Perut bayi bunyi

Halo mom... Babyku usia 18 hari, perutnya sering bunyi krucuk-krucuk, kayak perut orang dewasa klo lapar. Padahal baby aktif nyusu. Trus jadi agak rewel dan sering poop. Poopnya sih enggak encer2 banget kayak diare gitu. Tapi sering, sehari bisa lebih dari 10 kali. Apakah itu wajar? Atau harus segera periksa?

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

begini, saya jamin ibu2 sini gak tau yg namanya GERAKAN PERISTALTIK, padahal di biologi SMP diajarkan. jadi ketika makan/minum masuk tenggorokan, dia lewat ke lambung turun ke usus, nah makan/minum itu terus bergerak hingga ke usus besar, usus 12 jari, dan seterusnya, nah ini namanya gerakan peristaltik. nah pada org dewasa, kulit dan otot udah tebal2 jadi suara dari gerakan ini gak kedengeran. berbeda sama bayi yg otot, lemak sama kulitnya masih tipis. dia minum aja kedengeran tuh perutnya lagi berkerja, biasa org tua panik, padahal ini normal karena alasan di atas tadi. bukan karena dia lapar, bukan. memang gerakannya cepat dan kencang akibat dia punya usus juga belum sempurna. nah biasanya pup di atas 5x udah disebut diare, kecuali dia cepirit dikit2. kalau khawatir soal pup mending ke dokter langsung, karena harus lihat teskturnya gimana. bukan karena dia ASI FULL berarti mau dia eek 10x itu bagus, belom tentu, harus lihat dulu teksturnya gimana, apakah dia cepirit, dia rewel, demam, nah.

Baca lagi

perut bunyi artinya pencernaannya lagi bekerja bu, bukan krn lapar loh. dan NB memang biasanya pup lbh sering krn lambungnya masih kecil jd saat dia minum susu yg cuma sedikit tentu lbh cepat dicerna jd lebih sering pup jg. jadi semua masih normal yah