Hampir menyerah mengASIhi

Halo bun, anakku usianya 1 bulan. Dan ketika kemarin kontrol ke DSA, ternyata bb nya kurang, di bawah KMS hampir datar🥺🥲 Ga ada tongue tie lip tie, pelekatan juga cukup baik BB lahir 3.1 sekarang cuma 3.4 disaranin DSA tambah sufor, tapi orangtuaku ga setuju, sayang katanya kalau sudah masuk sufor sebelum 6 bulan 😔 Aku dan suami sudah setuju untuk tambah sufor, tapi kata ortuku 2 minggu ini tetep kasih ASI aja, baru diobservasi lagi Ovt mungkin gara2 puting rata, lecet, aku belum nyaman menyusui sehingga asinya seret. Dicoba pumping pun paling banyak 10ml😔 sudah minum asi booster, makan daun katuk dan teman2nya, minum air banyak, tapi tetep aja😭 Adakah yg ngalamin hal yg sama? Bukannya asi diproduksi sesuai kebutuhan bayi ya? Lalu efek terburuknya apa ya bun jika tidak mengejar bb anak🥺

54 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

coba bun tanyain ke ortu yang ngelarang kenapa gak boleh campur sufor. tanya lagi tegasin. "kalau anak saya jadi kuning gimana? mau tanggung jawab? emang apa salahnya kalau asi dan sufor diberikan. yang penting berat anak naik, anak sehat bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal." kalau terlalu dibebanin harus asi asi mulu takutnya nanti malah si ibu jadi beban, stress trus malah asi gak keluar sama sekali. kan mendingan di mix gak apa kok. apalagi kalau ibu dan ayah udah sepakat. kasian loh si bayi, dia lapar nanti kekurangan gizi gimana. nanti malah jadi kuning gimana. malah harus di rawat gimana. bun saya pun juga kasih nya mix kok. asi dan sufor. jadi anak, saya kasih asi dulu. kalau dia belum kenyang yaudah saya kasih sufor. yang penting anak sehat bun. toh pas gede nya juga orang gak bisa bedain mana hasil asi, hasil sufor dan hasil mix. kalau ada yang nyinyirin, bales aja bun. kalau keluarga saya sih alhamdulillah pada support. yang penting anak gak kuning.dan berat badan naik tiap bulan. cuma yang suka nyinyir tuh tamu tamu gak tau diri suka pada sok tau. bisanya cuma nyinyir. nanti kalau anak sakit kan kita yang sedih. kita yang stress. lah orang yang nyinyir mah apaan. paling bisanya nyalah2in ibu nya doang. percaya deh... kalau udah ada bantuan pake mix sufor, akan lebih ringan. gak aka stress. asi mah tetep dikasih bun. jangan sampe engga. ikhtiar makan macem2 penambah asi juga.

Baca lagi

maams mending kalo emang disuruh sambung sufor, gapapa banget kok. demi anak ya kaan cerita dikit ya mams, aku baru lahiran 10hari yg lalu. awal2 bayiku pinter ngenyot. aku udh percaya diri banget asi ku lancar. ternyata smpe hri ke 3 anakku ngenyot pd ku doang tpi isinya ga keluar. yg ada dia kuning aku sbnernya yg pngen ngasih dia asi saja tanpa sufor. tpi pas kontrol dan tau dia kena kuning, aku merasa bersalah bgt. merasa bersalah gk bsa ngasih asi yg cukup buat anakku. jangankan cukup, keluar aja engga suamiku bilang, "jangan idealis, sambung sufor gapapa demi anak juga" gitu katanya akhirnya setelah itu jadinya disambung sambung. kalo dia mau nen ke aku, ya aku nen in. tpi aku juga sambung sufor tpi aku juga mompa. sedapet dapetnya aku masukin kulkas buat stok nanti. ini aja sekarang stiap pompa cuma dpet 20-30ml doang mams, itu anakmu dan suamimu. keputusan ada ditanganmu. kalo emang yg terbaik disambung sufor ya gapapa sambung aja. tpi mamanya juga kudu brjuang buat mengasihi. entah itu dbf atau di pompa, yg penting asi kita tetep masuk anak kita dan dia juga sehat sekarang aku pun masih berjuang biar asi ku deres dan kalo bisa sih stop sufor nya. tapi yg pasti aku sudah berjuang. ga ada mama yg sempurna tapi semua mama selalu melakukan yg terbaik utk anaknya. aku sudah melakukan yg terbaik demi anakku, dan sampe sekarang pun masih terus berjuang

Baca lagi
2mo ago

emang asi itu tdk bisa dibandingkan dg sufor semahal dan sebagus apapun. asi emang penting banget. tapi wallahu alam ya kan, kita ranahnya cuma usaha, kalau memang pada akhirnyq asi kita terbatas sdangkan anak butuhnya lebih banyak yaa harus disambung. mau gimana lagi. orang2 kan gatau gmna kita usahanya. aku pun sejauh ini msih sering sedih. aku gatau ini baby blues atau apa yg pasti msih ada prasaan brsalah. tpi skrg kudu tetep berjuang. anak kalo mau dbf ya dbf, ga mau ya dipompa, kalo, stok pompa habis ya sambung sufor. gapapa. yg penting anak sehat. itu aja goals nya

sama bun, di awal asiku juga seret, tiap hari pumping, dbf, puting lecet parah, sampe bundaku sendiri diam diam kasi anakku sufor, tiap aku pumping cuma dapet 10-15ml dibilangin sama bundaku, "alah percuma pumping pumping, emang dasar kamunya ga bakat asi deres, bunda dulu abis ngelahirin langsung rembes rembes" rasanya kayak ditampar, tapi aku gamau nyerah, memang anakku sempet dikasi sufor, tapi asi tetap aku usahain, alhamdulillah sekarang full asi kuncinya memang jangan stress, makan bernutrisi (prohe bikin lemak di asi jadi tebal, bagus buat naikin bb anak), kalau perlu tambahan asi booster (yang ini cocok cockan ya bun, aku pribadi cocok momsy, kalo yang botol hijau putih ga ngaruh di aku), terus pijat laktasi juga sangat membantu, dannn ga ada pantangan makanan apapun selama ga berlebihan, ini ngaruh banget si diaku, kalo aku dilarang² makan ini itu malah asi aku seret, karena salah satu yang bikin aku hepi tu makan macem², jadi kalo aku bisa makan apa yang aku mau mood aku jadi bagus, asi jadi lancar misal sudah diusahakan sedemikian mungkin tapi tetep seret bbnya, engga apa bun kasi sufor, bukan berarti jadi ibu yang gagal kok, bunda sendiri yang lebih tau usaha terbaik bunda untuk si baby semangat bunnn🥰

Baca lagi

Bun, aku itu ibu yg sudah berdamai dgn kenyataan bahwa tidak semua ibu mampu memproduksi asi sampai luber2. Anakku udah mix asi sufor sejak lahir, krn asi terlambat keluar, jd drpd dia kenapa2 akhirnya sy kasih sufor. Begitupun ketika asi sdh keluar, ternyata keluarnya tdk banyak, sudah dipumping, pijat laktasi, makan banyak, minum vit, minum banyak air, dll usaha2 itu sdh sy lakukan tp hasil pumping sy mentok2 60 ml, kadang2 saja bisa sampai 120ml. Intinya tdk seperti ibu2 lain yg sekali pumping bs ratusan ml. Padahal sy sdh lakukan semua yg ibu2 td lakukan. Hingga sy tiba pd kesimpulan bahwa mungkin mampunya tubuh sy ya cm segini. Dan sy ga nyesal ngasih dia sufor jg krn toh asi sy gabisa mencukupi kebutuhan dia yg semakin banyak. Melihat dia tumbang dgn sehat itu sdh lebih dr cukup. Apalagi anak bunda masih umur sebulan dua bulan, itu adalah waktu yg tepat untuk "menabung" BB, krn makin lama kenaikan BB akan semakin sedikit apalagi ketika masuk masa MPASI, naik 400gr sj sdh bersyukur. Jd jgn memaksakan idealisme kita ke anak ya bun, berusaha boleh tp ketika kenyataan tdk sesuai harapan maka ada hal2 yg harus dikompromikan ☺️🙏

Baca lagi
VIP Member

AKUUU BUNDDDDD…… udah 3x k dokter laktasi, punya alat pumping ampe 6 ganti2, trauma nyusuin karna bbrp kali pumping keluar darah karna lecet dll… awal pumping cuma 30-40ml.. lalu legowo yauda mix sufor dah, lalu sy creambath, spa, shopping wkwk hepi2.. eh asiku DERESSSS jadinya.. sufor nya kebuangggg… ful ASI. skrg sekali pumping 150-200. awalnya trauma nyusuin, skrg tiap sore-pagi nenen dbf, soalnya pagi-sore sy kerja, jd pake ASIP dan cukuuup. tips nya, Happyyyy bund. liat wajah adek, inget2 dulu hasil usgnya, tendangannya, legowo aja bund mau mix atau gmn gpp.. nanti pasti nambah banyak dgn sendirinya. ttp ditambah sufor aja bund, kesehatan bayi yg utamaaa.. sufor jg ok bund.. tp ttp pumping yaa bunda, kalo bunda happy, ga stress pasti nambah sendiri. ga usah takut sufor. sy dulu mix asi + sufor karna mama sy kerja. buktinya ttp pinter bs masuk itb pake tes tulis + sehat jarang bangettt sakit. semangaaat bunda

Baca lagi
2mo ago

kalo kemarin sy sih nutri royal baby/ bmt morinaga bund, yg lg ada apa.. tp kalo sy pas kecil dulu sgm plg murah soalnya mama papa ga punya duit katanya wkwkwk susu apapun itu, yg ptg sesuai umurnya, sama aja kok bund :”)))

Buunnn peluk jauh untuk Bunda. Menyusui memang perjuangan panjang Bun. Tapi setelah bisa menikmati prosesnya, saat DBF adalah saat yang dirindukan. Bunda, coba cari konselor laktasi di kota Bunda. Minta diajarkan cara menyusuinya. Puting lecet itu salah satu pertanda perlekatannya belum tepat Bun. Saya juga puting datar Bun. Awal-awal menyusui saya sering lecet dan saakiiiittt luar biasa. Kenaikan BB di bulan pertama cuma 600 gram, jauh dari target minimal. Kemudian saya belajar lagi bagaimana caranya perlekatan, bagaimana posisi menyusui yang benar. Alhamdulillah Bun bulan berikutnya bisa naik 1kg. Puting lecet juga sudah berkurang bahkan sekarang sudah gak pernah lecet lagi. Dicoba dulu Bun dicari penyebabnya. Kalau memang tetap tidak ada perubahan barulah sufor jadi alternatifnya. Semangat mengASIhi Bunda

Baca lagi

awal2 puting sy jg luka.. stiap mau nyusuin skit bngttt bahkan nanges2.. tp sy dpt solusi dr tmn sy utk pke smbung puting... alhamdulillah membntu.. krna putingnya sdh trlnjur luka sprti mau lepas kroak2 gt jd lw pke smbung puting pas di isep tetap skit cuma ya sdkit membntu dr pd gk pke sama skli🤣 sy pke smbung puting trus smpeee puting sy smbuh.. stlah smbuh sy nyusuin sprti biasa alhamdulillah anak sy jg gk yg trmsuk bngung puting... btw sy jg pke sufor bun mskipun asi sy gk seret2 amat... cuma sy sufornya skli ato 2x aja pas anak sy rewel... trutama pas malam hri... slebihnya asi trus.. anak sy lahir bbnya kurang jg bun 2.4kg stlh umur sbulan alhamdulillah bbnya 3,7kg... kalai emg dktr sdh saranin utk smbung sufor ya gk papa bun.. di smbung aja.. toh it jg saran dr dktr bukan ecek2...

Baca lagi
VIP Member

di coba dlu bu,,,, kaya posisinya terus pastikan bagian hitamnya masuk jadi ada dorongan juga dri kita bu,, ibaratnya bantu ngeraih terus pastikan 2 jam sekali susuin,,, kalo mau nyusuin dia nyedot banyak / kencang susuin pas nangisnya kejer bgt soalnya aku dlu bgni pas abis lahiran asi aku g keluar sama dr laktasi di pijat gitu terus keluar cairan bening suruh buru buru di susuin terus dia lepas sendiri,,,, terus pas 2jam sekali dia ga nyedot susukupun cuma nempel bibir karna dia gabuka mulut sama dokternya disuruh tunggu dia sampe nangis kejer,,, sblm nangis kejer kan dia nangis dikit nah ini diemin dlu aja pas kejer itu tanyanya udh haus berat nanti daya hisabnya sama nyedot putingnya dia kuat dan membantu juga,,, pantau 1x24jam perkembangan nya

Baca lagi

sama kaya kk iparku, bun daripada memaksakan yg gabisa kita lakuin walau dah seusaha apapun lebih baik ikutin saran dokter aja yg penting kita dan suami dah setuju buat tambahin sufor, soalnya klo memaksakan kasian debay nya ga dapat kebutuhan nutrisi yg sesuai karena asi buna lagi seret, kaka iparku jga sama beliau pke tambahan sufor.. da alhamdulilah untuk kesininya debaynya sehat2 aja trs asi jga lama² bertambah n ga seret lagi (debaynya skrg dh 2bln) pas awal jga sama seret ga keluar samsek katanya, trs kata kk iparku kita jga harus bisa mengolah emosi kita jangan mudah stres soalnya berpengaruh ke asi, harus bahagia selalu trs harus ada dukungan jga dari paksu nya..

Baca lagi

bun,, coba perbanyak minum air putih hangat setiap sebelum dan sesudah menyusui,sambil nyusui juga banyak minumnya terus ttep minum vitamin n suplemen kalsium nya, coba power pumping di malam hari, memang berat, tp insya Allah kalau setelah 2 minggu ttep ga kuat ya ga ada salahnya juga pakai sufor... saya dlu bertahan 3 bulan asi sampai akhirnya tumbang kena dbd dan mau ga mau anak harus asi+ sufor.. semper seret juga asinya sebulan setelah sakit.. tp dengan rajin pumping tiap 2 jam dan dbf balik lg kuantitas asi nya walau ttep ga banyak banyak bgt tp ya alhamdulillah bisa kasih asi sampai 18 bulanan

Baca lagi