Fetal Doppler

Hai bunda, disini ada yang pakai fetal doppler sendiri di rumah ngga ya? Fetal doppler itu alat untuk mendengarkan denyut jantung janin gitu. Pengen tau klo perutnya tebal apa mmg susah terdeteksi ya pakai fetal doppler? Makasih sebelumnya. Btw usia kehamilan saya 23week.

8 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Untuk pribadi saya gak punya dan gak pake. Saya cuma mengandalkan kontrol tiap bulan aja dan gerakan aktif adeknya. Soalnya bidan aja kesusahan nyari djjnya apalagi saya yg bukan org medis gak tau posisi adeknya bagaimna didalam rahim dan gak tau membedakan mana kepala mana punggung dan pantatnya 😅 Kalau fetal doppler memang agak susah digunakan untuk ibu yg punya perut tebal, karna butuh di raba dulu mana punggung adeknya biar bisa dpt djjnya. Fetal doppler alatnya gak begitu sensitif, beda sama USG. Dan kalau secara medis harusnya 23 week sudah bisa didengar dgn Fetal doppler.

Baca lagi
TapFluencer

Thank you semua tanggapan nya, fetal doppler memang dijual bebas untuk mama2 di rumah yang pengen dengerin djj kok btw, dan tidak berbahaya untuk baby asal tidak setiap hari dipakai, kebetulan saya juga sudah konsultasi dengan dokter kandungan saya kata nya tidak apa2, memang harus sabar aja nyari nya klo di bwh 25 minggu karena baby masih kecil jadi susah klo tidak ahli. Salam sehat semua nya :)

Baca lagi

hai bundaa .. bantu jawab yaah.. Menurut teori, untuk mengetahui detak jantung janin menggunakan fetal doppler biasanya sudah terdengar sejak usia kandungan 14-16 minggu.. untuk perut tebal atau tipis tidak mempengaruhi sih bund. cuma terkadang letak fetal doppler yang gak pas dengan punggung janin jadi terkadang tidak bisa terdengar.. semoga jawabannya membantu yah bunda 🥰

Baca lagi

ya ilah Bun .. bidan ajah kadang agak lama nyari djj nyah .. lah kita yg awam .kagak ada basic medis ..mau nyoba gtu nyari djj .. bukan nya ketemu tuh djj ... takut nya bayi nya knp2 d teken2 .. . . mending ke bidan ke dokter ajah Bun . .yg sudah bener punya basic medis nya .

Baca lagi
TapFluencer

diusia 23w baby masih termasuk kecil dia masih bisa berputar" karna tempatnya masih luas,,untuk mendengarkan djj harus dicari dlu letak punggung janin agar jelas,,baru setelah itu bisa ditempel doopler,,tpi disarankan dilakukan tenaga medis saja

aku ga pakai bund biasa kontrol ke dokter aja , tapi kalo bunda tanya ngaruh ga nya lapisan pemisah bayi dan doppler (ketebalan kulit bunda ),, yapp ini berpengaruh banget.

kalau gak ada basic medis... mending gak deh. Aku cek ke bidan sama dokter kandungan aja.

Aq punya bun,dan harus pke gel ultrasound,aq stiap 2hr skli cek

1y ago

aman ya bun