Bisakah ambil rujukan BPJS di 2 poli yang berbeda?

Bunda bundaa bisakah berbagi pengalaman mengenai rujukan BPJS dengan saya bun. Ceritanya gini, saya punya riwayat hypotiroid sejak awal 2021, kondisinya disinii saya sedang hamil. Bulan inii saya ambil rujukan penyakit dalam untuk cek hormon tiroid, Alhamdulillah normal. Seminggu yang lalu saya kembali ke klinik berniat minta rujukan untuk ke dokter kandungan, tapi tidak dikasih dengan dalih rujukan saya masih aktif di penyakit dalam, (rujukan saya akan terus aktif, sekalipun sudah exp akan terus diperpanjang karena dokter menyarankan untuk cek rutin setiap bulan), pertanyaan saya bagaimana dengan kandungan saya bunda, sementara saya parno bun krn ada riwayat keguguran juga tahun lalu. Sementara saya googling, bisa saja ambil 2 rujukan di poli yang berbeda asalkan bukan dihari yang sama. Yang benar yang manayah bunda?

17 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

kalo aku dulu prnah mriksain bnjolan pasca mlahirkan, aku coba priksa ke faskes 1 dulu dan dirujuklah ke dokter bedah tpi bpjsku masi aktif untuk kontrol lairan.. sbenernya harus pilih salahsatu.. mau ke kndungan dulu baru ke dr bedah atau ke dr bedah dulu baru ke kndungan (tp ini ga mngkin krna uda ada tanggal kntrolnya) akhirnya stelah dskusi sma asisten dr dan admin RS.. dokter bedahnya ngasi rujukan secara internal lngsung untuk ke dkter kndungan gtu bun.. besoknya pas kontrol trnyata kata admin RS (orang brbeda) ga bisa dipake 😐 sempet debat juga si, malah nyalahin dokternya krna gatau aturannya... aku jg lupa nama admin RS yg bntuin kmren siapa.. tpi yaudah dripada ribet klamaan, akhirnya aku bayar aja.. 🙃🙃

Baca lagi
10mo ago

itu juga bund, biasanya sama admin kita dipersulit

TapFluencer

klo sy kmrn k faskes 1 dg keluhan sakit kepala yg ga kunjung sembuh d sertai hidung yg terasa panas, udh minum pct jg ga mempan. faskes 1 sy dokter umum. pada hari itu sy lgsg d beri surat rujukan k RS dg tujuan poli kandungan krn hamil. usai konsultasi dan usg d poli kandungan, sy d rujuk lg k poli THT oleh dokter obgyn d hari yg sama. cuma krn pada saat itu dokter THTnya lg cuti jdx mundur k hari yg berikutnya. alhamdulillah smua berjalan lancar. dan hari ini insyaAllah mau kontrol ulang. semoga bunda juga d permudah y segala urusannya. sebenernya tergantung faskes 1 nya sih krn temen sy bidan pkm malah dia bantu pasiennya agar bs usg d RS menggunakan bpjs.

Baca lagi
10mo ago

iya bund dokter obgyn yg kasih rujukan k poli tht. jd rujukan sy aktif d kedua poli yakni kandungan dan tht d RS yg sama.

pengalaman bapakku yang sakit sih bisa bund , tapi itu di RS yang berbeda. bapakku dokter syaraf di RS A. dokter penyakit dalam di RS B. kenapa bisa beda ? dulu pas pertama kali sakit stroke itu di bawa ke RS A dengan ranap ±1minggu tapi pelayanan kurang bagus dan bapak belum ada progresnya. nah setelah keluar RS gak selang lama itu bapak kambuh lagi , jadi keluarga memutuskan pindah ke RS B. sehingga sampai sekarang ini rawat jalan ya di 2 RS itu.

Baca lagi
10mo ago

memang ribet buat minta rujukan ke puskesmas bund , harus 2x kan beda RS dan dokternya itu. tapi Alhamdulillah bisa diberi sama pihak puskesmas.

bunda udah periksa kandungan kah ke faskes pertamanya? kalo belum harus periksa dulu buun. nanti dibawa juga yaa hasil cek atau rujukan penyakit dalam sebagai tanda bahwa bunda kena hypertiroid itu. baru deh nanti pihak poli kandungan di faskes pertama bunda bsa ngasih rujukan apalagi ada riwayat kegugura. bsa jadi nanti dikasih bun karena ada indikasi. tpi ya gitu kudu periksa dulu ke poli kandungan di faskes 1 nya bunda.

Baca lagi
10mo ago

sudah bun, udah dijelasin juga, dokternya sih kasih rujukan tapi petugasnya yang mempersulit

klo saya pernah urus di rs ke dokter penyakit dalam sama dokter spesialis jantung. gak bisa 2 harus salah 1. akhirnya yg pnyakit dalam gak jadi ambil. cuma ke dokter spesialis jantung. posisi beda RS katanya dalam 1 bulan rujukan ke dr spesialist cuma 1 dokter aja (mungkin karna dokter jantung n penyakit dalam masih berhubungan) pernah ke dokter spesialist jantung sama spesialis syaraf bisa 2 rujukan

Baca lagi
10mo ago

iya bund, terimakasih

Bisa bun didua poli yang berbeda, penyakit kita sama pula yang buat beda bunda hypo akunya hyper dan skrg lagi hamil yang anak kedua setiap bulan wajib periksa si hyper biar hormonnya terkontrol dan gak ganggu si baby dan periksa ke obgyn biar tau perkembangan babynya krna kalau gak dipantau peluang utk lahir prematur sangat besar.JAdi harus rutin kontrol dan minum obat sesuai dgn resep dokter.

Baca lagi
10mo ago

Puji Tuhan bun semua aman dan tidak ada satupun dipersulit

halo bunda. kebetulan saya admin rs di salah satu rs, ditempat saya biasanya bisa dari penyakit dalam ke obgyn 1x atau bisa disebut rujukan internal. jika memang dari poli obgyn menyarakan untuk kembali lagi biasanya dr. obgyn akan memberikan surat keterangan untuk dibawa ke faskes 1 bahwa pasien memang masih butuh penanganan lanjut dengan dr. obgyn tersebut. kuranglebih seperti itu bunda

Baca lagi
10mo ago

jadi untuk selanjutnya jika dokter penyakit dalam kasih rujukan ke obgyn, rujukan saya bisa aktif dua²nya atau hanya salah satunya bund?

Gatau ya bun, kalo tahun 2017 dulu saya suka anter mamah berobat utk ambil rujukan bisa ke 2 poli yg berbeda, nah, terakhir saya sblm nikah sm suami th 2020 anter ayah utk periksa mata dan penyakit dalam , gabisa lgsg ke 2 poli yg berbeda, harus nunggu rujukan salah 1 itu exp dulu baru bisa ambil rujukan lain. Gatau kalo skrg berubah lg atau ga nya. Coba tanyakan ke pihak yg terkait bun.

Baca lagi
10mo ago

makasih yah bun sarannya 🙏

VIP Member

bun, kalo faskes 1 ga ngasih rujukan. bunda lebih baik daftar lg ke penyakit dalam minta rujukan untuk ke poli kandungan. setau saya setiap rs bisa untuk ngasih 1x rujukan di dlm rs yg sama. saat nanti udh bs ke obgyn, bunda minta surat keterangan dokter untuk minta rujukan ke faskes 1 nya. aku dl pake cara ini sih bun kalo di rs, jd faskes 1 lgsg ngasih rujukan ke poli tsb

Baca lagi
10mo ago

insyaallah bisa bun, krn beda poli kan🙏

VIP Member

bisa bun. anakku lahir prematur dan harus rutin kontrol. kontrol rutinnya di rs A. terus dokter saranin buat skrining ROP di dokter rs lain karna di rs A ga ga ada poli mata. akhirnya aku minta rujukan ke faskes 1 buat skiring ROP di rs B. jadi di aplikasi jkn mobile nya ada 2 rujukan di tempat berbeda. kalo di tempat yang sama ga tau yah bun bisa atau engga

Baca lagi
10mo ago

terimakasih bun sudah membantu 🙏