TOLONG MINTA SARANNYA HUHU SEDIH

Bunda, ada yg tau gak bagaimana hukumnya ketika suami kita menyuruh kita untuk bekerja? Ga tanggung2 bun, nyuruhnya kerja jd TKW di Hongkong😁😁 posisi suamiku kerja, gaji 4.2 ada cicilan 1.3jt, anak pertama umur 3 tahun dan skrg aku lg hamil usia 7 bulan. Rumah masih ikut orang tua, kita bantu bayar wifi 200/bulan (pake uangku, jd aku di rumah ortu juga sambil jagain anak kakakku, nah aku suka dikasih uang deh sama kakakku 500rb perbulan karna udh jaga dan urusin anaknya gitu), masak masing2 kadang ya patung patungan. Sebenernya aku mau2 aja bun disuruh kerja dengan niatan bantuin suami, tp ya ga jd tkw jugaaaaa aku ga sanggup ninggalin anak sejauh ituuuuu, apalagi si kakak yg nempel banget sama aku. Walopun aku tinggal sama orang tua tapi pengasuhan aku pegang semua sendiri, makanya anakku nempel bgt ke aku, kmn mana dicariin, diikutin, kebayang gak kalo tiba2 aku harus pergi ninggalin dia sejauh itu dengan waktu yg lama? Aku udh bilang ke suamiku kalo aku pngn lanjut jd affiliator (aku pernah jd affiliator tp sempet berenti). Aku mau mulai fokus jd affiliator lagi bun, tp suamiku ga setuju karna dia ga percaya kalo aku jd affiliator aku bisa bantuin dia. Dia keukeuh maunya aku jd tkw atau minimal kerja di pabrik yg gajinya jelas, menjanjikan dan besar. Duh gmn ya, usia udh 26 tahun mana ada pabrik yg mau nerima apalagi ibu2 gini? Realistis aja akumah. Semalem sampe berantem hebat gara2 ini. Suami keukeuhnya begiyu, aku keukeuh gamau ninggalin anak2. Sampe suamiku bilang "ok silakan kamu jd affiliator tp kalo nanti omongan aku bener, konten2mu ga menghasilkan apa2, gajadi apa2, ga membantu aku, aku TAMPAR kamu ya, sbg konsekuensi karna kamu ga nurut sama aku" disitu aku langsung sakit hati banget banget bangettttt, kayak kok bisa kepikiran setega itu untuk nampar aku? Emang seorang istri harus nurut terus apa kata suami apa? Istr gaboleh ada keinginan sendiri apa? Istri gaboleh buat keputusan sendiri apa? Padahal selama dia kerja dia ngasih ke aku 800rb perbulan cukup ga cukup aku gapernah protes, aku gapernah minta2 lagi ke dia. Bahkan dengan uang segitu itu ga termasuk nafkah untuk aku, cuma cukup untuk kebutuhan rumah tangga dan anak, tp aku tetep layani dia dengan baik, jd istri yg baik, ttp doain dia siang malem. Tapi knp loh dia tuh suka ada jahatnya gitu ke aku dan inituh serrrrrringggg sampe aku cape hehehe.. gmn bun ada solusi kah? Apa aku harus nurut untuk jd tkw? Mengorbankan diriku sendiri juga anak2?😢😢😢

64 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Gaji suami 4,2jt dikurangi cicilan 1,3jt + 800k total pengeluaran 2,1jt sisa 2,1jt buat suami bunda pegang sendiri (kalo suaminya cuma ngerokok + ngopi diluar harusnya lebih dari cukup 1 bulan bun), gak perlu maksa2 istri jadi TKW. Kalo boleh tahu suami bunda punya cita2 apa sih sebenarnya kalo bunda jadi TKW hasilkan duit banyak? Pengen rumah sendiri? Punya Motor&Mobil? Itu kewajiban dia, bukan bunda, dia aja jadi TKI. Kewajiban bunda nurut ama suami selama tidak mudharat (LDM minimal 3 tahun, dia kira mudah apalagi suami kebutuhan biologisnya aja gak bisa lewat 3 bulan). Ninggalin anak + suami itu mudharat nya lebih banyak, seharusnya dia sebagai suami tahu itu bun. Yaa Allah naudzubillah Bun, berapa banyak rumah tangga yg hancur akibat istri yg jadi tulang punggung apalagi LDM bertahun2 (suami selingkuh lah, uang hasil istri habislah buat judi, anak2 gak keurus lah, anak jadi bandel karena gak dapat didikan ibunya lah) Naudzubillah... Dia sebagai suami gak bersyukur banget padahal bunda juga hasilkan uang sendiri sekarang, gak merengek dg dia. Semoga Bunda kalo pun jualan dari rumah (affiliator/jual makanan) rejekinya banyak yaa bun Bismillahirrahmanirrahim niatkan karena Allah buat anak2 & bentuk bakti agar suami tetap dijalan Allah. Maaf jadi ikut emosi saya dg suami bunda 😥

Baca lagi
2mo ago

Run bund..ruuunnn😱

hi bun izin mau jawab ya, saya rahma dan saya masih berstatus siswi di salah satu pondok pesantren di jawa timur. kewajiban untuk memberi nafkan 100% adalah kewajiban suami, suami tidak boleh memaksa istri nya untuk bekerja. dalam hal ini jika seorang istri bekerja maka gajinya 100% miliknya. dan dia berhak untuk menggunakan nya untuk kebutuhan pribadi nya. untuk kebutuhan keluarga yg memenuhi itu suami. namun jika seorang istri ingin membantu ekonomi keluarga ya boleh boleh saja asalkan tidak ada keterpaksaan dalam hal itu. dan perlu di garis bawahi istri boleh untuk memberi kan sebagian hartanya kepada orangtuanya tanpa sepengetahuan suami, hukumnya boleh kak tapi lebih baik kalo di ceritakan ya, kalo suami mau protes ya ngak boleh karena dalam agama. pernyataan uang suami uang istri dan uang istri hanya milik istri itu memang benar. karena yang bertugas menjadi tulang punggung adalah suami, bukan seorang istri. dan alangkah baiknya jika ada masalah di selesaikan dengan cara dingin dengan pikiran yang tenang, saran saya kalo masih marahan tenangkan diri dulu kalo sama sama udah membaik diskusi lagi, dengan di temani kopi dan camilan mungkin bisa mencairkan suasana...

Baca lagi

guna nya suami tuh apa? udh nafkah sedikit, tempat tinggal masih di ortu istri, ga bantu apa2 malah nuntut istri Jd tulang punggung 🥴 aneh2 laki jaman sekarang ya. ga dosa kok klo km nolak jadi TKW bubln, karena lebih banyak mudhorot nya di posisi km yg punya suami ky gitu. udh ga ngerti tanggung jawabnya, berarti ga paham agama. apa coba yg di cari? kiriman uang dr hasil km kerja buat bayar pengasuh ank2 mu, beli rumah, mobil dll dia seneng2 ongakang2 kaki. ntar hasrat sexual tdk tersalurkan malah nyari jajan atau selingkuh, terus nyalahin km yg pergi jauh, alasan kodratnya laki2 butuh sexual dll. menurut saya pribadi Bun, lanjutkan aja afiliator nya , semoga berhasil dan bisa bikin suami nya sadar. klo ga sadar juga malah mau nampar saya lebih baik pisah dr pada Jd TKW , sama aja Jd janda, nafkahin anak dan diri sendiri lebih jelas dr pada nafkahin suami mokondo, ga guna ,suka ngancem juga. sekalian jauh tak bawa anak2 saya. gituin deh.

Baca lagi

lah ko suaminya gtu bun. gaji segitu tuh udh lumayan bgt loh, bunda aja masih ngehasilin walaupun 500 rb sebulan. mana aneh bgt lg maksa bgt suruh jadi tkw jauh ga mikirin anak nih lakimu bun. mencurigakan 🙀 mana ngancam mau nampar lg ga logic nih lakinya. kalo dia ngerasa ga cukup y knpa ga dia aja yg nyari kerja gaji 10 jt/bln ? apa kalo mau nyuruh kerja y biasanya kan laki nyuruhnya yg penting kerja ada penghasilan dikit2 buat bantu2 gtu. asli mencurigakan.. terus kalo misal km bener nurutin kerja jadi tkw pasti gaji km jauh di atas dia dong terus lakimu ngapain ?? ntar kayak di berita2 lg istri kerja jadi tkw suami selingkuh duit raib abis ga jelas. mending kalo bunda mau kerja yg deket2 aja ga usah nurutin bgt suami yg penting bunda kerja ada penghasilan sendiri mau apa2 bisa beli sendiri.

Baca lagi

pengalaman aku dulu pas jadi TKW berteman dengan yang sudah berkeluarga, yang ku lihat rata2 mereka selalu berantam, ada aja masalah, mungkin yang istri capek udah kerja ditambah tekanan pabrik dan keluarga apalagi kangen anak, yang suami nya alasan capek ngurus anak, atau tidak percaya dg keadaan di sana, ribut terus pokoknya yang ada rumah tangga hampir berantakan. bahkan aku sbg temanya malah risih sendiri ikut diteror suaminya apalagi bilang macam2 mau menikah lagi gara2 berantam dikira istrinya gak bener di perantauan. jujur kok bisa ada suami model begitu, Alhamdulillah saya pas udah pulang ke Indonesia langsung nikah, untuk kerja toko aja gak boleh, pernah pamit iseng pingin kerja di LN lagi jg gak boleh katanya suami gak ada harga dirinya kalau istri sampe kerja,

Baca lagi
VIP Member

gaji 4.2jt tp yg dikasih ke kamu cuma 800rb aja udah dzolim bun, walaupun ada cicilan 1.3jt tp masih ada sisa 2.9jt, terus sisa 2.1jt nya dikemanain sm dia?? kalo aku digituin sm suamiku aku bakal bilang gini "oke gpp aku jd tkw tp jangan harap kamu bisa nikmatin gaji aku sepeserpun, aku kerja jd tkw uangnya mau aku tabung demi masa depan anak2" krn menurut aku konteksnya udah memaksa sampe suamimu marah2 kaya gitu pas km ga nurut pdhl nyari uang bukan kewajiban km tp kewajiban suamimu. kalo sampe berani maksa2 kek gitu kayanya prefer pisah aja, ngapain jg jd tkw kalo punya laki modelan begitu pdhl gaji jg lumayan istri ga kerjapun insyaallah cukup tp emg dasarnya laki mokondo aja makanya berani maksa2 istri kerja jd tkw

Baca lagi
2mo ago

nah bener nih bun, kalo aku di posisi dia sekalian aja aku laporin ke orang tua dia dan orang tua ku. emosi banget bacanyaaaa 🤬

sini bun aku tampar balik suaminya . greget bgt... setelah menikah yah tugas suami yg cari nafkah. bkn tugas istri. klo istro diwajibkan kerja mnding cerai aj aku mah.. enak aja nyuruh2 mana mau main tampar segala. sini aku tamparin lebih dlu. greget bgtt. gaji 4.2 cmn kasu istri 800 huhu suami bodoh tolol gila sinting ... gua injak sekaliann tuh suami modelan bgtu.... seenakny nyuruh2 .. kite nikah bkn mau jadi budak yg disuruh2 kerja dn klo g mnghasilkn bakaln ditampar.. saran sy bund jgn mau kerja. urus anak aja... tugas suami yg cri nafkah . aplgi dsuruh kerja jd tkw kasian anakny msih kecil aplgi bunda lgi hamil.. kasian anak2ny

Baca lagi
2mo ago

sama Bun aku juga greget aku potong otongnya sekalian..🤣

Bunda hebat bisa bertahan dengan keadaan bunda saat ini. Menurutku sih mending milih untuk tidak meninggalkan anak2. Maaf Bun karena menurutku suami bunda udah g bener. Yang punya kewajiban untuk memenuhi kebutuhan itu suami. Bukan istri, jadi kalau maksa2 istri kerja, jauh dan mesti ninggalin anak2 AQ mending milih untuk menyerah. Apalagi udah ada ngancem2 pake kekerasan. Sebagai seorang istri kita kan pengen dilindungi, diayomi, dicukupi kebutuhannya. Okelah kalau memang kita bisa bantu keuangan gpp tp ya semampu kita aja. Sehat terus ya bunda dan buah hatinya..

Baca lagi
VIP Member

Suaminya agak laen🙈 Gak usah mau bunnn, nafkah itu 100% tanggung jwb suami, mau jungkir balik, mau utang rmh tangga segunung, istri gk ada kewajiban utk kerja, diakhirat jg gak kan ditanya knpa bunda gak kerja bantu suami, yg ditanyain nanti gmna peran kita sbg istri & ibu. Boleh aja istri kerja dgn niat bantu suami, tapi hrs dgn kemauan si istri sendiri, ikhlas ridho bekerja utk bantu ekonomi rmh tangga, gak boleh dipaksa apalagi smpe ngancem begitu. dzolim bgt suaminyaa . Suruh suami mu aja yg jadi tki sana, dia pikir gampang? hidih gemes bgt akuuu.

Baca lagi

Suamimu kayak orgil, masa gituin kamu istrinya. 1. Nyuruh TKW? High risk bgt, kalau kerja pabrik masih oke tapi balik lg, kamu punya anak bund hamil juga, ga tau deh letak pikirannya dimana 2. Mau tampar kamu kalau ga ngehasilin? Aneh! Kerja ga kerja itu hak kamu. Dia berkewajiban untuk nafkahi kamu. Nemu suami dimana si 3. Gaji 4,2 jt cicilan 1.3 kan ga harus kasi 800 jg 2 juta jg sisanha masih ada, pelit bangeeet Sehat sehat bunda, aku yakin kamu bisa dan harus semangat yah! Pikirin lahiran dulu aja.

Baca lagi