Bayi newborn minum jamu

Kesel bgt bund, anak sya bab nya lg gak lancar, jd sering mengejan dan perutnya keras. Yg disalahkan saya, krna sya katanya gak ijinin mertua buatin jamu untuk diminumkan ke anak sya yg umurnya bru 3 minggu. Meskipun cuma sesendok makan, tp kan sya takut knapa2. Pokonya kesel bgt 😭dikit2 kl anak sya sakit, gumoh atau apa dibilangnya "itu krna gak dikasihin perasan daun ini daun itu" Bla bla bla.. Gimana ya ngadepinnya bund 😩

59 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

waduhhhh kadang inilah yaa masih nerapkan ilmu jaman dulu. padahal udah ada kalimat nya didiklah anak sesuai jamannya. malah pula mau dikasih jamu. perut nya aja masih sensitif. kalau anak full asi wajar Bun gak pup 9-14 hari. kalau perutnya keras dan dia suka mengulet/seperti mengejan itu wajar. biasa nya bayi mau ngeluarin kentut nya tuh jadi dia kek gitu. selagi bab nya tidak keras dan bergerindil. trus ngulet2 ngejan gitu akan berlangsung sampai 3 bulan biasanya. seperti anakku master of kembung setiap hari sampai usianya 2 bulan, dan juga ngulet2 ngejan sampai mukanya merah. karena kembung itu mau kentut. awalnya bingung sampai ke DSA tuh. rupanya jawaban semua DSA sama. penyebabnya asi yg terlalu deras membuat anak banyak menelan udara, memberi asi setelah anak menangis, perlekatan yg salah, dan juga karena kurangnya menyendawakan bayi. kadang kita mikir ah udah sendawa letak lah lagi, ataupun belum sendawa udah sekitar 5 menit lebih letak lagi. padahal setelah menyusui kita gendong paling lama 30 menit supaya ASI-nya tercerna dahulu sehingga tidak terjadi kembung, baik bayi sudah bersendawa ataupun tidak bersendawa. jangan dikasih yg aneh2 deh nenek. trus jangan dititipkan sama neneknya nanti dikasih aneh2 pula wkwkkw. aku mah gak tim titipin anak ke siapapun

Baca lagi

anakku 1½bln mau dikasih air putih yang judulnya zam" oleh" pengajian org abis umroh. udah kubilang jangan. dan bbrp hari kemudian ee anakku mulai agak cair sampe akhirnya tinggal warna aja dah nggak bertekstur. aku timbangan BB nya turun. lgsg aku tanya ternyata bener dikasi air putih itu diem" . astaghfirullah. sebel banget tapi ortu sendiri. abis itu gmau salah lagi malah bilang *jangan makan pedes dulu ya kamu.* pdhal pas periksa mah dokter bilang makan pedes itu boleh asal ga berlebihan sedangkan memasukkan selain asi (atau sufor) itu gaboleh, organ dalam rawan iritasi kuman dan bakteri. tp ttep aja ngeyel *kamu jangan makan pedes* _- dan ada satu lagi yang bikin sebel dibilangnya *itu efek angkatan tengkurap*. astaghfirullah apa nyambungnya. gaada tolonggg. jadi trauma gamau lagi ngasih anak dimomong siapa" terutama yang ngasih air putih itu walaupun dia nenek anakku. ibuku sendiri _-

Baca lagi

kalo abis nete disendawain mom, ditruh dipundak atas kanan/kiri kepalanya. perut besar dan keras bisa jadi banyak angin/gas saat nyusu jg pelekatan nya kalo ga pas udara bisa masuk. jd perut besar, menyebabkan anak rewel, ngejan ngeram2 gtu, sampai ngulet2 nglengkungin badan. itu tandanya kembung moms, banyak gas diperutnya jd ga nyaman. saran saya sering dusendawain setelah nyusu, pijat ILU diperut kalo blm paham cek tutorial yutub, terus kaki digowes2 kaya sepeda, in sya Allah kentut2 bakal keluar. sama pijat telapak kakinya moms, tutor liat diyutub/tiktok. anak saya awal2 bulan suka gtu ngejan ngeram2 ngulet, kaya ngga nyenyak tidurnya, ternyata kembung banyak gas diperut. alhamdulillaah setelah 2bln lebih udh ga ngejan ngeram lg. udh bisa belajar kentut tanpa ngejan. smangatt ya momss

Baca lagi

anakku sejak newborn sampe 4bln ini kalo bab ya mengejan kok bun wkwkwk nggh nggh ngghhh mukanya sampe merah bgt trus berakhir ceprut ceprut prut pruuttt 🤣🤣 ngeden kyknya hal yg wajar sih bukan karena ga dikasih jamu 😂 perutnya kembung jg sering tiap abis nyusu tinggal sendawain aja, pijat gowes kakinya (ini manhur bgt di anakku lgsg kentut2), pijat ILU perutnya, kempes lagi deh perutnya anaknya happy2 juga 😁 gumoh juga normal bgt ga usah dikasih apa2, kalo gumoh cukup miringin badan anaknya, itu kekenyangan bukan karena ga dikasih perasa dedaunan wkwkwk 😆 curiga mertuamu nih ikut ngrawat anak2nya ga sih masa hal sederhana kayak gtitu ga tau 😅

Baca lagi

sama kayak anakku umur 2 bulan d kasih kerupuk kulit mertua bilang ini gorengnya gak pake minyak jadi gpp bisa d makan sama bayi juga. ya Allah kadang saya nangis sendiri kalau mau ngomong ngomong gimna jadi saya curhat sama sepupu suami yang sama sama punya bayi. dan s sepupu kirim pesen dan gambar ada bayi yang kluar usianya gara gara d siapin jadi dia yang wanti wanti katanya anak saya jangan d kasih makan apa apa. kadang saya suka gereget dia yang nyuapin dia yang nyalahin, anak bungsunya yang gendong trus bayi kelepasan jatoh cuma s bayi kaget saya yang d salahin.

Baca lagi

setau saya wajar sekali bayi umur segitu terlihat seperti mengejan, mbak 2 anak saya juga gitu kok, mengejan kombinasi sama kayak ngulet gitu, terus ngeluarin suara juga (bingung jelasinnya ini gimana 😅) tp wajar kok perut keras barang kali kembung, coba pijet ILU kalo anak umur segitu kebanyakan masih BAB dlm sehari beberapa kali, gak padat, cenderung encer dan kadang ada tekstur tertentu pernah juga anak saya yg pertama gak BAB 10 harian, dan itu wajar klo bayi ASI (toleransi 14 hari)

Baca lagi

waduh, jangan sampai diberi ya, bun. air putih aja gak boleh aplg air jamu 😵 bayi full asi kalau bab gak tiap hari itu wajar, redflagnya 2minggu. soalnya anak saya juga full asi bab-nya seminggu sekali. prlu diwaspadai kalo bayinya ada kecolongan diberi sesuatu aplg mertua ngotot ngasi ramuan mujarab jaman bahela ya, bun. tempelin trus bayinya. dan tegas juga ke mertua kalo anak bunda jgn diberi apa2 selain asi. soalnya kalo sakit yg pusing orangtuanya bukan kakek neneknya 😑

Baca lagi
3mo ago

susahnya jadi ibu patriaki ya gini. apa2 ibu yg salah, padahal ibu lah yg sudah berusaha semaksimal mungkin utk jaga kesehatan bayi tapi malah org sekitar yg cuek bebek. yg sabar ya bun. yg pasti tegas aja bun kalo ada yg ngasi makan/minum ke bayimu. keluarga saya juga penganut bayi gak apa2 di kasi air putih, tapi saya tolak dan larang krna asi saya msh banyak dan gak perlu ada tambahan air putih. putar video dokter di tiktok dgn volume full tentang pentingnya pemberian asi dan bahaya pemberian selain asi utk bayi, bun. kalau bisa pake toa sekalian, biar mertua dengar dgn sangat jelas.

TapFluencer

Kalo full asi, coba bunda kurangin makan produk dairy kaya susu keju dan turunannya, di aku ngaruh bgt. Waktu anak pertama sering mengejan gitu, ternyata kan kolik yaa, trs pas anak kedua gitu disarankan dr diet produk dairy itu, alhamdulillah anakku jarang kolik, jarang gumoh yg sampe muntah gitu bun. Buat kata mertua mah pokoknya jangan ditanggepin bun, itu anakmu, orang lain gaboleh ikut campur buat pola asuhmu, diiyain aja kata mertua, tapi jangan dilakuin

Baca lagi

Usia bayi apalagi baru lahir sangat normal mengejan bahkan ada yg mengeram hingga hampir menangis. Hal tsb karena sistem pencernaan hingga akhir pembuangan BAB nya belum sempurna. Bunda rajin sendawakan dan bantu dengan pijat ILU bun. Bunda jelaskan ke mertua pelan2 jika pemberian jamu, minuman atau makanan lain selain ASI atau sufor (jika anak bunda sufor) tidak diperkenankan utk bayi. Jika sulit, bisa aja mertua temui dsa agar tenaga kesehatan yg menjelaskan

Baca lagi

ilmu dari mana bayi newborn dikasih minum jamu ya Allah, newborn bab setiap saat normal bun sama kaya anak saya baru lahir selama 30harian lebih bab setiap saat apa lg kalau lg nyusu langsung bab dan sekarang lg di fase bab setiap 1 minggu sekali dan itu wajar karna full asi selagi bayi nya tetap nyaman dan tidak rewel kalau perut kembung lakukan pijat ilu sama kaki nya di gowes bun bilang ke mertua nya kasian bgt bayi baru lahir dikasih jamu

Baca lagi
3mo ago

ank saya juga usia 3 minggu bab 1 hari sekali setiap jam 5 pagi ad jadwalnya kan😭👊