Anak disusui ipar

Bunda mau sharing deh Saya punya anak ke2 umur 1bulan 5hari Ipar punya baby umur 4bln Jadi tadi pagi saya harus dateng keTK anak pertama ku karna ada acara,nitipin adik sama dirumah mertua,saya bawain sufor khawatir rewel kl saya blm pulang Pas saya udh slse ke sekolah saya jemput adik mertua bilang anak saya nangis gamau sufor nya trs katanya di susuin ASI sama ipar saya Menurut bunda bunda semua gmn ya kl begitu kejadian nya? Jujur aja saya kaget denger disusuin sama ipar, berarti anak saya bukan cuma minum ASI ibu nya dong,apa saya aja yg lebay?

49 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sebaiknya ngomong dulu ya bu kalo saya. soalnya dalam Islam kan ada konsekuensi fiqhnya. kalau sudah minum asi sampai anak kenyang sebanyak 5x, sudah dianggap anak sepersusuan yang menyusui. konsekuensinya ada mahram dari sepersusuan 1. Perempuan yang menyusui dan ibunya 2. Anak perempuan dari perempuan yang menyusui (saudara persusuan) 3. Saudara perempuan dari perempuan yang menyusui (bibi persusuan) 4. Anak perempuan dari anak perempuan dari perempuan yang menysusui (anak dari saudara persusuan) 5. Ibu dari suami dari perempuan yang menyusui 6. Saudara perempuan dari suami dari perempuan yang menyusui 7. Anak perempuan dari anak laki-laki dari perempuan yang menyusui (anak dari saudara persusuan) 8. Anak perempuan dari suami dari perempuan yang menyusui 9. Istri lain dari suami dari perempuan yang menyusui jadi mahram sepersusuan ga cuma anak yg disusui di waktu yg bersamaan bu. bisa dibilang konsekusensi fiqhnya sepersusuan itu sama seperti pertalian darah kandung.

Baca lagi
2y ago

ya. sebenarnya tergantung masing2 orang. nambah mahrom lagi ga melulu dipandang dilihat dari ga boleh nikahnya. bisa dilihat dari sisi berbeda, jadi punya orang tua dan saudara lainnya di luar saudara kandung. mahrom punya arti yg lebih luas dari sekedar g boleh dinikahi. 🙂

harusnya ngomong sih. masa tbtb di susuin. jujur kalo aku jadi bunda juga mungkin bakal ngeblank 😅 soalnya kalo dalam Islam sendiri mau jadi se rodho' (sepersusuan) itu juga ada caranya, ga sembarangan. Kalo ga di awasin, malah salah kaprah Sampek tua, takutnya nanggung dosa juga kan ribet juga 🤣 kayak om ku, katanya dulu di susui sama ipar ibu nya, eh ternyata setelah besar dan udh tua baru tau kalo ga sesuai syariat (karna setauku harus tiga tegukan, bukan cuma Sampek bayi tertidur, cmiiw) akhirnya ya kepikiran masalah salaman selama ini sama yg bukan mahrom 🤣 seandainya aku sendiri pun, bakal liat liat juga siapa yg akan menyusui, ga pengen dong sembarang orang bisa nyusuin, ya meskipun ibunya bukan manusia sempurna, tapi kan ingin memberikan yg terbaik buat anaknya 😅

Baca lagi

menurut aku pribadi karena kebetulan aku lumayan deket sama ipar aku dan anak aku juga pernah di susuin ipar aku dan kebetulan anak aku mau dan menurut aku gk masalah sih bun, karena jangankan sama ipar sama ibu sendiri jga kalo anak nya gk mau nen gk akan nen bun apalagi sama ipar mungkin dia udah laper/haus banget makanya mau nen sama ipar nya bunda, jadi menurut aku gkpp karena masih mending di kasih asi ( walaupun bukan asi ibu kandung nya ) kalo ipar/mertuanya kebetulan zolim bisa aja di kasih biskuit regal/pisang/air putih malah bahaya sih bun menurut aku, gk menutup mata tapi ada mertua ipar bahkan ibu sendiri yang kaya gitu ☹

Baca lagi

mungkin klo sesama gendernya, dan keadaan yg urgent bgd bisalah yaa dimaklum.. tapi aq pribadi pernah punya pengalaman anakQu disusui sama bibinya suami yg anaknya itu perempuan sedangkan anakQu laki-laki.. yg bikin keselnya lg tanpa izin nyusuin anakQu padahal aku ada dan punya ASI melimpah.. dy melakukan itu karena penasaran nyusuin anak laki-laki.. sumpah gk bisa terima bgd sampe sekarang, klo inget itu jd kesel aja sama orangnya. klo aq pribadi harus IZIN dulu si ya bun, tdk smua ikhlas anaknya disusuin sama orang lain.. maaf ya ini pendapatQu.

Baca lagi
2y ago

kl saya memang karna gatau bun kl ada yg boleh baby nya di susuin gitu, sebenernya saya sediain sufor itu karna buat baby saya belajar minum sufor karna awal Desember saya udh mulai kerja,dan sebenernya kl lagi dirumah pun mau minum sufor, karna blm terbiasa aja jadi kadang suka lama nyari nyari pentil botol nya

iya aku jg pernah ngalamin gt bund,padahal aku di dekat anakku,waktu itu aku habis siap pakaikan baju anakku,beberes mau tarok baju kotornya dl,eh anakku diambil sama ipar,trs dgn seenaknya aja nyusuin anakku tanpa izin,pdhal aku ada disana cuma tarok baju kotor aja,dan ASI ku alhamdulillah wkt itu lancar aja,malamnya aku blg ke suami kata suami gpp kan sesama cew anaknya,ya namanya bathin ya gak nerima dong,nyusuin anakku tanpa izin,jdnya kami diam2an

Baca lagi

sebenarnya aku masih ragu2 bund soal ini , kan ada juga dalam Islam gitu istilahnya sodara sepersusuan. nah itu nantinya juga ada hukum2nya kayak secara garis silsilah gitu apa yaa namanya... kalau salah boleh di Koreksi ya. saya masih belajar juga belum tahu pasti. dulu pernah juga anak dari ponakan ibu seumuran bayiku , nangis di tinggal ibunya nah kebetulan ada aku hampir aja aku di suruh susuin tapi aku nolak karena gak ada ijin dari ibunya.

Baca lagi
TapFluencer

gppa bunda, Rasulullah aja punya ibu susu. klo aku sih ga masalah yaa, lagian kan ga tiap hari, itu jg karna urgent. anakku jg kadang disusuin iparku kalo ak pas lg repot, dia jg punya anak yg masih nyusuin, ak sih ga masalah ya, di keluarga mamaku jg ak sm sepupu2ku, sepersusuan loh 😂 karna jaraknya deket2.

Baca lagi
2y ago

tetap sebaiknya ngomong dulu sama ibunya. kan sekarang ada hape, ditelpon dulu bisa lah. Rasulullah kan juga yang carikan ibu susu itu ibunya sendiri, jadi udah tau. kalo ga ngomong dulu, ibu kandungnya kepikiran loh.

kalo aku pribadi sih ikhlas aja soalnya tak tinggal dititipin orang nangis"mungkin lapar dikasih sufor nga mau kalo nga ada ipar apa malah ngak kasian bayinya nangis kelaparan tingal hati"lagi lain X soalnya nanti takut jadi saudara pesusuan sama anaknya ipar, kalo nga sekiranya ngak ridho lain X bawalah kemana kamu pergi soalnya ntar kalo dititipin lagi pas nangis disuforin ngak mau kan kasian yg dititipin karna anaknya rewel.

Baca lagi

kalau saya pribadi gak masalah Bun, asalkan iparnya udah jujur, malah baguskan kalau saling susu jadi saudara sepersusuan. nilai positifnya ketika dewasa mereka jadi mahram, karena dalam Islam sepupu bukan mahram jadi kalau dewasa kan harus jaga jarak.. saya lagi hamil, istri adik saya juga lagi hamil.. kami udah janjian saling susu biar jadi saudra sepersusuan.. saya dan sepupu-sepupu saya juga saudara sepersusuan..

Baca lagi

Kalau menurut sy tinggal lihat dulu anak iparnya cewe apa cowo bun. Kalau sama jenis kelaminnya kaya anak bunda tdk masalah, soalnya kalau berbeda jenis kelamin mereka jadi mahram dan diharamkan untuk menikah karena menjadi saudara sepersusuan. Karena kan anak bunda dan anak ipar bukan mahram (boleh menikah). Sepanjang yang sy tahu, dianggap saudara sepersusuan, ketika si bayi meminum ASI sampai dia merasa kenyang.

Baca lagi