Belajar duduk / merangkak dulu?

Bunda.. Mau tanya. Mana yg bener, diajari duduk dulu / tunggu bisa merangkak dulu? kalo misal duduk dulu, mulai boleh diajari kalo udh umur brapa bulan? bantu sharing ya mom.. soalnya baru jadi ibu & anak pertama. Makasiih

13 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Tahap perkembangan anak - Mampu angkat kepala tegak (redflag 3 bulan) - Mampu tengkurap-bolak balik (redflag 6 bulan) - Mampu duduk mandiri, duduk sendiri dari posisi tiduran tanpa bantuan (redflag 9 bulan) - Mampu berjalan minimal melangkah meskipun belum lancar (redflag 18 bulan) Kalau anak bunda sudah lancar mileston sebelumnya, bisa langsung stimulasi tahap perkembangan selanjutnya. Perlu diingat, merangkak bukan termasuk dalam milestone anak, jadi tidak wajib melalu tahap merangkak. Asal anak sudah lancar duduk mandiri, tidak perlu tunggu merangkak bisa langsung stimulasi berdiri dan jalan. Tapi..... ada sebagian pendapat bahwa merangkak sangat penting untuk perkembangan motorik anak, jadi sebisa mungkin usahakan anak melalui tahap merangkak supaya otot-otot tubuhnya kuat seimbang.

Baca lagi

Merangkak ga masuk milestone anak bun. Ada yg melewati fase itu ada jg yg ngesot bukan merangkak gitu. Kalo anaknya udh lancar guling2 boleh stimulasi duduk. Anakku udh lancar guling2 dr umur 4 bulan tp baru aku stimulasi duduk umur 5 bulan lebih. Selama itu persering melantai aja di playmat nya tp alhamdulillah malah jd cepet perkembangannya.

Baca lagi

perkembangan setiap anak beda2 bun... anak pertama saya tengkurap, berguling , merangkak lalu duduk.... lah adiknya tengkurap tapi tidak bisa berguling malah sekarang duduk sudah bisa usia 6 bulan 22 hari... jadi beda2 bun

Baca lagi
1y ago

klo blm bisa berguling usia 6 bulan lebih, baiknya segera konsul ke dsa karna sudh kelewat redflag

kalau anaknya sudah lancar tengkurap bolak balik atau berguling sendiri,, baru di stimulasi duduk mandiri bun. batas usia anak bisa duduk mandiri usia 9 bulan. kalau merangkak, nanti akan ada waktu dia mulai belajar sendiri.

Baca lagi
VIP Member

kalau sdh bisa berguling, baru distimulasi duduk bu. Untuk merangkak memang gak masuk milestone, ada yg skip marangkak tp dr yg sy baca dan lihat langsung bbrp anak yg merangkak lebih oke keseimbangannya.

klau anak ku pas duduk itu usia 6 bulan karna mulai MPASI bund pas makan aku dudukin bund..nah dri duduk sekarang 8 bulan mulai ngerangkak dan rambatan bund.. dia merangkak dri duduk bund

TapFluencer

kalau anakku duduk dulu bun. baru merangkak. disaat anak udah mulai kuat kepalanya dan nggak goyang2 lagi. berarti dia udah siap untuk duduk bun. di stimulan aja bun.

klo anaku duduk dulu mams. jeda 2 hari dy baru merangkak.. boleh belajar duduk klo anak sudh bisa tengkurep dan guling2 dg lancar

klo ankku dduk dlu bun, krn dri keseimbangan nya jg itu di dpat dari dduk mndri dlu. baru deh bisa maju mndur tnpa takut jatuh2.

1y ago

syukur lah,. semangatin terus ddeknya y bun ❤

anakku merangkak mundur, lama lama duduk sendiri bund.. setelah bisa duduk sendiri, baru bisa merangkak maju..