Galau Lahiran

Hai, Bunda-bunda sekalian :) Mohon ijin untuk bercerita cukup panjang yaa. Saya berusia 27 tahun dan sedang mengandung anak pertama sekitar 30W. Saya juga mengidap penyakit Myasthenia Gravis (autoimun) yang membuat persentase lahir normal semakin kecil, dokter syaraf menyarankan untuk SC saja. Dari awal kehamilan, saya sering berganti-ganti dokter kandungan karena: 1) mencari yang penjelasannya detail juga ramah 2) murah + syukur2 bisa USG 4D untuk memantau perkembangan janin / anak Setelah masuk 15W, saya memutuskan untuk pake BPJS dan berniat memeriksakan kandungan di Faskes 1. Ternyata, di klinik tersebut tidak ada bidan, jadi disarankan ke bidan di luar yang berarti saya tetap harus bayar. Kondisi finansial saya dan suami, tidak memungkinkan kami untuk bisa memeriksakan kandungan setiap bulan apabila harus berbayar, apalagi ditambah dengan vitamin-vitamin yang dibutuhkan bayi. Meskipun keluarga besar saya sangat mampu membantu materiil, tapi saya dan suami memilih mandiri. Makin hari, saya makin galau. Saya merasa sanggup lahiran normal, tapi apa daya, kondisi finansial nggak memungkinkan. Apabila saya menggunakan BPJS, artinya saya harus melahirkan normal di puskesmas, yang pastinya akan jadi bahan cemoohan keluarga besar. Suami saya pasti akan jadi bulan-bulanan keluarga, karena dianggap nggak mampu menyediakan fasilitas yang bagus untuk istri dan anaknya. Sementara kalo lahiran SC, saya khawatir, proses penyembuhannya akan lebih lama dibanding Ibu-ibu lainnya karena riwayat penyakit syaraf saya tadi. Bagaimana seharusnya yaa, Bund? Mohon pencerahannya.

1 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Jgn pikirin omongan org yg penting semua lancar dan selamat bunda, lagipula org2 juga gk akan lama ngomong nya ntar juga reda sendiri

5y ago

Awalnya saya mikir gini, Bund. Apalagi puskesmas di Jakarta sekarang, bagus-bagus, baik pelayanannya maupun lokasinya. Tapi makin ke sini, keluarga saya makin rewel dan memprotes suami saya terus menerus. Jadi kepikiran, Bund.