Apakah perlu pumping setelah dbf?

Hai bun, apa perlu pumping setelah dbf? Terkadang setelah dbf saya rasa payudara ga terlalu kosong, saya coba pumping hasilnya cuma 10 ml per PD. Apakah tidak mengapa jika setelah dbf tidak lanjut pumping lagi? Apa tidak menurunkan kuantitas ASI?

11 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kalau gk ada problem gk usah pumping bun, mau cerita aja bun pas bayiku umur 1 minggu kontrol ke DSA ternyata kuning bagian kepala leher sama perut, karena adek bayi susah bgt dibangunin pas tidur buat ngenyot puting payudara, jadi kurang minum dan jd kuning, BB turun 1 ons pas usia seminggu, trs aku beli pumping manual dan tiap malem kalo adek susah bangun buat nenen aku paksa minum asi dari dot bun, siang malem minum 2 jam sekali, alhamdulillah dalam sebulan naik dari 3,3kg ke 4,5kg dan kuningnya hilang dalam 2 minggu 🥺 kebetulan putingku yg kiri juga agak sembunyi kedalem jd bayi agak susaj buat nenen, pas masuk usia 1,5 bulan adek bayi udah nggak aku pumping lagi bun udah pinter dbf dan alhamdulillah putingku yg kiri lama² udah bagus krn sering dikenyot adek yaa walaupun nggak menonjol sempurna

Baca lagi
4mo ago

Kok bisa sih Bun anaknya di dot tetep bisa di dbf? :") anakku juga sampe dari usia 3 hari aku dot in biar ilang kuningnya sekarang jadi bingput :")

Kalo rajin dbf sih gak perlu bun, kecuali kalo pd bengkak krna kepenuhan smpe rembes barulah mau dipumping boleh.Saya jg baru lahiran bun dan alhamdulilah asi lancar, krna saya irt jd lebih sering dbf dan otomatis PD sering bengkak krna kepenuhan sdgkan bayi baru lahir kan kebutuhan asi nya blm trlalu banyak.Jd mau gak mau ya harus pumping,tp saya pumping kalo pd penuh aja bun jd gak rutin 2 jam sekali kaya orang2.Itupun kalo pumping 2 PD paling banyak dapet 100ml, alhamdulilah stok asip jg banyak tp blm prnh saya kasih krna takut kalo dikasih pake dot malah jd bingput nantinya.

Baca lagi

kalo full time IRT mending dbf aja, bayinya baru lahir kah? wajar ga nyusu sampai PD nya kosong, kan kebutuhan cairannya blm banyak, aku pas awal lahiran PD sering bengkak sampe meriang, dan itu wajar. memang fasenya. nnti kalau bayi sudah kuat minum banyak ga akan bengkak lagi asal rajin disusuin produksi ASI itu sesuai banyak atau enggaknya si bayi itu minum, semakin banyak dia butuh ASI ya semakin banyak ASI yg keluar, kuncinya cm rajin susuin aja

Baca lagi
VIP Member

kalau hal ini tergantung kasusnya sebenarnya. kalau memang ingin meningkatkan pasokan ASI memang sebaiknya setelah DBF itu dilakukan pemerahan. tetapi ketika bayi telah menyusu itu selalu payudaranya masih berat coba dicek lagi ya posisi dan pelekatannya, karena seharusnya ketika posisi dan pelekatannya tepat bayi akan mengosongkan payudara kita dengan sempurna

Baca lagi

Pumping itu ga wajib. Selama bayinya sering dbf ya ga masalah kalau ga pumping. Dengan seringnya bayi dbf itu udh menjaga produksi asi tetap lancar. Tubuh juga akan menyesuaikan produksi asi dgn kebutuhan bayi.

VIP Member

aku dulu gtu bun.. ya dbf ya pumping krna alhamdulillah asi lancar.. klo ga di pompa rasanya cenut" soalnya.. dan ga ada pnurunan kualitas asi.. BB anakku slalu naik tiap bulannya..

Baca lagi
VIP Member

tergantung, kl cm buat ngosongin ya silahkan aja pumping. hasilnya pasti lbh dikit lah bun kan itu udh dihisap bayi. kl ga pumping lg sih gpp asal rajin dbf sm bayi.

TapFluencer

aku selalu pumping sih, biar bner2 kosong aja. apalagi anakku skrg lg di fase nenen smbil mainan dan ngoceh (5 mo). jd perlu bgt buat mastiin bener2 kosong.

saya dlu full dbf bun tanpa pumping sama sekali. gk menurunkan kuantitas asi kok. yg penting kan rajin di susuin ke anaknya.

gapapa bun. malah dari klinik tempatku lahiran di sarankan tdk perlu pumping kalo ibunya di rumah aja