Bpjs

Bunda aq mau tanya, rencana aq lahiran ingin langsung ke RS aja.. Soalnya riskan juga mau lahiran d puskesmas. Tapi jika kita lahiran normal d RS apakah bisa bayar pakai BPJS. Soale aq juga lagi mau buat BPJS buat jaga2..

18 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kalo saya dr anak pertama dulu sudah males pake bpjs, kita tiap bulan bayar tpi pelayanan kayak gratisan ajah,, masak mau lairan harus ada knp2 ..ini lg hamil anak ketiga insya allah berdoa trus d kasih normal lairan d bidan sehat semua, soalnya normal d rs juga g bisa klo g knp2, la masak iya kita berdoa biar melahirkan knp2 demi biaya gratis bpjs ,, itu kalo saya sih...

Baca lagi

Bisa kok lahiran d RS.. tp harus minta rujukan dulu dr puskesmas.. n d liat jg dr kelas BPJS nya.. kalo dr faskes 1 d taro nya biasa nya d rs yg great A atau B.. ga harus kehamilan nya kenapa2 dulu baru bs pake BPJS.. mau kehamilan nya baik2 jg aja bisa.. yg penting hrs dpr rujukan dr puskesmas nya dulu.. baru bs d rujuk k RS..

Baca lagi
5y ago

Iya sekarang rata" gitu

Kemarin saya nanya dokter dan RSnya nih, katanya tergantung RSnya. Ada yg bisa langsung ke UGD tanpa rujukan, kalo belum sampe pembukaan 4, suruh jalan jalan dulu diluar UGD sampe pembukaan 4 baru nanti bisa ditanganin πŸ˜‚ Daripada dipuskesmas atau cari rujukan faskes dulu bu kan ribet, gitu kata dokternya πŸ˜‚

Baca lagi
5y ago

Amin makasih bunπŸ’ž

Tergantung RS bun kalau lahiran normal, Ada yang bs pakai bpjs asal sudah pembukaan 5, ada juga yang bs bpjs tapi harus naik kelas (misalnya d bpjs kelas 2, di rs tsb harus kelas 1. Otomatis kita bayar kekurangannya). Baiknya bunda bikin bpjs sekalian cari2 info mau di RS mana. Dtg ke RS tsb sekalian nany2.

Baca lagi
5y ago

Mksih bun atas sarannya

VIP Member

Alurnya ke faskes I dulu bun. Baru bisa direkom ke RS. Itu pun kalo saecar atau ada penyulit kelahiran yg mana puskesmas ga punya alat bantunya. Kalo normal2 aja ga bisa pake BPJS di RS, harus lahiran di puskesmas. Kalo di Surabaya, bisa langsung ke RS (normal/sc) tanpa BPJS. Asal punya SKTM.

5y ago

Aamiin bun

Kalok aturan sekarang, tetep harus ke faskes pertama dulu. Baru kalok memamng sengang 8ke 9 bulan kalok memang puskesmas nga bisa nanganin baru di rujuk Karna aku kemaren udah cobak rujukan soaly punyak riwayat sesak nafas Rapi sama puskesmas nga boleh kalok ngak urgent

Baca lagi

Biasanya harus ke faskes 1 dulu bun, jika faskes 1 ngerujuk ke RS sekitar (faskes 2) baru bisa lahiran di RS. Kecuali ada riwayat2 kesehatan tertentu yg bisa langsung ke RS Dulu sy ada riwayat SC 1 tahun, lahiran SC yg kedua kalinya di RS yg sama. Ga harus ke faskes 1.

5y ago

Yg lama dibuka bun

Sebelum memutuskan lahiran di situ, paling ga harus periksa di sana minimal 1 x. Agar ada histori pemeriksaan. Saat periksa sekalian cari info mengenai melahirkan di sana baik persalinan normal ato SC, persyaratan nya apa aja, bunda.

kalo ke RS dan belum bukaan 4 ke atas biasanya akan diminta ke puskesmas bun. kalo mau ambil resiko coba aja dulu, tapi temen sy pernah ga mau ke puskesmas pas udh bukaan 2, mau rawat inap aja lgsg. pas pulang kena biaya pribadi

5y ago

lho apa yg bikin worry dr liat mobil ambulance?

Mungkin tiap daerah berbeda beda bund,kl d tempat saya,saya konsul dulu ke dokter kandungan dirumah sakitnya,gmna alurnya,alhamdulillah saya lahiran di anjurkan langsung kerumah sakit,tanpa melalui faskes tingkt 1 dulu.