Produksi ASI

Hallo moms, saya baru melahirkan 12 hari lalu saat ini saya menyusui anak saya langsung tapi dihari ke 12 ini anak saya sering sekali minum asi nya paling seling setengah jam, setiap menyusu payudara terasa perih dan sepa, kondisi payudara pun kecil dan seperti kosong, setiap sudah menyusu bibir anak saya pun kering seperti ga ada asi yang diminum, tapi ketika puting nya saya pencet keluar rembesan asi, saya khawatir asi saya tidak membuat anak saya kenyang, kira-kira ada yang bisa sharing dan beri informasi mengenai kondisi yang saya alami ini? terimakasih sebelumnya.#seriusnanya #ingintahu

4 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Pengalamanku awal menyusui kemarin gitu juga. Sampai anaknya bbnya sempat turun dan diusia 3 mingguan anak naik hanya 500gr. Ditegur sama perawat dan dikasih challenge bulan depan harus naik diatas 1,3kg. Akhirnya aku konsul ke konselor laktasi. Katanya itu pelekatannya yang salah. Makanya puting lecet. Tapi itu wajar bunda kalau baru pertama kali menyusui. Dicoba aja terus sampai pelekatannya bagus anaknya akan gampang menyusui. Cari yang anaknya nyaman bunda pun nyaman. Menurut konselor laktasi saya, bayi menyusu gak hanya diputing tapi areola juga. Pastikan bayinya menghisap areolanya, usahakan areola bagian bawah lebih banyak dihisap. Kalau untuk anak yang sering sekali minum ASI, katanya nggak apa2 dikasih sepuas anaknya. Karena bayi baru lahir itu kepuasannya ada di oralnya. Jadi semakin sering menyusu dia semakin puas. Terus walau sakit harus disusui terus karena hisapan bayi itu ASI booster terbaik jadi jangan pernah berpikir untuk menyerah. Semangat bunda, saya malah sampai panas dingin dan akhirnya ke dokter karena takut. Tapi kata dokter obatnya cuma disuruh menyusui terus biar pelekatannya bisa bagus. Kalau pelekatannya dah bagus, anak bakalan kenyang dan puas. Kitanya pun gak bakalan sesakit itu lagi.

Baca lagi
3y ago

sama kejadian sy jg begitu, tp bunda hr lihat jg berapa x dia pipis dlm sehari jgn kurang dr 6 x, klo krng berarti dia dehidrasi.

Mungkin anaknya lagi growth spurt bund, jadi dikit2 minya nenen. Kalo begitu bunda cuma bisa kasih nenen semintanya dia, usahakan banyak minum air putih, makan sayur dan buah yaaa.

VIP Member

Coba cek pelekatan menyusuinya sudah oke atau belum Bu. Bisa cari contoh pelekatan menyusui yang benar di internet atau YouTube

3y ago

terimakasih bun info & sarannya