Perlengkapan bayi

Bunda mau tanya, seberapa penting perlengkapan bayi untuk anak pertama seperti stroller, carseat, baby box & bouncer? Lalu untuk ibunya pompa asi elektrik dan korset setelah operasi? Lagi pusing ngelist biaya untuk anak pertama. Aku tanya ke teman2 yg sedang punya bayi pada bilang penting semua, tp kalau aku tanya ke ibu2 yg sudah lumayan berumur apalagi mama ku bilangnya zaman dulu ga pake gitu2an. Galau banget jadinya perlu dibeli atau tidak 😭 #ingintahu #firstmom #firstbaby Edit: Ternyata ramai, makasih bunda atas sharingnya. Aku putusin beberapa ga aku beli.

54 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kalo aku stroller always bun wajib, karna kalo belanja ke hyperm**t belanja bulanan atau ke mall, atau lagi pergi makan2 gitu, lebih suka pake stroller bun, lebih sat set sat set, kalo di gendong aku gak tahan, capek bun😁. kalo gendongan kalo dia rewel aja,terus kalo lagi masak bun atau lagi pergi sebentar ke alfa gitu. kalo carseat aku make nya pas kalo lagi nyetir sendiri, atau kalo pergi liburan gitu (kalo bunda blm bisa nyetir, terus di setirin suami, mending beli sofa bayi aja bun, kalo pas lagi di mobil bisa di tarok di pangkuan bunda, itu pun kalo tujuan nya dari rumah mau ke rumah saudara atau temen gitu, kalo misalnya mau belanja bulanan bisa bawa stroller atau gendongan.) baby box aku gak pake, enak tdur bareng sama anak.. cuma aku kasur nya nambah. king size anak pertama sama papanya, queen size aku sama anak ke 2.. soalnya anak pertama tdur nya agak rusuh.. tapi kasur nya ttap nyatu. Bouncer aku pake, tapi bouncer elektrik bun, sekalian buat ayunan baby (tapi bouncer gak lama make nya, kalo baby nya umur 3 bulanan udah bisa miring2 rawan jatuh bun, gak beli jugak gpp, pake sofa baby aja, bisa tarok di lantai). Pompa Asi elektrik aku juga pake,karna aku kerja jadi wajib pumping (kalo bunda irt, mending beli nya pas lahiran bun, lihat keadaan kalo sekira nya memang butuh ya beli, kalo gak butuh gak rugi jugak bun, krna bayi nya kan bisa langsung dbf).. korset aku jugak pake bun (tapi bnyak ibu2 yg gak nyaman, jadi terserah bunda aja senyaman nya bunda). mohon maaf ya bun, kalo budget nya cukup boleh beli, tapi kalo budget nya kurang, yg di atas tadi gak wajib kok bun. beli perintilan yg wajib aja dlu bun. lagian tergantung bunda nya jugak sih.

Baca lagi

menurut saya bund, stroller kepakai banget sejak anak pertama dan kedua. kalau pas anak pertama ngebantu bgt buat dibawa jalan2 atau sekedar bawa anak ke dapur nungguin masak, disanding di depan pintu kamar mandi dsb. carseat gk beli. kalau di mobil pakai bantal menyusui trs si bayi dipangku. baby box gk pakai krn nyusuin bayi newborn kan sering, 2 jam sekali, bakal makin ribet kalau harus ambil+mindah anak ke box. enak kalau sekasur dan kadang nyusuin sampai anak tidur trs dipindah tu dia malah kebangun lg. bouncer gk beli krn takut gk kepakai atau cm kepakai bentar. alternatifnya saya beli stroller yg rodanya bisa dilipat trs bisa diayun kayak bouncer. jd praktis multifungsi dan jelas kepakai. pompa asi penting bgt buat saya krn working mom. korset penting gk penting sih, kalau saya pas habis sc anak pertama cuma kepakai beberapa kali krn gk betah..hehe. setelah sc anak kedua lebih sering pakai krn perut rasanya sudah mengecil tp bergelambir. untuk korset pembeliannya bisa ditunda bund krn pemakaiannya gk langsung setelah melahirkan. saya pakai setelah 2-3 bulan pasca sc. kata dokter saya tidak boleh pakai korset langsung setelah sc, soalnya kita tidak tau kondisi luka sc bagian dalam pulih atau belum. jika belum pulih korset itu bisa menekan dan memperburuk/memperlambat penyembuhan luka sc. kalau sudah 2-3 bulan biasanya sudah mulai sembuh jahitan dalam jg jd boleh pakai korset.

Baca lagi

Stoller ini selalu bikin aku maju mundur untuk belinya. Mau dibilang penting tapi jarang berpergian, dibilang gak juga masih butuh untuk beres2 rumah. Tapi Allah Maha Adil. Saat aku belum sempat beli ada tetangga yang ngasih stroller bekas anak pertamanya dan dia dapat stroller baru untuk anak ketiganya dari kantornya. Alhamdulillah. Jadi duitnya masih bisa ditabung untuk beli sepeda kanopi. Pompa asi termasuk penting sih bun. Jaga2 aja kalo misalnya gak bisa DBF terus2an. Cari yang murah di range 200rb.an Korset di aku gak kepake padahal harganya hampir 200rb πŸ₯² Karena gak muat dengan badan padahal ukurannya udah paling jumbo. alhasil cuma pake gurita abis di SC. Carseat wajib banget bagi yang punya mobil. Karena melihat pengalaman salah satu bunda yang anaknya hampir terlempar keluar gara2 mobilnya nginjak jalan yang lagi rusak. Baby Box aku gak beli karena emang anakku mau ku tempatkan di kasur yang sama denganku Bouncer juga aku gak beli karena katanya gak bakal lama dipakenya. Barang bayi yang penting bagi aku : 1. Bak mandi, tapi ukurannya yang gede banget biar bisa sampe 2 3 tahun pemakaian. 2. Baby bather, soalnya anakku gagah sekali pas mandi dan pernah kepeleset sekali pas basuh badan anak tanpa baby bather, tapi Allah Maha Baik, anak tetap baik2 saja, cuma ya trauma.

Baca lagi
VIP Member

aku bouncer ada cm jarang pake, mending sewa aja, gedegan dikit ntar dia udh bs ngulet2. stroller ada, berguna kl aku bawa ke dokter, jalan ke taman, ke mall, muter2in rumah, naik transportasi umum kayak MRT gtu. baby crib aku pake krn memang aku sleep training tidur mandiri dr newborn. jd sudah pisah kasur, minimalisir resiko kegencet atau ketutupan bed cover. carseat jg aku ada dan kepake, anaknya udh ngerti duduk di situ krn diajarin dr newborn. pompa asi elektrik sbnrya penting ga penting. kl mba working mom jelas sangat penting, tp kl mba bs dbf setiap hari, ya ga perlu2 amat. beli manual aja cukup. korset setelah lahiran penting tp kepakenya bentar. beli yg murah aja kek mooimom. krn semua yg mba sebutin aku ada jd menurutku bkn penting, tp kepake. kayak bouncer gmn anaknya jg, kebanyakan anak2 temen aku ga betah stay di bouncer, jd aku saranin sewa aja. stroller kepake kl bepergian ke tempat2 umum, supaya gak gendong terus. carseat lbh ke alasan keamanan, suamiku insist mesti pake itu krn memang kita suka pergi jauh kl weekend. crib krn memang punya tujuan utk sleep training tidur mandiri, ga digendong dan ga kepengen satu kasur terus sama kita. jd saranku, pikir baik2 fungsi dr masing2 benda, sesuaikan dg kehidupan mba sehari2 dan tujuan mba beli/sewa benda nya.

Baca lagi
TapFluencer

Tergantung pola yang mau Bunda dan suami terapkan. Plus dipengaruhi kondisi anak dan ortu. Misal baby box, kalau memang mau menerapkan anak tidur terpisah, berarti wajib punya tempat tidur bayi. Kalau co-sleeping, berarti nggak terlalu penting. Kalau saya, waktu anak pertana stroller nggak terlalu terpakai karena biasa menggendong. Saat anak lebih besar, dia bisa jalan sendiri, nggak pakai stroller juga Tapi anak ke 2 sampai usia 8,5th lebih sekarang masih pakai stroller karena dia belum bisa jalan. Bouncer saya nggak pernah beli, jadi nggak pernah pakai dan buat saya nggak penting. Korset atau gurita kalau saya nggak nyaman, jadi nggak pakai. Kalau soal breastpump penting atau tidak menurut saya sih tergantung kebutuhan juga. Misal Bunda masih sering berjauhan dengan bayi sehingga tidak memungkinkan untuk menyusui langsung, maka Bunda perlu perah ASI. Namun, perah ASI paling recommended sebenarnya menggunakan tangan atau tehnik marmet. Jika pun menggunakan BP pun sebaiknya marmet untuk finishing. Jadi Bunda bisa belajar tehnik marmet, jika bisa kan jadi nggak perlu BP. Jadi coba diskusikan juga dengan suami kira-kira pola asuh seperti apa yang ingin ditetapkan dan benda apa saja yang perlu dibeli. Bunda juga bisa membuat skala prioritas.

Baca lagi
2y ago

Untuk pemilihan BP juga menurut saya perlu disesuaikan dengan kebutuhan. BP elektrik maupun manual semua punya plus minus tersendiri. Namun, yang penting Bunda perlu cari BP yang corongnya pas dengan payudara Bunda karena jika corong tidak pas, nanti mirip salah latch on, sehingga bisa mengganggu produksi ASI. Selain itu juga mungkin bisa dipertimbangkan dari sisi biaya dan ketersediaan sparepart. Menurut saya, BP elektrik relatif lebih mahal, kurang praktis saat travelling karena cenderung lebih berat (kan pakai mesin segala) dan ketergantungan pada ketersediaan listrik dan/ atau baterai, tapi bisa hands-free. Apalagi kalau double pump, bisa lebih irit waktu Sementara BP manual harganya relatif lebih murah, lebih ringkes untuk dibawa (karena tidak pakai mesin), tidak ketergantungan dengan listrik atau baterai, tapi tidak bisa hands-free. Kalau soal merk, saya hanya pernah coba medela swing, pigeon manual, unimom, ameda double pump (ini dapat dari kenalan di luar negeri). Semuanya OK

Semua balik ke kebutuhan dan ekonomi masing" bun. Aku juga baru hamil anak pertama dan banyak sharing dan tanya sama yg sudah berpengalaman. Untuk stroller itu penting ga penting sih.. aku sih belum beli, dan ga ada rencana buat beli. Tapi mending sewa, karena biayanya lebih murah dan belum tentu si anak mau terus pake stroller, kalo bosan kan sayang uangnya bisa di alokasikan ke yg lain. Kalo carseat sih rasaku penting. Baby box : tergantung kebutuhan masing" ya.. aku sih tidak menyiapkannya. Pikiran kami biar anak bisa dekat dengan ayah ibunya. Karena bisa bobo bareng jadi ada bonding gtu sejak dini Kalo bouncer : aku sengaja ga beli, karena dari beberapa orang yg sharing sama seperti stroller, ga semua anak mau pake bouncer dan cuman kepake bentar. Kalo pompa asi : aku rencana mau beli, karena aku mama perah/ mom working. Jadi mau ga mau harus beli pompa asi untuk kebutuhan mengasihi bayiku. Ini kek aset sih kalo beli, bisa dipake juga buat adeknya nanti Semangat ya ga usah galau.. perhatikan positif dan negatifnya

Baca lagi

kalo saya pake stroller sm baby box, gapake carseat krn wkt anak nb kasus covid lg tinggi2nya jd anak keluar cuma buat imunisasi aja & itu jg digendong pake jarik/instan. tp stroller lebih penting, karna anak makin gede, makin aktif & itu bisa jadi alternatif buat ibu2 yg udh capek ngejar anaknya lari (biar ttp bisa jalan2 gak nguber2 trs). bouncer gapake sih, kalo ibu full irt gaperlu bouncer menurut saya. pompa asi bebas mau elektrik/manual senyamannya ibu aja, lebih baik beli yg manual dulu utk jaga2 krn biasanya asi keluar banyak 2hari pasca bersalin (mengurangi bengkak & meriang). korset pakai yg instan ada bu model 3in1, pilih size sesuai bb & kalaupun mau pake yg model kain dilibet2 boleh bgt. dulu jg temennya suami blg gitu ; "gausah beli stroller gakepake, gausah beli pompa asi gakepake, dll" hampir semua yg diblg suami dia blg gausah beli ga kepake, tp alhamdulillah semua kepake yaa meskipun masa pakainya gak terlalu lama, kan bisa diturunin ke adeknya nanti😁✌🏻

Baca lagi

stroller dipakai utk Jalan2 aja bun dan klo ga mau repot gendong anak manfaat itu stroller, bisa silakan apa 3 thn carset aman yaa buat baby yg ortux punya kendaraan misalx mobil bouncer anakku pakai sampai umur 7 bln setelah itu ga mau lg krn sdh mulai merangkak jd ga betah lama2 di bouncer pompa asi elektrik tergantung ya bun, sy lebih pilih pompa asi manual krn daya hisapx lebih kuat itupun sy pakai wkt awal2 mengasihi krn utk membantu spy asi cpt lancar klrx, setelah itu ga pakai lg konset penting bun utk sdh lahiran apa lg yg sdh OP spy bekas jahitan ga sakit n perut jg cpt kempes. yg lebih penting itu kebutuhan bayi seperti pampers, susu formula (yg mnm sufor yaa) perlengkapan mandi dgn kebutuhan2 yg lainx... baby walker jg hanya benturan doang dipakai bun... sy kmrn melengkapi kebutuhan anak n hanya bs dipakai tdk sampai setahun n akhirx disimpan digudang krn anak lebih aktif main bebas apa lg klo sdh jalan.

Baca lagi
TapFluencer

aku new mom juga nih, manatau pengalamanku bisa bantu stroller aku beli karna dipake buat ke mall apalagi melahirkan sc kan maunya jangan gendong lama-lama dulu carseat belum kepake sampe skrg karna anakku maunya dipangku, biasanya aku taro bantal di paha terus taro anakku diatasnya jadi di mobil selama perjalanan sambil nyusuin huhu jangan ditiru ya kurang safety baby box belum kepake karna kami masih sharing tempat tidur sama anak, rencana dipake setelah anak bisa berguling dan mau sleep training di usia 4 bulan bouncer aku ga beli karna menurutku cuma kepake bentar, kalo mau bisa sewa juga pompa asi penting bgt nih kalo buatku, produksi asiku berlebih Alhamdulillah jadi harus dikeluarin, bayiku gamau minum dari dodot karna aku males nyendokinnya yaudah kupake buat mandi asi aja korset ga kepake lama karna aku tipe yg ga nyaman berasa diiket haha btw bun cobain deh pake baby wrap enak bisa handsfree

Baca lagi

sebenernya tergantung ya bun. stroller mah kalau aku ujung" buat naro belanjaan. aku lebih suka anakku di gendong soalnya. jd mending beli gendongan yg enak 😁 kalau carseat aku sih pakai ya bun kalau suamiku lg gk dirumah dan harus keluar. kalau gak begitu sering keluar ya gak begitu perlu" bgt. kalau baby box gak berniat punya krn rata" org pada gak dipakai jg. anak enakan tidur sekasur biar lebih mudah saat menyusui. kalau bouncer kmrn dpt hadiah, gak lama jg pakai. kalau anak udah nengkurep udah miring" serem di taro disana soalnya bun πŸ˜… pompa asi itu antara penting gak penting bun πŸ˜… dikeluargaku rata" gak ada yg manyusui tp aku pengen bs asi 2 tahun buat anakku. jd aku butuh pompa banget buat stimulasi asi. jujur krn di pompa volume asiku lbh cpt naik. alhamdulillah. kalau korset aku kmrn pakai cm sebentar banget. krn gatel banget bun rasanya πŸ₯²

Baca lagi