Apa salahnya sufor + caesar?

Hi bund, aku ibu muda baru umur 20 tahun, 19 desember 2022 kemarin baru melahirkan anak pertama dengan cara opcaesar, bukan tanpa sebab tapi karena waktu itu kontraksi sudah intens tapi belum ada pembukaan dan DJJ janin sangat tinggi sampe 62.. jam 4 sore aku ke rumah sakit dan lgsg dijadwalkan op caesar jam 11 malam.. awalnya aku emg udah yakin bgt bakal lahir normal tapi kenyataannya memang harus caesar demi menyelamatkan janin, menurutku apapun caranya melahirkan tetap sebuah perjuangan. Dan perihal menyusui aku juga udah niat bgt untuk full asi sampe beli pompa asi manual, elektrik dan kantong asi tapi asi aku masih bener bener sedikit keluarnya paling banyak 20 ml pdhl aku sudah konsumsi segala macam asi booster mulai yang pil sampai sayur2an, karena menurutku itu kurang aku selingi dengan sufor bebelac.. sebulan berlalu saat kontrol ke DSA, bb anakku cm nambah 200 gram, dan itu kurang sampe bilirubin anakku juga tinggi, akhirnya diranap selama 2 hari.. hancur hati ku sebagai seorang ibu, ngerasa gagal, aku gatau kalo ternyata anakku kekurangan asupan.. mulai dari situ aku mulai menurunkan ego dan berusaha menerima bahwa asiku blm cukup, aku tambah lagi sufor dan masih tetap diselingi asi, alhamdulillah bb anakku naik dari semula 2,6 kilo ( bblr ) jadi 4,3 kilo.. Perihak omongan tetangga dan keluarga bener bener bikin aku down, bahkan tetangga ku blg " anak jaman skrg mah gamau cape lahiran tinggal telentang doang ga ngrasain sakit " dan banyak lagi.. tapi syukurnya mama kandungku ga pernah permasalahin itu semua asal aku happy dan anakku sehat itu udah cukup.. Kenapa ya ibu ibu pada beradu nasib tentang NORMAL / CAESAR & ASI / SUFOR ??

83 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Aku lahiran normal. tp anakky full sufor dr usia 3 bln sampai sekarang 3 thn 10 bln an masih nyusu, susunya chilkids. sengaja kusebutkan biar kebayang kisaran harganya hehe.. dlm sebulan saya stok susu 4 box dikali 800 gr. blm jajan anak saya tiap harinya kurleb 15-20 rb. ditambah anak saya klo makan, menunya spesial. harus ada ikan dan daging2an klo lg males minimal telor sekali makan 2, ga bisa absen satu hari pun. Nah ada nyinyir tuh ibu2 yg anaknya seumuran anak saya cuma lebih tua beberapa bln aja (masih sepupu jauh) dia jg nyusuin anaknya full asi dan udh disapih jg. Anaknya dikasih makan apa aja sama ibunya. mau tempe, mau telor, mau air bening doang yg penting makan nasi aja. Jd dlm arti menurut saya "tdk menu lengkap" Suatu ketika nanya ke saya, ya saya jelasin dong klo anak saya biasa makan ya bgini dan blm berenti nyusu. Eh dia malah bilang "udah gede ko masih nyusu, anak saya udh disapih dr 2 thn loh pinter, makan juga apa aja mau, ga pilih2, ga harus ada daging/ikan, yg penting makan nasi, berentiin aja nyusunya orang mau punya adik geh nanti malah kewalahan". Sontak aku pen ktawa,, yo pantes anakmu kurus kering tdk bertenaga wkwk. Beda sama anakku yg bb dan tb nya udh ngebalap anakmu. Ga cengeng, apa2 bisa sendiri, bahkan udh bisa menghafal alquran. lah anakmu kerjaannya cuma nangis doang, apa2 masih ortu. btw anaknya tuh 4 thn an lebih. Cuma ya aku ngomong dlm ati aja, klo ku ceplosin yg ada ribut wkwk... Semangat buk kasih yg terbaik utk anak, mau sufor atau asi, Mau normal atau sc selagi kita berusaha memberikan yg terbaik utk sikecil yaa kita ibu yg hebatt. Jangan dengerin orang nyinyir, atau sekali2 bisa diceplosin aja bun klo udh ga tahan hehe..

Baca lagi

Hebat bund tidak memberi sufor diawal-awal penting banget asi yang pertama keluar untuk anak Asi sedikit itu masalah di tetangga Anda, produksi sedikit gara-gara stress omongan tetangga asi seret juga karena lelah, dilihat dari cerita ini keliatan habis sesar berusaha mengasihi sekuat tenaga dan merawat anak masuk RS. Gak papa sufor dulu, Perbaiki mood, kualitas istirahat Meski seret tetap bayi disuruh kenyot-kenyot puting ya Bund, biar merangsang produksi asi. Setiap anak yang baru lahir itu belajar menyusu, begitu pula ibunya juga belajar mengasihi. tidak langsung bisa semua. Saya punya 2anak, cara mengasihinya pun beda-beda. Jadi tidak bisa disamakan. Belajar dari nol lagi. Anak pertama laki-laki bisa nenen 3jam dan harus dibantal menyusui. Anak kedua perempuan, nenen 5menit setiap 30menit dan harus sambil digendong tidak boleh duduk. Bukannya tidak suka sufor, cuma asi penting banget apalagi untuk bayi prematur. Biasanya daya tahan tubuhnya masih lemah dan sering sakit. Saat anak sudah 6 bulan ke atas dan sakit bapil itu diberikan obat dimana bisa diberi asi sebagai tambahan. Setelah minum obat biasanya nangis, sufor tidak bisa diberikan 1jam setelah minum obat. Asi bisa diberikan saat maupun setelah minum obat,jadi anak bisa lebih tenang. Sekelebat info,anak bapil dibawah usia 2tahun bisa terjadi 8-10x dalam setahun,dan itu normal biasa terjadi (Kata dokter di IG). Misal bapil tiap bulan,maka setahun cuma 2bulan tidak bapil. Saya cuma sedih lihat anak nangis habis minum obat ingin minum susu tapi tidak boleh sebelum 1jam. Tetap berjuang mengasihi ya Bund. Semangat, Puk puk dan peluk jauh dari saya

Baca lagi

selamat ya bun atas kelahiran anak pertamax.. 🥰🥰. jadi ingat wktu mau lahiran anak pertamaku jg 2 thn lalu. cerita hampir sama. kontraksi intens tp pembukaan tak maju2 akhirnya lahiran di induksi sampai 2 kali. bahkan hampir menggunakan vacum. 😥😥. anak ke 2 jg baru lahir desember kemarin sy induksi jg 2 kali. ketuban sdh keruh dan ada lilitan di leher janin.. mengenai sufor anak pertamaku jg minum sufor.. ya sabar2kan hati dan tulikan telinga sm org2 yg suka julid. krn apa.. setiap anak, ibu dan kondisi lingkungan, keluarga itu beda2. tidak semua anak bisa dibanding2kan. bgt jg masalah pengasuhan. ada2 aj yg di komplein.. jadi saran sy apalg usia bunda masih terbilang muda hal yg pertama itu jaga kewarasan diri jangan mau terintimidasi dengan perkataan org2.. fokus sm anak sj. banyak2 buka yt cari2 referensi pola pengasuhan atau ikt grub parenting itu pasti sngat membantu. itu yg sy lakukan alhamdulillah sy happy dengan 2 balita yg jarak lahirx cuman beda 20 bulan. 😁😁 *kemarin nanya2 ibu di pertemuan posyandu bagaimana carax agar asi ttp banyak walau tak minum booster asi.. banyak2 minum air putih katax dan sy peraktekkan dirumah. kalw bayi sblm nyusu minum air putih dulu segelas. dan klw mau pumping jg bgitu sebaikx di kompres2 jg air hangat dan minum air putih.

Baca lagi
VIP Member

duh bun, saya yg melahirkan anak ketiga sc aja keluarga besar suami pada ngmg gini "kok bisa sc sih? kan anak pertama dan kedua nya normal". sumpah kezeell bnget denger omongan kayagtu. seolah2 bnget sc itu kayak ga berarti bnget. ga tau aja perjuangan sc kaya apa. padahal biaya sc ga pake duit sodara2 suami, ga mungut sumbangan buat bayar sc. kok pada repot heboh dan kebakaran jenggot tau saya sc. padahal saya sc karna indikasi, sungsang dan hemoroid grade 3. memang ga disaranin buat normal. tp saya ga diem aja, saya lawan. saya bilang aja " lah ngapa emang kalo sc? kan bayar nya pake uang pribadi saya ga minta sumbangan sana sini buat bayar sc saya. kok situ repot". dan yg ngmg kayagtu tuh uwak nya suami yg ga punya anak sama skali. tp bacoott nya seolah2 dia paling berpengalaman beud. ga suka saya kalo diusik2 ga jelas kayagtu, siapapun itu bakal saya bls. inget ya bun, mau normal mau sc itu sama, sama2 melahirkan, sama2 berjuang, sama2 bertaruh nyawa demi melahirkan buah cinta. untuk sufor, gausah di pusingin bun, beli sufor ga minta sama tetangga apalagi sodara. yg penting anak sehat, mamak nya juga sehat. gausah didengerin mulut orang mah. kalo bisa dilawan ya lawan, kalo ga bisa ydh abaikan aja. anggep aja setan lg ngmg.

Baca lagi

bund.. sabar yaaa, semangat. sama saya pun lahiran SC krn preklamsia dan bblr (2,3kg), dan awalnya ASI tp seret akhirnya campur sufor khusus bblr, dan pas 2 bln ASI nya bener2 stop akhirnya full sufor. omongan orang disekitar wahhhhhh jangan ditanya, ada yg paling bikin sakit hati "anak skrg milih gampangnya aja, bayi kecil 2kg gitu kok sesar apa gak kuat ngeden". lalu ada jg "susu nya lho gede banget tp gak ada isinya ya kok pake susu botol", dan lg ini org yg dia ASI sih ke anaknya "ngasih sufor ke anak kan sama aja kyk nabung penyakit buat anak" dan ada lg "rejeki anakku bagus bngt bisa aku kasih full asi". tapi yoweeeeeeesss aku biarpun SC dan sufor tp kasih sayangku ke anakku jg fulllllllll. suamiku jg full support ke aku dlm hal apapun ttg kebaikan anak dan aku alhamdulillah. suami lgsg iyain kata dokter utk SC krn emang kita udah konsul ke bbrp SPOG dan sama semua nyaranin harus SC krn kalo gak ya nyawa bumilnya yg berbahaya. lalu anak saya minum sufor jg alhamdulillah rezeki anakku bagus krn kami ada saja uang buat beli susu yg sebulan habis kurleb 1,5jt. yg penting suami, ortu dan mertua skrg full support bund ke kita..

Baca lagi

Hmm yg ngomong gt udah pernah ngrasain sc blm yakk Saya juga sc bun dan itu mendadak krna debay djj nya tiba tiba rendah pas kontrol.. dan langsung dibawa ke igd dan bayar umum krna dokter takut debay meninggal dalam perut.. anak pertama, udah rajin senam, jalan kaki tiap pagi dan sore, udah kontraksi palsu, udah mendekati HpL juga tiba tiba disuruh op sc ya psti kaget dan udah kepikiran diomongin tetangga sm temen kantor begitu tp demi debay selamat yg nomor satu Di ruang op sendirian, kedinginan, gemeteran terus, disuntik bius yg sakitnya tulang punggung pegel pegelnya masih berasa sampe sekarang, Aku pernah diremehin temen “enak sc gak sakit” dan dibilang “bayi mahal” tp ku jawab iya dong mahal, cb deh mbak liat proses video op caesar, itu operasi yg gak sakit/kecil brp lapis aja itu disobek.. Akhirnya diem deh :D capek bun soalnya diomong begitu bae :D Tentang sufor/asi tetangga mah gtu bun, Bayi aku full asi gak gemoy pun dikatain disuruh sufor aja biar gemoy.. skrg bayiku udah 8bulan aku mix sufor sama asi pun juga dikomentarin nyinyir lagi :D Yg penting adek sehat bun, semangat !

Baca lagi

Udaah. Bodo amat aja buuunn. Itu yg pada ngomong cesar ga sakit, dia udah pernah ngerasain 2 2 lahir normal dan cesar? Ada juga kan ibu2 yg cesar dg segala komplikasinya, trus ibu2 yg lahiran normal cuma berapa kali ngeden aja dedenya bisa keluar. Kan tergantung kasus masing2. Tergantung indikasi masing2 tiap keadaan anak dan ibu. Siapa yg bisa kontrol. Ada juga yg bilang kalau cesar dan sufor berarti belum jadi ibu sesungguhnya. Trus yg lahiran normal dan anaknya dihiraukan atau dibuang, lebih bisa dibilang ibu sesungguhnya gitu? Yg tega anaknya kekurangan asupan bela2in gamau kasi campur/full sufor juga ibu yg baik? Alhamdulillah bun, bunda bisa sadar kalau bayi bunda memang butuh sufor ga hanya asi. Gausah capek2 mikirin/berargumen dg orang2 yg pikirannya sempit begitu bun. Maaf kasar, tapi orang2 begitu kita kasih argumen apapun juga ga bakal nyampe sama mereka. Saya belum lahiran, gatau ini bakal normal/cesar. Saya cuma berdoa semoga lahiran sehat, lancar, dan adeknya ga ada kekurangan🤲🏻 Semangat selalu bun❤️

Baca lagi

WHAT? tinggal telentang doank?? enak sekali mulut itu berucap 🤨 dipikir bukan sebuah perjuangan besar ya, dimulai dri dipasangin kateter, disuntik obat bius di tulang belakang, nahan mual atau pusing tepat stelah dibius, badan diposisiin kayak org mau disalib, pas bayinya keluar juga nggak bisa lgsg meluk bayinya, nungguin di ruang observasi selama 1 jam, badan menggigil karena efek bius dan dinginnya ruangan, blm juga harus menyusui sambil nahan nyerinya perut. udah semua itu dilewati trus dikatain "telentang doank nggak ngerasain sakit"....emang sih paling sakit mah dengerin omongan orang...lebih menusuk dripada jarum suntik 😑😅 saya kalo ada org bilang caesar itu nggak sakit saya bales gitu aja...nggak peduli siapa yg ngomong

Baca lagi
1y ago

sebenarnya bukan msalah yg komentar orang tua atau yg masih muda, tapi kalo emang dasarnya pikirannya nggak mau berkembang ya susah. walau orangnya udh sepuh tapi ttep mau terbuka sama ilmu2 baru ya pasti akan ngerti juga, sama aja walaupun umurnya blm tua2 amat tapi kolot juga ada hahaa. saya juga ada kenal tetangga ibu2 umurnya udh 60 tahunan tapi bisa respon simpatik sama saya yg SC..malahan ibu2 senior yg lebih mudaan (yg masih 40 tahunan) malah lebih nggak ngenakin ngomongnya 😅

menurutku lebih berat perjuangan ibu untuk sc. mereka tidak tau rasa sakitnya. apa kabar aq yg sudah merasakan SC 3x. gtu masih dibilang telentang doang. waduh... nih perut rasanya luar biasa sakitnya. apalagi SC yg ketiga kemarin. untuk asi, biasanya memang anak pertama apalagi sebagai Newmom yg masih baby blues, pengalamanku kemarin memang masih belum banyak pengetahuan ttg asi. jadi anak pertama full sufor, Krn asi seret, pikiran panik, anak nangis minta nen. jadinya stres dan asi pun nggak keluar. dan untuk anak yg ketiga ini. sudah banyak pengetahuan ttg asi, sudah sering browsing2 dan Alhamdulillah asi lumayan lancar. walaupun kadang juga masih dibantu sufor sedikit. saran saya, perbanyak info ttg asi, bagaimana info cara mengasihi yg benar, kasih sugesti KL aq bisa mengasihi. pikiran jangan stres. itu aja sih Bun, jangan dipikirkan omongan orang. AQ sudah menelan banyak omongan seperti itu, dibuat enjoy aja Bun. ntar KL stres pengaruh juga ke asi n baby kita.

Baca lagi

tgl 15 feb aku juga SC, padahal udah ngelakuin berbagai cara buat bisa normal. beli bola gymball, olahraga hampir tiap hari, jalan pagi, senam ngikutin di youtube dll. tapi Tuhan berkehendak lain. sedangkan teman teman yang cuma diem di rumah ga olahraga malah kebanyakan tidur lahirnya gampang banget. Sebelum masuk ruang SC sempat mikir kalo ga adil buat aku, tapi setelah liat bayi aku selamat dan sehat aku bersyukur dan berterima kasih. Terkadang jalan orang emang beda2 dan kita sebagai manusia hanya bisa berusaha😅🥰 setelah sampai di rumah banyak yang bilang, "baru 3 hari udh dibawa ke rs dulu sampai 1 minggu aku gpp, ya pantes di SC orang dokter butuhnya duit" ada juga yang bilang anak sekarang banyak gaya dikit2 sc tapi balik lagi demi menjaga kewarasan hati jiwa dan raga diiyakan aja sambil senyum setelah itu liat wajah anak dan selalu bersyukur karena sudah ada dipelukan😁

Baca lagi