lepas pampers

Gimana ya bunda melatih anak untuk lepas pampers ? Anak ku sudah 36 bln cmn masi mengenakan pampers ..sudah latih untuk BAB di kamar mandi berjam2 tidak keluar ?

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya ngelatih anak toilet training hampir 3 bln bu. Yg penting fokus dan sabar. Sounding ke suami dan keluarga terdekat kalo si dedek akan mulai belajar toilet training. Saya ga pake cara "Setiap 2 jam di ajak pipis ke kamar mandi". Baru bngu tidur saya mandiin trus lepas pospak, pake lgi kalo mau tidur siang, dan tidur malam, itu sekitar 2 minggu lebih. Memang cucian akan lebih banyak, dan bakalan sering ngepelin rumah karna anak akan pipis sembarangan. Tapi sembari ngajak ke toilet sembari bilang "bang kalo mau pipis bilang yaaa... ummi pipissss.. gituuu" begitu terus.. emosi pastilah ada karna kan capek yaaa setiap 3jam atau 4 jam mesti ngepelin pipis anak. Tapi yaitu tadi.. sabar dan fokus.. Bulan berikutnya lepas pospak setiap tidur siang, jadi makenya malem aja. Dan bulan berikutnya lagi, ga pake pospak tidur malemnya. Totally ga pake pospak lagi hampir 3bln, dan sekarang udah bisa lepas celana sendiri kalo mau pipis. Peralatan yg saya beli sebelum latihan toilet: Perlak yg simpel, celana dalam selusin, dan potty seat (dgn karakter yg sesuai anak saya) karna saya pake toilet duduk.

Baca lagi

Awalnya saya yakin buat belajar toilet training sejak anak setiap bangun pagi popoknya selalu kering, terus saya coba ajak setiap 3-4 jam untuk pipis jongkok di kamar mandi. Untuk pup juga awalnya anak risih untuk duduk di toilet jadi saya ajak jongkok di lantai kamar mandi. Dan setelah cukup lama saya ajak duduk di toilet sambil saya temani walau lama tapi tetap sabar ya bun. Semoga proses toilet training nya lancar dan berhasil.

Baca lagi