Kurang ASI atau cukup

Jadi gini mom, bayi saya selalu tersedak saat menyusu krn aliran asi terlalu deras jd saya pompa dulu saat akan menyusui. Tapi saya perhatikan pipis bayi tidak sebanyak biasanya, biasanya sampai diapernya berat walaupun diganti tiap 4 jam, tp skg ga begitu berat walaupun tetap ada pipisnya tiap waktunya ganti diaper. Kira2 normal ngga yah? Oiya saya pompa juga krn takut bayi tidak mendapat hindmilk soalnya keburu kenyang kebanyakan foremilk dan bayi saya gamau menyusu terlalu lama kalau belum dipompa karena selalu tersedak.

7 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

BB nya gimana bun? kata bidan bagus kah? saya juga sempet punya kekhawatiran yg sama tp kata bidan selama BB aman gausah kuatir, bisa jd asi terserap ke tubuh makannya pipisnya dikit, tp tetep harus pipis yaa kalo saya sih lagi ngalamanin over supply jd setelah DBF saya pumping dapet skitar 300-400ml jd solusinya saya susuin anak di 1 payudara aja biar dapet foremilk sama hindmilknya, kecuali emang payudara 1 nya udah kosong baru deh pindah...tapi biar ga bengkak saya tetep aktif pumping dan Alhamdulillah saya cek kesehatan anak jg bagus smua, dari BB, TB dll

Baca lagi
3y ago

Masih blm tau mom, anak saya masih 1 bulan dan blm sempet nimbang lg. Baru tgl 21 nanti sekalian vaksin. Semoga bagus ya.

Coba durasi pompanya dikurangin dulu saat anak mau menyusu, atau kalo belum dipompa dan takut kesedak bisa gunain jari membentuk seperti gunting buat neken aerola untuk ngebantu membatasi aliran asi

3y ago

Durasi pompa udah dikurangin tp masih deres dan muncrat2 gt mom jd harus dipompa agak lama. Udah mom aku coba tahan aliran asi dgn membentuk gunting di areola tp kyknya ga berpengaruh jg.

Coba dlm 1hr dicek dlu jangan pke diapers untuk ngecek pipisnya minimal 6x tidak bun trs untuk hyperlaktasi sebaiknya posisi menyusui bayi diatas bun laid back position.

3y ago

Saya ganti diaper anak saya tiap 4 jam sekali mom jadi sehari bs ganti diaper 6x atau lebih dan setiap ganti pasti sudah ada pipisnya. Cuma saya perhatikan volume urinenya nggak sebanyak kalau ndak dipompa sebelum menyusui.

coba nenin nya sambil rebahan bunda, bisa mengurangi aliran asi.. bisa jd pipisnya lebih dikit karena foremilk nya yg masuk dikt jg..

3y ago

asal pipis nya min 6x masih normal kok bunda dan sudah cukup asi.. bisa d pantau jg bb baby nya tiap bulan, harus nya kl banyak hindmilk nya bb nya bisa naik banyak.. foremilk nya tetap d berikan yaa bun, karena kandungan untuk perkembangan otak bayi ada banyak d foremilk.. memang lebih encer karena tujuannya untuk menghilangkan haus pada baby.. sehat2 selalu bunda ratih dan dedek nyaa.. 🤗🤗

Up

Up

Up