongan B. manfaat lebih besar dibanding resikonya jd gpp diminum aja katanya... trus aku search juga di google suntik pematangan paru ga boleh lebih dari 2x.. lah aku kmaren2 knapa sampe 6x.. bener2 jd pikiran bngtt..bimbang.. tp keluarga bilang dokter yg lebih tau jd nurut aja.. yaudh aku berharap semoga janinku sehat wal afiat. bisa lahir dengan selamat tanpa kurang satupun..

Baca lagi

kalo aku emang kehamilan ada indikasi medis, pas 32 33w bbj kecil, udah ikhtiar ini itu, smp 34-35w tetep gk naik,kasus sy namanya Pjt. sy gk nunggu lg 37w sesuai jadwal awal krn takut bayi iufd, sebelum lahiran dr 33w itu tiap hr sy affirmasi positif bayi, aku bilangin kita bakal lahir prematur dek, smp situ adek nangis yg knceng, teriak yg kuat, hisap yg kuat ya, tiap hr aku omongin bun, Puji Tuhan pas lahiran 35w, bbj 2kg. gk masuk nicu, apgar 8,9/10. semua kondisi baik. 1hr di rs besok plg breng aku. sebelum laahiran aku udah suntik pematangn paru. jgn panik bunda, ikhtiar mkn yg byk skrg jd walau sesndai lahiran prrmatur bbj gede. semangat ya. byk bed rest krn ada kontraksi itu, bring aja, mkn di tmpt tidur, alpukat telor susu.

Baca lagi

sy kemaren gitu bun, dr kontraksi asli smp lahiran selang seminggu. udh dikasih obat penahan kontraksi, bahkan sampe di infus buat obat yg lebih kuat, tp ternyata ketubannya rembes jg, kadar infeksi bakteri di darah ud banyak. jadi lsg di lahirin. sblm lahiran aku sempat opname dl 2hr buat suntik pematangan paru sm masukin penahan kontraksi lwt infus itu karena minum obat ga mempan. anakku lahir 35w 5d. sempat masuk perina 4 hari karena aku sm dia sepsis. bundanya hrs kuat supaya dd nya jg kuat. krn iketan batin ibunya paling kuat ke anak. semangat ya bun, semoga masih bs dipertahankan sampai cukup umur kandungannya💪🏻

Baca lagi

anakku dua kedua ny prematur lahir kedua anak kembar BB ny 1300 kecil bnget tau,aku jg di suntik pematang paru aku lahiran usia kandungan 7 bln aku ngk ada disuntik kontraksi hilang ,aku tetap kontraksi selama berjam2 aku tahan krn si bayi jg pngen kluar jd suster suruh jgn ngeden,ya nama ny jg ngk tahan kan ya aku ngeden aj aku kluarin tu bayi sndri tnp bantuan suster krn si dokter blm dtg, Alhamdulillah bayi kluar slmat,bayi yg satu lg ngk slmat krn kelamaan dlm perut,darah jg bnyk,lahiran pertama normal setelah itu baru dioperasi lg utk mengambil anak yg satu ny,skrg bayi ku dh gemoy Alhamdulillah

Baca lagi
3w ago

maaf bun itu lahiran di RS kah ? koq susterny g ikut bntuin ? stidkny kan klo dokter blm dtg.. suster atau bidan dsna yg nanganin

pengalaman saya lahiran anak pertama itu di 34week, ke bidan katany blm cukup bulan hrus ke RS masuk ugd di kasih obat penghilang kontraksi dan pematangan paru tp malah tambah mules yg akhirny cek pembukaan sudah pembukaan 4 akhirny mau tdk mau di bawa ke ruang persalinan g nunggu lama 4jam berikutny dd lahir dgn selamat dgn cara normal klo udah si dd ngajakin mau d kasih apa pun g ngaruh ya😊 (klo mnurut saya) alhamdulillah anakny aktif dan sehat skrng udah 1 thn

Baca lagi
3w ago

@bu ria trus bb anakny brp bun pas lahir

baru ngalamin ini minggu lalu bun di usia kandungan 34 minggu, kontrkasi sudah rapet bgt dlm 10 mrnit bisa ada 3 kali kontraksi, akhirnya dirawat di ruang observasi kamar bersalin gitu,sama dikasih obat anti kontraksi dan sudah suntik pematang paru, alhamdulillah bisa dicegah kelahirannya meskipun tiap malam masih sering kontraksi smpe skrg.. perbanyak istirahat bun, kl bisa bedrest total kl sudah dirumah.. smoga dede bisa lahir sesuai waktunya dan sehat sehat

Baca lagi
3w ago

aamiin, semoga bunda sama debay juga sehat selalu sampe waktu lahirannya cukup bulan ya.

bbnya brp bun? ponakanku lahir di 33minggu bb 2,2 ga masuk nicu alhamdulilahnya dia sehat jadi pas kita pulang anak ikut pulang . cuma ya namanya bayi prematur harus ekstra ngurusnya . sm sekali jngn dulu dimandiin paling di lap aja, susu khusus susu prematur biar cpt naikin bb. kamar harus bnr" anget, jadi gnti pake lampu yg panas selama bb nya normal . hamdalah skrg udh 3thn anaknya sehat malah sm aja badannya ky anak yg lahir cukup bulan bb memadai .

Baca lagi

Q dlu wktu ank pertama smp mau lahir diusia 7bln bun coalx udh kontraksi asli pie kta dokterx msih kecil bgt cma 1,8kg jdi dsuntik dksi penguat biar ckup usia dlu dan alhamdulillah gk kontraksi lgi n Q dhruskan bedrest total n minum penguat kandungan n alhamdulillah putri sya lahir diusia 9bln lebih seminggu n ckrg udh 2,5thn,semangat ya bunda mudah2an bisa bertahan biar ckup usia dlu

Baca lagi
3w ago

sama bund,Q jg tinggal sma mertua pie demi kebaikan Qt n dedek utun tak tega2in bund kan gk slamax cma be2rp saat aja,gk ush dpkirin bund yg penting bunda n dedek utun sehat,semangat bunda