Promil Menuju Garis 2, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Hai Parents, Saya dr. Rudi Simanjuntak, Sp.OG, dari CATA Medical. Siapa di sini Parents yang berencana hamil lagi? Untuk Parents yang sedang berusaha punya momongan lagi, dan kali ini pengen kehamilannya direncanakan dan lebih lancar, yuk ikutan sesi Tanya Dokter 'Promil Menuju Garis 2, Apa yang Harus Dipersiapkan?' Silakan ajukan pertanyaan-pertanyaan di postingan ini dan saya akan menjawabnya secara langsung. Ditunggu, Bunda dan Ayah!

Promil Menuju Garis 2, Apa yang Harus Dipersiapkan?
20 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

halo dok saya baru menikah -+ jalan 5 bulan. sejak awal menikah ketika setelah selesai masa subur saya selalu kram perut dan nyeri pinggang. Tapi hasilnya selalu haid dan memang teratur selalu di siklus 33-34 hari.. Saya kontrol ke SPog katanya sih wajar karna hormon menikah.. terakhir bulan Maret masih sama namun haid nya ga sebanyak bulan sebelumnya dan saya ke SPog lagi rahim aman dll cuma saya tidak tau kenapa setiap selesai masa subur selalu nyeri kram perut dan nyeri pinggang . Seharusnya saya sudah jadwal haid karna HPHT 28 maret.. seminggu sebelom jadwal haid perut kram dan nyeri pinggang kembali namun pas udah jadwalnya kram nya berkurang dan nyeri pinggang hanya di aktivitas tertentu.. saya sudah Testpack 2 hari lalu negatif dok.. tp sampe skrg saya masih telat haid.. perut linu linu kalo saya naik mtr atau terlalu lama aktifitas aja setelahnya hilang.. kenapa ya dok? Terima kasih

Baca lagi

Siang dok. Mohon ma’af sebelumnya dok, izin bertanya. Saya menikah sudah 1 tahun lebih, promil untuk punya anak qodarullah sampai sekarang belum dikasih dok. Terakhir haid tanggal 2 maretdpk. Terus pas waktu harusnya haid, yang keluar cuman flek kecoklatan kadang seperti keputihan tapi berwarna coklat sedikit. Pernah sekali dua kali bercampur darah sedikiit. Itu berlangsung cuman beberapa hari dan itu nggak setiap hari juga dok. Sampai sekarang belum ada haid dok. Kemarin sempet kram perut seperti mau haid dan pinggang pegel2, cuman alhamdulillah tidak haid juga dok. Apakah flek kemarin keluar sedikit itu dihitung haid atau Apakah hamil atau masalah lain ya dok? Mau ke dokter bertepatan libur idul fitri, rencana baru mau kesana lagi habis lebaran dok. Terimakasih atas perhatiannya dok. Semoga dijawab dan dibantu🙏🏻

Baca lagi
12mo ago

Baik terimakasih dok🙏🏻

halo dok, saya sempat melahirkan dini diusia kandungan 22week.dan sekarnag sudah 2 tahun 1bulan tapi saya belum hamil lagi. sudah 2 kali usg dan tidak ada masalah kata dokternya, sekali dikasih vitamin dari dokter tapi belum juga. saya coba minum folavit tapi jerawat badan dan muka jadi banyak. BB saya 60 tinggi 160 usia 32 tahun. saya ada keputihan dok, menstruasi saya lancar setiap bulan, siklusnya kadang 30, 31 atau 32 hari. keluar lendir masa subur kadang cuman 2 hari gitu abis itu ga ada keluar lagi dok. keputihan saya putih susu kental, apa itu salah satu efek dari susah hamil ya dok?

Baca lagi

Halo Dokter Rudi, usia saya 33th, ada kista endo kurang dari 3cm di kiri kanan. Saya sempat hamil 2x di tahun 2021, namun harus Kuretase di bulan Agt'21 saat usia 11minggu (krn bagian perut baby tdk sempurna) dan Keguguran Spontan di bulan Des'21 usia 8minggu. Awal th 2023 sy inseminasi tp gagal. Sampai skrg sy blm hamil. Bgmn ya dok agar saya segera mendapat kehamilan yang sehat sempurna? Suami sempat tes sperma dan normal hasilnya.

Baca lagi
12mo ago

Halo Bunda Prilia, Sebaiknya kista di cek dahulu.. Apakah kista berada di ovarium atau di endometrium, kalau sempat hamil dan keguguran berarti apakah proses penempelan embrionya di dinding rahimnya yang bermasalah atau memang hormon progesteronnya yang kurang sebaiknya jika ingin program kehamilan sebaiknya 3 bulan sebelum hamil kontrol terlebih dahulu supaya ditentukan mikro nutrisi dan di cek hormonalnya. Kemudian jika telat haid dan testpack dinyatakan positif mohon segera di kontrol ke dokternya. Jangan melakukan kontak dengan kucing, anjing, burung. Jangan makan yang mentah-mentah. Jangan memakan makanan dengan penyedap rasa.

pagi dok.. saya sedang promol ke dr. obgyn. awal saya cek usg di siklus D12 dan sel telur berukuran 16mm, trus disuruh datang lagi D14 dan sel telur sudah 20mm. katanya sudah bagus, siap dibuahi. trus saya dikasih vitamin untuk suami & istri sama asam folat. dan dikasih jdwal hb. Nah pas D18 perut kram seperti mau haid, itu tandanya kenapa ya dok? apa terjadi pembuahan? sekarang sudah D21 lagi nunggu semoga telat haid..

Baca lagi

dok, saya sudah setahun promil mandiri. HPHT saya 18 januari 2023, Febr tidak haid, 13 Maret Flek dikitt hanya sehari, 13 april 2023 testpack dibidan positif. 14 april 2023 ke dokter usg transvaginal baru penebalan rahim. disuruh bedrest. saya merasakan kram perut ringan 3 hari dan pinggang pegal2. saya testpack 18 april 2023 negatif. apakah saya hamil dok??

Baca lagi
12mo ago

Halo Bunda, Kemungkinan ada dua, sudah hamil dan keguguran atau memang test pack nya bermasalah yang dari awalnya itu dasarnya memang negatif. Sebaiknya kontrol ke dokter kandungan, atau bisa datang langsung ke clinic dan saya periksa untuk di lihat dan di cek, supaya dipersiapkan kehamilan dengan baik.

VIP Member

dok, sy lahiran pertama sc 11 bulan yg lalu, kalau yg ke 2 pgn normal, jarak aman berapa tahun ya? dan apakah bisa untuk bisa kesempatan lahiran normal, soalnya pengalaman kakak sy, ank pertam sc kedua juga harus sc padahal jarak sekitar 5th an

12mo ago

Halo Bunda Diah Istiqomah, Semuanya tergantung indikasi SC pertamanya.. Apakah SC pertamanya karena panggul sempit.. Atau faktor dari hal lain, itu juga harus dipikirkan jangan sampai kita lakukan paksaan indikasi SC taunya SC indikasinya mutlak, jika ingin melakukan lahiran normal jika faktornya SCnya karena faktor Bunda, Janin atau hal lainnya bisa saja dilakukan SC dengan jarak minimal 3 tahun dan bisa lahiran normal.

dok saya terlambat 4 hr dari siklus terpanjaang 35 hr. siklus terakhir 30 hari. pinggang pegal, perut kram sdikit trus ilang kdng2 kram lagi, tp tespek negatif. mohon penjelasan dok krn sy sangat ingin hamil

selamat pagi dok mau bertanya jadi itu td sebelum sholat subuh saya tespack keluarnya garis 2 tetapi masih samar tetapi pas jam 7 pagi tadi keluar darah seperti haid mohon penjelasan ya dok terimakasih 🙏

12mo ago

Halo Bunda Sri Nurhayati, Kemungkinannya itu adalah tidak kehamilan ya.. Karena apa.. Kemungkinan bisa saja hasilnya samar belum menyatakan hamil sehingga mungkin itu karena faktor hormonal saja maka di hari yang sama atau beberapa hari kemudian terjadi menstruasi.

siang dok dok mau tanya anak saya umur 6 bulan kenapa kalau pagi2 bangun saya cek pempers nya paling cuma 2 x dia BAK, kmrn wktu umur 4 bulan sll penuh pempers nya, saya jadi hawatir dok takut knp2